Nggak Ke Batam Kalau Nggak Coba 4 Kuliner Khas Ini. Apalagi Mie Lendir Batam, Enak Banget!

Entertainment / 23 April 2018

Kalangan Sendiri

Nggak Ke Batam Kalau Nggak Coba 4 Kuliner Khas Ini. Apalagi Mie Lendir Batam, Enak Banget!

Naomii Simbolon Official Writer
4297

Setelah menjalani beberapa tempat wisata di Batam seperti Pantai Nongsa, Marina, Engku Putri dan lain sebagainya, tentu nggak seru kalau kita nggak mencoba untuk menikmati kuliner khas Batam

Nggak cuma ke Batam, kemana pun kita pergi traveling, kita tentunya harus mencoba kuliner setempat.

Nah, kalau kamu punya rencana ke Batam dalam waktu dekat, kamu harus mencoba berbagai kulineran dibawah ini :

1. Sup ikan Batam


Pada tahu kan kalau Batam sangat terkenal dengan makanan laut yang segar. Yap! Soalnya Batam dikelilingi dengan lautan yang kaya akan ikan-ikan segar. Yang pasti kamu nggak cuma menikmati ikannya saja, kamu bisa memberikan tambahan lain berupa sotong, udang, sayuran dan lain sebagainya.

Kamu wajib coba makanan ini, kamu bisa menemukan menu ini dimana saja, tapi kalau kamu ingin menikmati rasa yang lebih enak, cobalah kunjungi restoran di sekitaran Barelang. Disana kamu bisa menemukan beberapa restoran laut dipinggir pantai.

2. Ayam Bawang


Pernah dengar menu ayam bawang? Mungkin kalau ditanya, kamu akan mengira bahwa ayam bawang adalah makanan mie rasa ayam bawang. hehe

Bukan! Ayam bawang adalah ayam goreng dengan rasa asin dan kriuk yang nggak terlalu berminyak, yang kaya akan rasa bawang putih dan bisa kamu temukan di hampir semua restoran di kota Batam. Paduan bawang putih dan ayam seimbang yang enak banget kalau di padu dengan nasi hangat dicocol dengan sambal. Umm, yummy!

Kalau kamu ke Batam, kamu wajib banget cobain ini. Buat kamu pecinta kuliner, kamu bakal nagih banyak.

3. Otak-otak

Otak-otak sih sudah banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Malah beberapa hari lalu, saya menemukan menu otak-otak disalah satu restoran di Jakarta.

Tetapi, jangan salah otak-otak di Batam rasanya jauh lebih enak. Dan Batam cukup terkenal dengan cemilan otak-otaknya.

Otak-otak dari Batam ini, dicampur dengan daging ikan dan sagu juga beberapa bumbu khas melayu sebagai pelengkap yang enak banget. Bentuk yang mungil dengan balutan daun kelapa ini dimasak dengan cara di bakar. Aromanya saja akan bikin kamu selera, apalagi menikmatinya.

4. Mie lendir

Pas saya wawancara beberapa teman soal mie lendir, mereka pada syok dan merasa geli. Secara namanya mie "lendir."

Tapi jangan salah, sekalipun namanya demikian, tetapi rasanya sangat enak. Mie lendir merupakan kuliner khas Batam. Namanya yang unik mungkin bikin kamu nggak selera, tetapi sekali makan, percaya deh, kamu akan nagih terus dan pasti menyukainya.

Mie Lendir ini dibuat dengan resep yang hampir sama dengan mie pada umumnya, cuma memang ada sedikit perbedaan dalam kuahnya sendiri.

Disebut-sebut mie Lendir, karena setelah di racik, kuahnya akan berbentuk seperti lendir.

Kuahnya sendiri berasal dari campuran kacang tanah goreng dan ubi jalar plus rempah rempah seperti jahe, bawang putih, dan lengkuas.

Kuahnya yang gurih dan agar kental dicampur dengan mie lembut, bikin lidah kamu terpana oleh keenakannya.

Kamu wajib banget mencoba makanan ini. Semua orang yang datang ke Batam, biasanya akan mencoba kuliner yang satu ini.

Nah, itulah 4 resep kuliner yang enak banget, yang wajib kamu nikmati kalau hendak traveling ke Batam. Kuliner ini akan bikin kamu rindu balik ke Batam lagi. So selamat mencoba ya!

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami