Jangan Salah Pilih Camilan. Pilih Camilan Yang Sehat dan Bergizi Seperti Dibawah Ini Saja!

Health / 2 May 2018

Kalangan Sendiri

Jangan Salah Pilih Camilan. Pilih Camilan Yang Sehat dan Bergizi Seperti Dibawah Ini Saja!

Naomii Simbolon Official Writer
2173

Siapa yang suka ngemil? Hampir semua orang suka dengan cemilan, bahkan ada yang merasa bahwa tanpa ngemil, hidupnya tidak sempurna. Akut banget ya! Padahal ngemil itu tidak selalu bagus, apalagi kalau kita ngemil makanan yang tidak sehat.

Ngemil bisa menjadikan tubuh kita tidak berfungsi dengan baik lho. Untuk ngemil, kita perlu berhati-hati dalam memilih, pilihlah camilan yang bergizi dan mudah dikemas.

Nah, dibawah ini ada beberapa camilan yang sehat dan bergizi. Kamu wajib mengganti camilan lamamu yang nggak sehat dengan salah satu camilan dibawah ini :

1. Pisang

Buah pisang sangat sehat karena bergizi, selain itu camilan ini sangat simple, cukup kupas saja dan nikmati deh.

Pisang merupakan buah yang kaya dengan kalium, mineral yang membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, tekanan darah dan juga detak jantung. Pisang adalah sumber vitamin B6 dan pektin, dan berfungsi untuk menurunkan LDL, juga kolestrol jahat.

2. Buah jeruk

Daripada camilan nggak sehat, sesekali ngemil jeruk dong.

Buah jeruk nggak ribet, nggak perlu kulkas dan mudah dibawa kemana saja.

Terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah jeruk juga mengandung zat yang disebut dengan limonoid yang dapat melawan kanker lho.

Nah, yuk ganti camilanmu dengan ini.

3. Sayuran mentah seperti paprika, wortel bayi, tomat, ceri, brokoli dan bunga kembang kol.

Beberapa orang mungkin tidak tahu soal ini, atau ada pula yang tidak mau mencoba karena tidak terbiasa.

Saran saya, sebaiknya coba dulu sebelum berasumsi yuk!

Sayuran mentah sangat kaya dengan vitamin lho, nggak cuma itu, sayuran mentah juga penuh dengan mineral dan phytochemical . Selain rendah kalori, sayuran mentah juga penuh dengan serat yang bikin kamu kenyang.

Buang saus dan gorengan jauh-jauh dan nikmatilah segarnya sayuran mentah sekarang juga.

4. Apel

Nggak perlu dikupas, cukup gigit saja! Apel kaya akan flavonoid, antioksidan lho, dan dipercaya sangat mampu untuk menurutkan risiko penyakit jantung.

Dikutip dari CBN.com, pemakan apel memiliki risiko lebih rendah terkena asma dan kanker paru-paru dibanding yang tidak suka dengan apel. So, pastikan kamu memakan apel berserta kulitnya ya, karena ternyata kulit apel kaya akan antioksidan.

5. Popcorn

Popcorn sangat bagus dan sehat untuk dijadikan camilan lho. Jadi kalau kamu sedang nonton di rumah atau di bioskop, sehingga memutuskan untuk mengkomsumsi popcorn, maka itu bagus karena meningkatkan asupan serat untuk tubuh kita.

3 cangkir popcorn memiliki 3.5 gram serat dan setara dengan 1 porsi biji-bijian utuh. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang suka memakan popcorn mendapat asupan lebih banyak 20% serat daripada orang yang tidak suka memakan popcorn.

Selain kelima daftar camilan bergizi di atas, masih ada banyak lagi yang bisa kita komsumsi seperti telur rebus, yogurt dan buah beri.

So, lain kali kalau mau ngemil, entah di luar atau lagi santai di rumah, coba deh memilih makanan yang bergizi ya pilih saja salah satu makanan. Ayuk, berlomba-lomba menjaga kesehatan!

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami