Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
775


Bekerja merupakan salah satu tanggung jawab buat kita. Sebagai bentuk tanggung jawab, tidak heran kalau bekerja menguras energi fisik sekaligus pikiran. Rasanya sedikit sekali orang yang mengatakan kalau mereka bersenang-senang di kantor. Sebaliknya, mereka justru merasakan kalau pekerjaan memberi mereka tekanan dengan deadline dan lain sebagainya.

Bahagia adalah persoalan hati, sifatnya memang sangat pribadi, tetapi perusahaan juga harus ikut andil untuk meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja. Pasalnya perasaan karyawan yang bahagia dapat memberi motivasi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan hati yang bersukacita dan produktif.

Kita bisa melihat bagaimana perusahaan raksasa menciptakan ruangan pekerjaan yang menyenangkan untuk menjaga mood para karyawannya. Jika perusahaan menginginkan karyawan selalu termotivasi dan penuh semangat dalam bekerja, maka sudah menjadi sebuah kewajiban bagi perusahaan untuk membuat hari karyawan bahagia.

Dikutip dalam sebauh buku karya Bob Pike yang merupakan CEO The Bob Pike Group, kunci pokok yang bisa membuat karyawan bahagia saat bekerja adalah:

  1. Menyelipkan humor dalam aktivitas bekerja
  2. Games atau challenge
  3. Perayaan
  4. Kesempatan untuk mengembangkan diri
  5. presiasi dan pengakuan antas suatu pencapaian

Dari rangkuman diatas, berikut adalah aktivitas yang bisa kita lakukan agar bikin karyawan betah di kantor.

1. Menyediakan waktu khusus untuk bermain game

Kegiatan ini tidak hanya dapat menurunkan tingkat stres, namun juga dapat meningkatkan kekompakan kelompok. Misalnya di kantor kami yang menyediakan meja pingpong yang bisa digunakan sepulang kantor atau jam makan siang. Ada juga beberapa kantor yang sengaja menyediakan permainan lain misalnya dart atau fusball table.

2.  Mengadakan outbond bersama

Outbound memberikan kesegaran bagi karyawan karena biasanya outbound dilakukan di suasana yang asri dan terbuka. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi fisik kita. Kegiatan ini bisa dilakukan satu tahun sekali atau disesuaikan oleh lingkungan perusahaan. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan dan kekompakan antar karyawan.

Baca juga: Saat Dihadapkan Pada Dua Pilihan Kerja, Ambil Keputusan Terbaik Dengan 4 Cara Ini

3.  Gathering

Kegiatan ini merupakan salah satu acara kumpul bersama yang dikemas untuk membangun kekompakan sekaligus refreshing. Tujuannya tidak hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga membangun tim kerja yang solid, hubungan antar karyawan yang baik, sekaligus membangun kembali semangat bekerja.

4. Mengadakan waktu khusus untuk sharing

Dari kegiatan ini, kita bisa mengetahui apa minat dan skill baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun tidak. Dari sini karyawan akan menyadari kalau perusahaan menginginkan kita untuk terus bertumbuh.

Sharing session merupakan salah satu alternatif aktivitas pengembangan diri sekalin coaching, training atau hal lain yang bisa kita dapat di kantor. Dari sini, kita bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dari orang lain yang memiliki pengetahuan, pengalaman maupun keahlian yang dibutuhkan.

Jadi, manakah yang paling tepat dengan lingkungan kantormu?  

Sumber : berbagai sumber/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 3


7234

advertise with us