Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
447


Seringkali kita mendengar kalau minyak ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang ada dalam minyak ikan salah satunya adalah omega-3. Omega-3 merupakan asam lemak esensial, dimana zat ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Kalau kita mengira lemak akan buruk bagi tubuh, lain halnya dengan asam lemak yang terkandung dalam omega-3.  Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak yang baik bagi kesehatan karena dapat menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan kolesterol HDL.

Selama ini kita hanya mengira kalau omega ada pada ikan-ikanan dan bahan makanan laut lainnya. Padahal, omega-3 juga bisa didapatkan dari beberapa jenis minyak sayur, kacang-kacangan atau biji-bijian. 4 bahan makanan dibawah ini juga bisa dijadikan alternatif yang kaya akan omega-3.

1.  Minyak Camelina

Minyak ini dihasilkan dari sebuah bunga liar dengan wangi yang lembut. Salah satu sumber nutrisi yang ada dalam omega-3 disebut sebagai asam alfa-linoleat (ALA). Minyak camelina kaya akan asam alfa-linoleat tersebut. ALA telah terbukti memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung, mengatur peradangan dan meningkatkan fungsi sistem saraf pusat.

Selain mengandung omega-3, minyak ini juga mengandung minyak omega-6 meski biasanya kandungannya setengah dari omega-3. Rasio ini bisa dikatakan jauh lebih sehat dibandingkan minyak lain seperti zaitun, canola atau biji bunga matahari yang biasanya mengandung lebih banyak omega-6.

2.  Mayonnaise

Selain membuat makanan menjadi lebih lezat, mayonnaise merupakan salah satu sumber omega-3 yang sangat mudah untuk didapatkan. Kita bisa menambahkannya dalam sandwich. Terutama jika mayonnaise yang kita konsumsi berasal dari bahan makanan yang alami seperti kacang kedelai dan canola. Minyak kedelai yang terkandung pada mayonnaise alami sangat kaya akan lemak tak jenuh, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Rasa Lapar Ternyata Bukan Hanya Karena Butuh Makan Loh, Ini 3 Penyebab Lainnya

3.  Kenari

Tidak hanya mengandung asam lemak omega-3, kenari juga mengandung protein, serat, antioksidan, mineral seperti folat, thiamin, magnesium, kalium, mangan dan tembaga yang baik bagi tubuh. Omega-3 juga berperan baik dalam mengoptimalkan fungsi dari sel-sel otak, sehingga membantu dalam mencerdaskan otak.

4.  Chia Seed

Dikenal sebagai salah satu superfood, kandungan benih chia ini juga sangat tinggi serat dan protein. Bentuknya memang sangat mirip dengan biji selasih, tetapi kedua bahan makanan ini memiliki khasiat yang sangat berbeda. Kita bisa mengonsumsinya dengan cara menaburkannya pada beberapa olahan makanan seperti roti, yogurt, oatmeal atau smoothies.

Pola makan yang baik akan mengantarkan kita pada tubuh yang sehat. Omega-3 merupakan salah satu lemak yang baik bagi tubuh, sehingga penting buat kita untuk mengonsumsinya. Ada banyak makanan yang menawarkan omega-3 yang sehat selain salmon, kan. Selain harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan salmon, 4 makanan di atas juga bisa kita campurkan dengan bahan makanan lainnya.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurayanti Simatupang 12 November 2018 - 19:28:13

Hasil dari tahapan kompilasi dalam menjalankan pro.. more..

0 Answer

Cristiandoko Cgenx 10 November 2018 - 06:19:44

Apakah saya bisa berkonsultasi,saya mohon bantuann.. more..

0 Answer

Marina Putri 9 November 2018 - 16:46:08

Ayat inti dari mandat budaya termbil dalam?

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7221

advertise with us