Telan Air Kolam Bisa Sebabkan 5 Penyakit Parah Ini Loh...
Sumber: BPK PENABUR

Health / 25 April 2018

Kalangan Sendiri

Telan Air Kolam Bisa Sebabkan 5 Penyakit Parah Ini Loh...

Lori Official Writer
4208

Saat berenang kita pasti suka kemasukan air kolam ke dalam hidung dan masuk ke tenggorokan. Sebagian orang ada yang segera memuntahkannya lewat mulut. Tapi sebagian lain ada yang malah langsung menelannya.

Tahukah kamu kalau sebenarnya air kolam, khususnya kolam yang dipakai untuk umum, itu kotor loh. Walaupun warnanya terlihat jernih dan bening, air kolam umum sudah dipenuhi dengan kotoran yang dibawa oleh tubuh orang lain. Baik itu air liur, kencing atau benda-benda yang terkontaminasi.

Apa akibatnya saat air kolam tertelan?

Seorang anak perempuan berusia 4 tahun bernama Elianna harus terbaring di rumah sakit setelah menelan air kolam renang. Kejadian itu terjadi saat ibunya Lacey Grace mengajak anak perempuannya itu berenang di kolam renang milik orang tuanya pada 14 April lalu.

Berdasarkan pemeriksaan dokter, Elianna didiagnosa terserang pneumonia atau radang paru-paru akut.

Elianna baru menunjukkan kondisi sakit dua hari setelah kejadian, seperti mulai mengalami demam tinggi, kondisi fisik melemah dan kulitnya berubah menjadi ungu yang diduga akibat infeksi kimia yang masuk ke dalam tubuh.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), air kolam renang mengandung banyak parasite atau Cryptosporidium atau Crypto. Parasit ini bukan saja menyebabkan radang paru, tapi juga menyebabkan penyakit lainnya seperti:

1. Diare karena kontaminasi kotoran yang bersumber dari orang lain

2. Swimmer’s ear atau radang telinga luar yang terjadi saat bakteri dari kolam masuk ke dalam telinga. Radang ini bisa membuat telinga bengkak disertai rasa nyeri.

3. Penyakit kuning karena infeksi vakteri leptorispira. Bakteri yang masuk dari air kola mini akan menyerang hati dan merusak fungsinya. Saat hal itu terjadi. Maka kulit tubuh akan berubah kuning terutama di bagian putih mata.

4. Cacingan melalui bakteri yang masuk melalui kuku atau badan yang tidak dibersihkan setelah berenang. Tanda-tanda dari penyakit ini adalah adanya rasa gatal di bagian kulit, demam, muntah dan diare.

Baca Juga :

Benarkah Berenang Setelah Makan Itu Dilarang?

Pelajaran Hidup dari Berenang

Supaya berenang tidak membuatmu malah jatuh sakit, lakukan beberapa anjuran ini:

  • Mandilah lebih dulu dengan sabun sebelum masuk kolam.
  • Jangan berenang kalau sedang diare. Tunda rencana berenangmu minimal selama 2 minggu setelah diare benar-benar sembuh.
  • Periksa apakah di pinggiran kolam berlendir. Kalau ya, itu artinya air kolam dalam kondisi tidak bersih.
  • Ajarkan anak untuk kencing atau buang air besar di kamar mandi, bukan di dalam kolam renang.
  • Saat tak sengaja menelan air kolam, segeralah menepi dan memuntahkan air dari tenggorokan. Atau bisa dengan berkumur dengan air bersih dan memuntahkannya kembali.
  • Sewaktu di dalam kolam renang, jangan membuat dahak sembarangan. Bila perlu menepi sejenak dan keluarkan di selokan terdekat.

Saat kita sudah menerapkan cara-cara sehat ini, kita tidak hanya menjaga kesehatan untuk diri kita sendiri. Tetapi juga kesehatan orang lain. Jangan tularkan kotoran atau penyakitmu di kolam renang dan merugikan kesehatan orang lain.

Mari mulai hari ini kita lebih tahu cara menjaga kesehatan, terutama ketika berenang di kolam renang umum. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami