5 Masa Sulit Dalam Rumah Tangga ini Harus Kamu Lalui Bersama Dengan Pasanganmu

Marriage / 17 April 2018

Kalangan Sendiri

5 Masa Sulit Dalam Rumah Tangga ini Harus Kamu Lalui Bersama Dengan Pasanganmu

Naomii Simbolon Official Writer
6203

Semua pasti setuju bahwa menikah dan membangun rumah tangga bersama orang yang kita cintai tentunya sangat membahagiakan.

Namun semuanya juga pasti nggak memungkiri bahwa dalam perjalanan mahligai rumah tangga tak selamanya berjalan mulus tanpa rintangan. Akan ada masa dimana rumah tangga atau hubungan kita dengan pasangan terasa hambar dan sulit untuk dihadapi.

Pernikahan tak selamanya menjanjikan kebahagiaan. Bahkan untuk mencapai kebahagiaan, terkadang kita harus melewati masa-masa sulit terlebih dahulu.

Yang menjadi permasalahannya, tidak semua dari kita mau melewati masa-masa sulit tersebut bersama pasangan kita. Beberapa dari kita mungkin akan menyerah, bersikap menyalahkan pasangan seolah-olah keadaan yang terjadi semua karena kesalahan pasangan, tidak ambil pusing dengan keadaan yang terjadi, sehingga bukannya diselesaikan bersama dan mencari solusinya, yang terjadi adalah pertengkaran yang berpengaruh pada ketidakharmonisan rumah tangga.


Setiap masa sulit dalam rumah tangga hendaknya dilalui dan dituntaskan bersama pasangan kita demi keutuhan pernikahan kita.

 

1. Masalah keuangan

Permasalahan rumah tangga yang paling sering terjadi dan menjadi penyebab pertengkaran suami istri adalah masalah yang menyangkut keuangan. Kondisi keuangan rumah tangga yang tidak stabil atau tidak terpenuhi kebutuhan keluarga menjadi beban tersendiri bagi suami istri khususnya bagi suami selaku pencari nafkah dalam keluarga. Namun bukan berarti istri lantas lepas tangan. Dalam keadaan ekonomi keluarga yang sulit, suami istri harus bisa bergandengan tangan, berdiskusi bagaimana menyeimbangkan masalah dan menyesuaikan gaya hidup sesuai keadaan finansial keluarga.


2. Masalah pengambilan keputusan

Seringkali hubungan suami istri terjadi bentrok hanya karena ketidaksetujuan masing-masing dalam memutuskan suatu keputusan. Masalah pengambilan keputusan tentang apa saja yang berkaitan dengan masalah rumah tangga seringkali menjadi masa yang sulit untuk diselesaikan bersama. Masing-masing bertahan dengan persepsinya sendiri sehingga enggan menerima masukan dari pasangan. Entah itu keputusan siapa yang akan bekerja, dimana akan tinggal, siapa yang mengelola keuangan, berapa jumlah anak yang diinginkan dan keputusan besar lainnya.

 

3. Masalah kehadiran anak

Kehadiran anak juga bisa menjadi masa sulit bagi pasangan suami istri. Kehadiran anak yang tak kunjung tiba setelah penantian yang panjang dapat menjadi pemicu ketidakharmonisan dalam hubungan. Dalam kondisi seperti ini antara suami isteri harus saling mendukung dan mendoakan bukan saling menyalahkan.

 

4. Masalah seksual

Kehidupan seksual memang sangat sensitif untuk dibicarakan, walaupun itu suami istri kadang kala masing-masing saling menutup diri mengutarakan permasalahan seks yang sedang dialami, entah itu karena malu, sungkan atau merasa tidak enak dengan pasangan. Jika dibiarkan terus menerus, keharmonisan hubungan seksual suami istri akan terganggu. Kuncinya adalah keterbukaan.

 

5. Masalah yang menyangkut keluarga besar masing-masing pasangan

Penyesuaian diri terhadap keluarga besar dari pasangan biasanya menjadi masa-masa sulit di tahun-tahun pertama pernikahan. Tidak semua bisa beradaptasi dengan mudah pada orang-orang baru. Di awal-awal hubungan mungkin terasa sulit karena kita masih merasa belum nyaman dan mungkin belum diterima sepenuhnya oleh keluarga pasangan kita. Namun keadaan ini bisa kita lewati dengan dukungan dari pasangan kita.


Nah, sebagai pasangan yang sudah dipersatukan oleh Tuhan Yesus, bergandengan tanganlah bersama-sama dalam suka dan duka seperti apa yang kamu ucapkan bersama di depan altar. Di dalam Yesus, kalian bisa melewati semuanya. Amin!

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami