Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
682


Selain rumah kita, gereja merupakan tempat berkumpulnya keluarga setiap minggu, bertukar senyum, berendam dalam kebenaran atau firman Allah, dan memuji Dia yaitu Yesus yang memberikan hidupNya untuk kita.

Gereja seharusnya menjadi tempat yang aman bagi anak-anak kita untuk belajar tentang Kristus, memperdalam pemahaman mereka akan Firman Tuhan, dan bertumbuh dalam iman satu sama lain, belajar menjadi radikal dan berjalan sesuai panggilanNya dalam hidup mereka. Tetapi kenyataannya, kedagingan sering sekali mendiami rumah Tuhan tersebut. Ada banyak orang yang gagal bahkan beberapa terhilang.

Ada pula yang diselamatkan namun tersandung dalam menemukan jalan mereka.

Yap! Gereja-gereja penuh dengan orang-orang yang nggak sempurna yang nggak selalu mengatakan atau melakukan hal yang benar. Orang-orang seperti kamu dan juga saya!

Sayangnya apa yang dipelajari anak-anak kita bukan sesuatu yang praktis dan mudah diterapkan dalam kehidupan, atau hikmat yang bisa membimbing mereka dalam kehidupan. Namun sebaliknya mereka terluka dan mempelajari sesuatu yang seharusnya tidak mereka dapatkan dari gereja.  

Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang harus kamu jelaskan dan beritahu kepada anak kamu sebelum mereka menyimpan dendam dan bertumbuh dengan yang pemikiran yang salah di dalam gereja :

1. Jangan bersikap kritis apalagi menghakimi terhadap mereka yang nggak menyukaimu


Mau dimanapun, kita tidak selalu menemukan semua orang menyukai kita.

Entah itu dalam dunia sekuler bahkan pelayanan. Hal itu yang harus kamu beritahu kepada anak kamu.

Jangan sampai dia menghakimi orang yang tidak menyukainya, apalagi jika orang itu adalah seorang pelayan yang menjadi pemicu kekecewaannya terhadap gereja.

Allah adalah Sang hakim.  Menilai apakah itu salah dan benar, emang penting tetapi menilai orang lain adalah peran yang ditetapkan secara illahi dan hanya milik Allah semata. Jadi kamu dan anakmu pun tidak berhak untuk itu.

Matius 7:1: "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi."

2. Jelaskan kepada mereka soal bedanya prefensi dan doktrin, supaya mereka mampu membedakan dan fokus kepada tujuan kebenaran


Preferensi itu berbeda dengan doktrin. Preferensi adalah kecenderungan atau pilihan untuk lebih menyukai satu hal dari yang lain. Musik adalah preferensi, bukan doktrin alkitabiah. Gaya gereja dalam menyembah, bukan sebuah doktrin alkitabiah tetapi itu adalah preferensi.

Pesan injil adalah tujuan kita dan metode adalah cara yang kita gunakan untuk membalikan pesan itu.

Semoga dengan menjelaskan ini, anak kamu mampu berdiri dalam doktrin alkitabiah yang benar dengan tidak ketinggalan zaman namun juga tidak mengubah pesan Yesus Kristus.

3. Ajarkan kepada anakmu bahwa tidak ada manusia yang sempurna, bahkan di dalam gereja sekalipun


Terlalu banyak anak-anak yang terluka karena orang-orang mengaku Kristen namun hidup seolah-olah tidak mengenal Tuhan. Kadang ada orang yang kelihatannya saleh, dan mengetahui kebenaran dan memegang posisi penting di dalam gereja, tetapi suka memfitnah, berdusta dan nggak mengasihi.

Beritahukan anak-anak kamu bahwa nggak ada manusia yang sempurna. Semua orang belajar, dan semua orang mendapat tuaian akan apa yang mereka tabur.

Jangan biarkan mereka kecewa dan memandang manusia, biarlah mereka memandang hanya kepada Yesus saja.

2 Timotius 2:4: "Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya demikian ia berkenan kepada komandannya."

ARTIKEL TERKAIT Ingin Anak-anakmu Sukses? Mereka Tidak Hanya Butuh Uang & Dukunganmu, Tapi Juga Hal Ini!

Itulah 3 penjelasan dan pelajaran penting untuk mempersiapkan anak-anakmu sehingga mereka fokus kepada Yesus saja bukan kepada gereja.

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurayanti Simatupang 12 November 2018 - 19:28:13

Hasil dari tahapan kompilasi dalam menjalankan pro.. more..

0 Answer

Cristiandoko Cgenx 10 November 2018 - 06:19:44

Apakah saya bisa berkonsultasi,saya mohon bantuann.. more..

0 Answer

Marina Putri 9 November 2018 - 16:46:08

Ayat inti dari mandat budaya termbil dalam?

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7221

advertise with us