Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
646


"Duh, suamiku ada di rumah tapi kok kayaknya dia tetap aja sibuk dengan urusannya," keluh seorang istri. Kesibukan kita dan pasangan tanpa sadar membangun sebuah jarak yang membuat kehidupan pernikahan kita kurang harmonis. Kadang, ketika kita berada berdekatan pun terasa jauh karena suatu hal.

Berikut adalah 5 cara untuk menghilangkan jarak yang terjadi dalam hubungan pernikahan kita.

1. Selalu ulangi apa yang dikatakan oleh pasangan

"Ih, kamu dengerin nggak sih? Kok diem aja?" Ini adalah salah satu omelan yang terlontar ketika pasangan merasa kita tidak ikut merespon atas ceritanya. Kita tahu kalau komunikasi yang baik harus seimbang dan dilakukan secara dua arah.

Mengangguk atau merespon dengan pernyataan 'Iya' bisa menjadi solusi, tetapi sayangnya kita melakukannya karena pikiran kita sedang berada pada tempat yang lain, misalnya pekerjaan. Ketika pasangan bercerita, usahakan untuk merespon dan memberi perhatian pada ceritanya tersebut.

2. Sesekali, tinggalkan handphone saat berada di rumah

Katanya, teknologi canggih yang ada sekarang ini mendekatkan yang jauh tapi juga menjauhkan yang dekat. I terkadang membuat kita sibuk sendiri, sehingga melupakan kehadiran pasangan yang sebenarnya sedang bersama kita. Untuk mendapatkan quality time bersama pasangan, menjauhkan handphone sesekali bisa menjadi alternatif agar kita bisa fokus pada waktu kebersamaan dengan pasangan.

Baca juga: Masalah Yang Timbul Kalo Penghasilan Istri Lebih Besar Sekaligus 4 Cara Menanganinya

3. Meluangkan waktu untuk nge-date

Waktu kosong bisa kita habiskan dengan melakukan kegiatan bersama. Makan malam berdua, pergi nonton di bioskop, bahkan hanya pergi mengunjungi tempat makanan favorit semasa pacaran akan menjadi momen romantis yang dinantikan oleh pasangan, sekaligus tanpa sadar kita juga membutuhkannya. Waktu khusus berdua, tanpa harus memikirkan pekerjaan, anak atau hal lain dapat membangun sebuah hubungan yang lebih baik bersama pasangan.

4.  Memanfaatkan teknologi

Setelah menikah, banyak orang sudah tidak lagi mengirimi pesan singkat berisi percakapan-percakapan kecil seperti kejadian yang kita alami di pekerjaan atau hal lain yang terjadi saat sedang tidak bersama pasangan. Padahal, nge-chat pasangan untuk sekedar cerita betapa menyebalkannya kena macet bisa membangun hubungan pernikahan menjadi lebih baik, lho. Meski demikian, ada baiknya kita hanya melakukan percakapan jarak jauh ini pada percakapan ringan atau bertukar informasi seperti akan pulang terlambat.

5. Buang jauh-jauh kebiasaan menyimpan masalah

Beberapa orang memilih diam ketika dihadapkan dengan suatu masalah. Ibarat sebuah balon, masalah yang dibiarkan menumpuk dapat meledak. Biasakan untuk tidak menghindari masalah, sekecil apa pun. Dari sini, kita bisa belajar untuk menghargai dan mengelola konflik yang terjadi pada kehidupan pernikahan kita.

Ketika komunikasi terjalin kurang baik, maka jarak akan datang dalam kehidupan pernikahan. Karenanya, sebisa mungkin kita harus berkomitmen untuk hadir dan menghidupkan hubungan pernikahan agar terjalin sebuah keluarga yang harmonis.     

Sumber : purewow.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth