Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Undangan Tuhan Untuk Saya Dan Saudara, Cukup Katakan, ‘Ya’! Sumber : Google

1 May 2018

 1473
[Daily Devotional]

Undangan Tuhan Untuk Saya Dan Saudara, Cukup Katakan, ‘Ya’!

“Lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah”

Markus 10:25


Bacaan Alkitab dalam setahun: Mazmur 121; 1 Korintus 10; 1 Samuel 8-9

Renungan pada Markus 10:17-27

Salah satu kisah yang paling menyentuh saya secara pribadi dalam Alkitab adalah kisah tentang seorang pria yang kaya. Pria yang mendatangi Yesus ini telah berbuat banyak kebenaran dalam hidupnya. Ia jelas berasal dari keluarga yang sukses dan berkecukupan.

Saya bisa membayangkan bagaimana ia dikagumi dan dihormati oleh banyak orang dengan karakter dan posisinya tersebut. Dia menyadari kalau kekayaan yang ia dapatkan berasal dari tanggung jawab yang besar juga. Ia nampak sangat mengerti mengenai hal ini.

Tetapi ada sesuatu yang kurang darinya, terlepas dari segala kepunyaannya. Ia tahu betul kalau dirinya perlu diselamatkan. Pria ini menyadari otoritas dan mengerti ajaran Yesus. Ia berani datang kepada Yesus, dengan rendah hati bertelut dihadapan Yesus ia bertanya kepadaNya, "Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

Bukankah ini adalah sebuah gambaran yang sangat baik mengenai pria kaya tersebut? Dia menyadari kelaparannya untuk mendengar Kabar Baik dari seseorang yang disebutnya sebagai Guru yang baik tersebut. Ada kesediaan dalam hati pria kaya ini untuk melakukan sesuatu yang benar.

Yesus menjawabnya, "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja. Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah. Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayah dan ibumu!"

Pria itu langsung menjawab kalau ia telah melakukan segala yang telah diperintahkan Allah tersebut sejak kecil. Alkitab kemudian menuliskan kalau Yesus memandang pria tersebut dan menaruh kasih kepadanya.

Lalu Yesus berkata, "Hanya satu lagi kekuranganmu: pergilah, juallah apa yang kaumiliki dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah kemari dan ikutlah Aku." Setelah mendengar perkataan Yesus tersebut, pria kaya ini langsung kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Ajakan dalam mengalami Tuhan

Lantas, apa arti dari percakapan Yesus dengan pria di atas? Yesus mengajak pria ini untuk 'mengalami Tuhan' bersama denganNya. Selebihnya, semua kembali kepada pria ini mengenai apa yang akan dilakukan olehnya. Kendati pria tersebut sudah mematuhi semua hukum dan mengasihi Allah, ia tetap terjerat dalam harta yang dimilikinya.

Yesus menginginkan sebuah identitas baru, nama baru baginya. Ia mengundang pria ini untuk datang bersamaNya dalam hidup yang sesuai dengan kehendak dan tujuan Tuhan dimana Tuhan memimpin dan menyediakan semua yang ia butuhkan.  Undangan ini memang terdengar sangat menyenangkan dan penuh damai sejahtera, namun sekaligus menakutkan. Undangan ini banyak disebarkan kepada orang percaya.

Kita bisa melihat kalau keberadaan Tuhan Yesus tidak hanya untuk menyentuh hati setiap kita dan mengampuni dosa-dosa kita, tetapi juga Ia ingin mengubah hati kita dan menggunakan kita sebagai anakNya. Semakin kita bersedia untuk diubah olehNya, semakin besar pula karyaNya dalam kehidupan kita. Saya jadi bertanya-tanya apakah yang mungkin terjadi jika pria yang kaya tersebut berkata 'Ya.'

Bagaimana dengan kita? Bukankah kita juga diciptakan untuk mengalami Tuhan dalam kehidupan sehari-hari kita? Jangan mudah puas dengan kehidupan biasa-biasa saja yang aman dan bisa di prediksi. Raja semesta alam telah mengundang kita untuk berjalan bersamaNya. Kita harus bisa melepaskan segala yang kita miliki agar bisa selalu mengandalkan Tuhan dalam kehidupan kita. Kita cukup berkata 'ya' dan dan mengandalkanNya.

Dikutip dengan izin dari The God Adventure, oleh Terry Meeuwsen © 2005

Sumber : cbn.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

advertise with us