Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
391


Pernah nggak sih ngerasa cemas saat harus bersosialisasi ?  Trus gimana kamu bisa menanganinya?

Sering sekali saya menemui beberapa orang merasa gugup berada di sekitar banyak orang, malah merasa canggung. Saya juga kadang merasakan hal tersebut.

Mungkin kamu pernah merasakan hal ini dan sudah mencoba untuk berdoa soal ini, tetapi bukannya menjadi jauh lebih baik malah menjadi lebih buruk.

Dikutip dari Crosswalk.com, di bawah ini ada beberapa cara dan saran yang bisa kamu lakukan, supaya kamu tidak terlalu canggung sehingga sulit bergaul .

1. Jangan melulu sembunyi di balik ponsel kamu

Saya selalu mendengar teman-teman saya bercerita tentang pengalaman mereka yang sempat menjadi pribadi yang introvet banget. Inta misalnya " Introvet itu kadang-kadang suka asik dengan dunianya."

Yudi- Introvet itu super cuek, saya dulu selalu tidak perduli apapun sekitar saya. Saya sering menyendiri dan bermain dengan game saya.

Nah, supaya kehidupan sosial kita tidak terganggu, dan jika kita ingin keluar dari sikap introvet kita, coba deh untuk menyingkirkan handphone ketika kita sedang bersama teman-teman atau orang lain. Cara ini akan bikin kita lebih memperhatikan orang lain dan kita menjadi ikut terlibat dengan pembicaraan mereka.

Jangan fokus ke handphone melulu. Jika memang kita perlu membalas chat, silahkan. Setelah itu, mari letakkan kembali handphone kita dan bersosialisasilah dengan mereka.

2. Kita harus menyadari bahwa nilai kita itu datangnya dari Tuhan bukan dari orang lain.

Kalau kita berupaya mencari pengakuan dan penghargaan dari orang lain, maka ujungnya kita akan takut kepada mereka dan bukannya mencintai mereka.

Pernah merasa gugup berbicara di depan teman kamu? Pernah merasa tidak percaya diri?

Yap! Hal itu terjadi karena kita selalu ingin mencari pengakuan dan ingin tampil sempurna di depan mereka. Kalau mereka jauh lebih hebat dari kita, maka itu akan menjadi masalah yang berat bagi kita.

Patut kita sadari bahwa Tuhan menciptakan kita sesuai dengan gambarNya. Jika kita bergantung dan mencari penghargaan dari-Nya, maka kita akan hidup dalam penyerahan yang total kepada hadiratNya. Dan kita akan mengasihi Dia dan lebih tepatnya berjalan sesuai dengan kehendak dan caraNya. So, jangan merasa bahwa kita tidak berharga atau lebih buruk dari orang lain. Kita ini adalah anak Allah yang sangat sempurna dan layak.

3. Jangan menjadi pendiam, cobalah ajukan pertanyaan.

Untuk pertama sekali dalam hidup saya, saya keluar dari zona introvetnya saya. Waktu itu saya sedang duduk di bangku gereja sendirian.

Jujur saja, saya merasa sangat canggung karena tidak tahu harus berbuat apa. Saya mengenal beberapa diantara mereka, tetapi saya sangat takut dan malu untuk menemui mereka dan ikut bercanda gurau.

Akhirnya, saya memberanikan diri untuk melihat seseorang di belakang saya. Roh Kudus mengajar saya untuk menyapanya, tetapi jujur itu sangat sulit bagi saya.

Akhirnya saya berusaha mencari kalimat yang pas dan bertanya "Nama kamu siapa? Sudah berapa lama beribadah disini?"

ARTIKEL TERKAIT : Ini 3 Hal Yang Nggak Diketahui Oleh Para Single Soal Pentingnya ke Gereja

Sejujurnya, kita juga bisa melakukan hal yang sama sekarang ini. Mulailah untuk mengajukan pertanyaan kepada orang lain. Itu awal yang tepat untuk kamu bisa bersosialiasi dan mendapat teman baru.

Sebagai anak Tuhan, kita harus bisa netral. Terlalu introvert akan membuat kita sulit bersosialisasi dengan orang lain. Nah coba deh ikuti 3 cara diatas, minimal kamu bisa keluar dari zona kamu dan bisa bergaul dan menjadi berkat kepada orang lain.

 

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7185

advertise with us