Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
682


Kalau bisa memilih mungkin sebagian besar orang yang ingin hidup sehat dan panjang umur akan memilih dilahirkan di Jepang. Kog bisa? Tentu saja karena negara Sakura ini memiliki ‘harapan hidup sehat’ yang paling tinggi di dunia. Dimana penduduknya bisa hidup sehat sampai berusia 73 tahun tanpa mengalami sakit atau kecacatan yang langka. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal The Lancet.

Orang-orang asing yang tinggal di Jepang tahu persis bagaimana budaya dan tradisi pola makan Jepang jadi salah satu rahasia kenapa penduduknya hidup sehat. Mereka yang sudah cukup lama tinggal di negara itu pasti akan terpengaruh mengadopsi pola hidup serupa dengan penduduk kebanyakan.

Lalu apa saja rahasia hidup sehat orang Jepang? Tirulah 7 pola makan sehat ini.

1. Gemar mengkonsumsi sup


Di Jepang, sup dianggap sebagai menu makanan sehat. Sup miso adalah andalannya. Mereka biasa akan menyandap sup ini dengan hidangan makanan sehat lainnya. Seperti diketahui, sup miso bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan dan membuang racun di dalam tubuh. Sup ini juga memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang sangat rendah tapi tinggi kandungan protein. Selain itu, sup miso juga bisa membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah nafsu untuk mengemil.

2. Makanlah sampai 80% kenyang

Ada pepatah dari Okinawa Jepang berkata bahwa ‘kamu harus makan sampai 80% kenyang’. Dalam bahasa Jepang, pepath ini diterjemahkan dengan ‘hara hachi bu’. Alasan di balik ungkapan ini adalah bahwa otak membutuhkan waktu untuk merespon bahwa perut sudah penuh. Karena itulah, orang Jepang biasanya akan makan dengan porsi yang pas, tidak sampai kekenyangan.


Baca Juga : 5 Makanan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Orang Jepang


3. Kontrol porsi makan


Salah satu pola makan yang dibudayakan oleh orang Jepang adalah mengontrol porsi makan mereka dengan menggunakan mangkuk kecil. Karena dengan mangkuk berukuran kecil inilah mereka bisa mengontrol seberapa besar poris makan yang harus mereka santap. Berbeda dengan masyarakat kebanyakan di negara-negara lain yang sudah terbiasa makan dengan piring-piring besar. Sehingga otomatis, saat makan hampir semua orang berlomba memenuhi piring dengan jumlah porsi yang lebih banyak.

4. Jangan menyisakan makanan di piring


Mottainai adalah istilah yang artinya ‘lebih baik tidak menyia-nyiakan/membuang’ makanan. Dari sejak usia muda, orang Jepang sudah diajarkan untuk menghargai makanan dan tidak menyia-nyiakannya. Mau makan dimanapun itu mereka selalu menerapkan prinsip ini. Budaya Jepang sudah terbiasa akan mengolah kembali makanan sisa di malam hari untuk keesokan harinya sebagai sarapan atau makan siang. Biasanya mereka akan memakan makanan sisa dengan dengan makanan pelengkap atau camilan yang akan selalu tersedia di kulkas.

5. Lebih memilih makan nasi daripada kentang atau roti

Beras adalah makanan utama di Jepang. Tak heran kalau orang Jepang lebih suka makan nasi daripada kentang atau roti seperti biasanya dimakan oleh orang-orang Barat. Faktanya, nasi memang mengandung kalori yang jauh lebih rendah daripada roti atau kentang. Apalagi pilihannya adalah nasi merah yang jauh lebih sehat dari nasi putih.

6. Terbiasa menambahkan makanan sehat lain saat makan


Pola makan orang Jepang terbilang sangat sehat. Saat makan, mereka akan menambahkan makanan super lainnya seperti rumput laut atau salmon. Orang Jepang memang terkenal punya cara kreatif dalam mengolah makanan seperti menambahkan rumput laut, salad, rebusan atau roti.

Selain itu, teh hijau juga jadi salah satu minuman diet sehat di Jepang. Teh ini punya banyak manfaat kesehatan yang sangat besar.


7. Lebih memilih makanan lokal daripada import

Sebagai negara mandiri, orang Jepang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan lokal dibanding makanan yang dimport dari negara lain. Salah satu makanan tradisional yang sangat digemari adalah Washoku yang sangat sehat dan lezat.

Hidup sehat dan berumur panjang memang nggak bisa begitu saja kita dapatkan tanpa kebiasaan hidup sehat yang dimulai sejak usia muda. Sebagai negara yang dikenal dengan beragam menu makanannya yang khas dan tradisional, kita orang-orang Indonesia pun sudah mulai ketularan mengadopsi pola makan negara Barat yang kurang sehat. Berkaca dari negara Sakura, kita seharusnya disadarkan dan mulai menjalankan pola makan yang sehat. Seperti menghindari makan terlalu banyak daging, karbohidrat dan juga makanan siap saji yang banyak jadi sumber penyakit.

Sumber : Today.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Farida Aruan 18 September 2018 - 15:39:07

penjangkauan

0 Answer

nestorius tampubolon 17 September 2018 - 20:12:47

Nama nama menantu nabi nuh?

0 Answer

ilham krisna 17 September 2018 - 11:16:47

apa perintah yg digunakan untuk mengkonfigurasi ip.. more..

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7196

advertise with us