Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
272


Beberapa waktu lalu, saya sedang curhat dengan mama mengenai kondisi pernikahan zaman sekarang. Pasalnya berita soal perceraian semakin marak, seakan pernikahan sudah tidak lagi sesuatu yang suci dan sakral. Seakan pernikahan itu ibarat pacaran yang seenaknya bisa diputuskan.

Nah, sebagai seorang single, tentulah saya sangat penasaran. Mengapa sebuah pernikahan bisa bercerai, bagaimana menjadikan pernikahan tetap harmonis dan bagaimana itu menjalani pernikahan agar tetap bersama sampai akhir hayat

Dari hasil sharing saya dengan mama, saya menemukan sebuah statement pencerahan, "Pernikahan bahagia dari awal hingga akhir itu hanya ditemui di dalam dongeng, Nak. Kalau kamu mau membangun pernikahan, kamu dituntut untuk saling mengerti, saling mengalah dan saling komunikasi apapun kondisinya," kata mama.

Artinya, pernikahan tidak selalu mulus dan bahagia bukan?

" Kalau kita tidak mampu melakukannya maka bersiaplah pernikahanmu kering tanpa cinta yang hidup. Pasangan itu lebih penting dari anak-anak, cinta kepada pasangan itu lebih penting daripada kepada anak-anak. Mama lebih sayang ke papa dari pada kamu," lanjut mama.

Namun jangan kuatir, agar pernikahanmu menjadi berbeda dengan yang lain,saya  memiliki beberapa ide jitu dari Dokter Les dan Leslie Parrot yang saya kutip langsung dari CBN.com :

1. Dalam satu hari, usahakan untuk menyentuh pasanganmu minimal sekali walaupun cuma sebentar.

Nilai sentuhan dari pasangan itu sangat berharga, bahkan tidak bisa dihitung. Menyentuh pasangan kamu 8 sampai 10 kali dalam sehari, itu akan membantu kesehatan emosi dan fisik berdua terjaga. Buatlah komitmen untuk melakukan praktik seperti ini tiap hari.

2. Coba deh menemukan sesuatu yang bikin kamu berdua tertawa, minimal sekali sehari.

Tertawa itu sangat bagus karenanya disebut pula dengan joging batin karena semua sistem di tubuh kita berolahraga sewaktu tertawa. Hidup tanpa tertawa rasanya nggak asik, demikian pernikahan tanpa tawa atau rasa humor akan seperti gerobak tanpa per - tergoncang setiap kali bannya disentak oleh kerikil di jalan.

3. Seminggu sekali lakukanlah sesuatu yang aktif dan bikin kamu berdua semangat.

Misalnya, dengan melakukan kegiatan bersama. Tahu nggak kalau kegiatan bersama merupakan karunia tertinggi dari kehidupan pernikahan, dan itu adalah polis asuransi terhadap pudarnya hasrat dan keintiman.

So, temukan kegiatan yang bisa kamu berdua lakukan dan nikmati.

"Cinta itu harus diberi makan dan dipupuk. Kunci utamanya adalah berikan waktu untuk itu."

4. Sekali sebualan , nyalakan gairah di kamar tidur.

No, bukan berarti kamu harus melakukan hubungan seks hanya sekali dalam sebulan saja. Karena seks sangat penting demi pernikahan yang berkualitas.

Yang dimaksud adalah, sekali sebulan carilah liburan berdua sehari saja tanpa anak-anak untuk tetap berduaan dan menyalakan gairah di kamar tidur tanpa gangguan kerja ataupun anak-anak.

5. Sekali setahun tinjau  highligt dalam perjalanan pernikahan kamu

Duduk deh berdua, bersama dan lihat album foto di Hp atau lihat lembar memo atau apa saja yang sudah kamu kumpulan yang mengingatkan kamu dengan hal-hal yang menyenangkan dan istimewa bersama pasangan kamu sejak kamu bertemu dan menikah sampai sekarang ini.

6. Sekali setahun buatlah grafik tentang program yang berkaitan dengan pernikahan kalian untuk tahun mendatang

Pernikahan tentunya memiliki tujuan. Tidak hanya menikah, membesarkan anak, lalu kerja dan demikian sampai seumur hidup. Ulas kembali apakah pernikahan kamu sudah sesuai dengan tujuan Allah, apakah pernikahan kalian sudah tepat sasaran dalam menjalani visi kalian, apakah yang perlu diperbaiki lalu apa target selanjutnya?

Ketika teman saya bercerita, saya cukup kagum dengan pernikahan mereka . Pasalnya sekali sebulan, mereka akan meeting bersama dan mengulas kehidupan pernikahan mereka sejauh ini di dalam Tuhan.

Misalnya soal pelayanan anak-anak muda, mendirikan sekolah belajar gratis di dalam rumah, hingga saat teduh bersama anak-anak. Saya pikir, ketika saya menikah nanti, hal ini patut di lakukan. Gimana kalau kamu?

Nah, itulah 6 ide jitu yang bisa banget kamu lakukan sekarang juga. Coba deh dibicarakan dengan pasangan.

Keindahan dan keharmonisan itu bukan tercipta begitu saja tetapi diciptakan. Sebagai dua insan yang dipersatukan oleh Yesus Kristus, pernikahan kita patutnya berbeda dengan yang lain. So, ayo berlomba memuliakan namaNya. Diberkatilah pernikahanmu!

 

Sumber : cbn.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Khoirul Ulum 20 May 2018 - 13:29:33

bantu sy untuk keluar dr hutang2 sy

1 Answer

Maureen Subroto 18 May 2018 - 23:04:05

sy ingin punya teman curhat

1 Answer

Wishnu Kencana 18 May 2018 - 17:04:47

terpanggil untuk merendahkan diri

1 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week  3


7429

Imago