Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
264


Membangun sebuah tim yang mampu mencapai sebuah tujuan tidak selalu sulit, kok. Apalagi kalau pekerjaan kita menyangkut sesuatu hal yang menuntut ide-ide kreatif yang harus terus muncul. Untuk memulainya, kita harus menyadari kalau proses adalah sebuah seni, sementara pengetahuan akan membuat kita berada pada jalan yang tepat. Yuk bangun sebuah super team dengan 5 langkah ini.

1.  Menemukan orang yang tepat

Agar sebuah tim bisa bertumbuh, kita perlu orang terbaik di dalamnya. Orang terbaik tidak harus mereka yang mendapatkan nilai terbaik di kampusnya. 3 hal dibawah ini perlu menjadi perhatian kita dalam mencari orang yang tepat di dalam tim.

a.  Kemampuan

Seperti yang kita tahu, kita perlu menjadi seorang professional ketika berada dalam sebuah organisasi. Karenanya kita harus memulainya dengan membangun aset dari sumber daya manusia yang memiliki kapasitas untuk bertanggung jawab dalam pekerjaannya. Tugas kita adalah memastikan kalau orang-orang yang ada dalam tim kita memiliki pengalaman dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh organisasi.

b.  Mampu berbaur

Yakinkah kalau orang yang ada di dalam tim mampu berbaur dengan baik bersama rekan satu tim yang lain? Setiap anggota tim seharusnya memiliki kepribadian yang mampu membaur dengan rekan kerja lainnya, terampil dan cara kerja yang sesuai dengan budaya yang kita miliki di kantor.

c.  Team size

Jumlah anggota tim yang banyak tidak selalu efektif. Banyak-sedikitnya anggota tim sangat tergantung dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan.

2.  Menjalani proses dengan baik

Memiliki tim super tidak hanya menuntut orang-orang yang memiliki passion dan kreatif, tetapi juga produktif dan efektif. Untuk menjadi produktif dan efektif, kita perlu memiliki ekspektasi yang jelas. Tim yang efektif memiliki seorang pemimpin yang selalu menentukan target seperti deadline, jadwal produksi dan hal lainnya agar bisa mencapai tujuan organisasi.

3.  The right leadership

Kita pasti sudah tahu kalau kesuksesan sebuah organisasi sangat tergantung pada pemimpinnya. Pemimpin yang baik adalah mereka yang bisa mengidentifikasi dan mengkomunikasikan sebuah visi sekaligus menginspirasi orang lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Selain itu, mereka juga perlu memiliki kerendahan hati, mudah approachable(re: mudah didekati) dan bijak dalam pengambilan keputusan. Kita bisa menemukan banyak orang yang membahas mengenai bagaimana seorang pemimpin seharusnya. Hal ini juga yang membuat banyak orang mengatakan kalau kepemimpinan adalah sebuah seni.

Baca juga: Ketika Menikahi Orang Boros, 3 Hal Ini Harus Dilakukan Agar Pengeluaran Tidak Membengkak

4. Lingkungan yang kondusif  

Orang-orang kreatif juga perlu berada di lingkungan yang mendukung. Inspirasi akan sangat sulit untuk di dapatkan jika situasi tidak kondusif. Kreatifitas diciptakan tanpa batas, jadi mengapa tidak mencoba sedikit warna dalam kantor?

Dilansir dari Roberthalf.com, lingkungan yang tepat juga bisa berarti kemudahan yang diterima oleh anggota tim. Misalnya sebuah fleksibilitas jam kerja dan kemudahan untuk mengakses informasi ketika ada kendala pada perusahaan. Hal ini dapat mendorong anggota tim untuk menjadi efektif dan produktif tanpa harus berpatok pada jam kerja dan tempat.

5. Berada pada satu visi

Tujuan merupakan faktor penggerak bagi sebuah organisasi. Apakah visi setiap anggota dan perusahaan sudah sama? Guna membangun super tim, kita perlu menyatukan misi, tujuan, target pada setiap anggota tim  sehingga tujuan organisasi bisa dicapai dengan baik. Sebuah gambaran dari tim yang kreatif dan efektif adalah mereka yang mampu memahami kalau apa pun yang dilakukan oleh mereka, itu berkontribusi yang cukup besar bagi tujuan informasi.

Jadi, sudah siap untuk membangun sebuah super tim versi kamu? 

Sumber : roberthalf

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Khoirul Ulum 20 May 2018 - 13:29:33

bantu sy untuk keluar dr hutang2 sy

1 Answer

Maureen Subroto 18 May 2018 - 23:04:05

sy ingin punya teman curhat

1 Answer

Wishnu Kencana 18 May 2018 - 17:04:47

terpanggil untuk merendahkan diri

1 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week  3


7429

Imago