Saat Dihadapkan Pada Dua Pilihan Kerja, Ambil Keputusan Terbaik Dengan 4 Cara Ini

Finance / 27 April 2018

Kalangan Sendiri

Saat Dihadapkan Pada Dua Pilihan Kerja, Ambil Keputusan Terbaik Dengan 4 Cara Ini

Inta Official Writer
13418

Mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah. Tetapi ada satu hal yang tidak kalah sulitnya, yaitu memilih salah satu dari dua pilihan yang ada. Agar tidak perlu galau lama-lama, yuk ikuti 4 tips ini.

1.  Ingat tujuan utama kita

Apakah pekerjaan ini dapat mewujudkan mimpi kita? Jika tujuan kita bekerja adalah untuk mencari penghasilan sebanyak-banyaknya, maka pertimbangan mengenai jumlah gaji adalah hal yang perlu diperhatikan.

Selain gaji, hal lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah;

a. Bisakah perusahaan menunjang pengalaman pelatihan sehingga kemampuan kita bisa lebih berkembang?

b. Apakah kita mempunya tunjangan yang menguntungkan?

c. Dapatkah kita bekerja secara mobile?

d. Perbandingan peluang atas jenjang karir yang ditawarkan.

Hal diatas dapat menjadi ukuran mengenai pekerjaan yang kita inginkan. Pilihlah perusahaan yang memiliki nilai lebih dari pertanyaan tersebut.

2. Pikirkan rencana jangka panjang

Ketika pekerjaan yang kita pilih sudah mendekati sempurna dari pertanyaan yang ada pada poin nomor 1 tadi, kita juga harus berpikir mengenai bagaimana rencana karir kita untuk 5 tahun yang akan datang.

Misalnya tujuan utama kita adalah untuk memperoleh penghasilan yang lebih besar, maka kita akan memilih perusahaan yang menawarkan gaji yang lebih besar. Tetapi ketika kita membandingkan dengan perusahaan lain, dimana gajinya memang kecil, tetapi mereka menawarkan jenjang karir dan tunjangan yang menguntungkan lainnya. Maka, manakah yang akan kita pilih?

Baca juga: Udah Bukan Jamannya Kerja Sendirian, Bangun Super Tim Yang Kreatif Dengan 5 Cara Ini

3. Pilih lingkungan pekerjaan yang paling 'Kita banget'

Berada di tempat yang tepat dapat membuat potensi yang ada pada diri kita menjadi maksimal. Ada banyak orang yang mengeluhkan pekerjaan yang tidak menyenangkan padahal mereka digaji dengan angka yang lumayan. Penting bagi kita untuk mulai mempertimbangkan lingkungan pekerjaan yang ditawarkan.

Ada baiknya jika kita memilih perusahaan yang paling dekat dengan kita. Misalnya kita adalah orang yang suka dengan pekerjaan di lapangan, maka pilihlah perusahaan yang menawarkan hal tersebut. Dengan memilih pekerjaan tersebut, kita berharap akan menjadi lebih nyaman ketika bekerja nanti.

4. Mengambil langkah cepat, tetapi tidak gegabah

Satu hal penting lainnya adalah memberikan sedikit waktu bagi diri kita sendiri untuk memikirkan pekerjaan yang paling benar. Pekerjaan merupakan panggilan hidup. Kita tidak pernah tahu apa karya Tuhan yang terjadi dalam kehidupan kita. Meluangkan waktu untuk Tuhan dan memintaNya untuk ikut campur dalam pilihan akan menjadi langkah terbaik untuk dilakukan.

Saat telah mengambil sebuah keputusan, kita harus tetap menghargai perusahaan yang tidak kita pilih. Jelaskan dengan sopan mengenai alasan mengapa kita tidak memilihnya. Bisa saja di waktu yang akan datang, kesempatan dari perusahaan tersebut akan datang kembali kepada kita, kan?

 

Sumber : roberthalf
Halaman :
1

Ikuti Kami