Politik Irak Makin Panas! 60 Calon Kristen Bersaing Demi Rebut 5 Kursi Parlemen di Pemilu
Sumber: Madhyamam.com

Internasional / 17 April 2018

Kalangan Sendiri

Politik Irak Makin Panas! 60 Calon Kristen Bersaing Demi Rebut 5 Kursi Parlemen di Pemilu

Lori Official Writer
3061

Sebanyak enam puluh kandidat Kristen berlomba merebut lima kursi di parlemen Irak. Sebagian besar kandidat ini akan bersaing di Provinsi Duhok dan enam lainnya di provinsi Kurdistan.

“Kali ini, persaingan hangat di antara kandidat Kristen terjadi di Duhok dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya. Dengan begitu, dari tujuh partai politik (Kristen) di Irak, enam dari mereka memiliki kandidat di Duhok,” kata Shams al-Din Georges, pemimpin dari Chaldean Syriac Assyrian Popular Council (CSAPC).

Baca Juga :

Pasca Tumbangnya ISIS, Warga Muslim Niniwe Bangun Gereja Supaya Umat Kristen Kembali ke Irak

Berita dari Irak, Kekristenan sedang Menuju Kepada Kematian

Sementara pemilihan umum (Pemilu) 2018 akan berlangsung pada 12 Mei 2018 mendatang. Di pemilu kali ini, pemerintah menyediakan 5 kursi untuk kandidat Kristen sebagai bagian dari sistem kuota minoritas, penempatannya terdiri dari masing-masing satu posisi di Baghdad, Erbil, Duhok, Kirkuk, dan Mosul.

Tersedianya kuota bagi kandidat Kristen di parlemen Irak ini menjadi pertanda baik bahwa kaum minoritas masih tetap dihargai di negara Muslim yang satu ini. Keterbukaan pemerintah Irak terhadap kaum minoritas ini memang sudah mulai terjadi sejak tumbangnya rezim Baath dan berakhirnya konflik sektarian pada tahun 2003 silam. Sejak saat itu, wilayah sekitar Kurdistan, khususnya Duhok jadi tempat yang aman bagi orang Kristen Irak.

Di Duhok sendiri terdapat sekitar 60 desa Kristen. Sampai saat ini orang Kristen Irak diperkirakan mencapai 3persen dari total populasi. Menurut sensus Irak 1987, sebeumnya terdapat sekitar 1.4 juta populasi Kristen di Irak. Tapi seiring dengan tindakan penganiayaan yang mereka alami sekitar 10 tahun belakangan ini, banyak diantaranya bermigrasi ke Eropa.


Selain lima kursi untuk orang Kristen, terdapat sekitar 329 kursi yang akan diperebutkan oleh para kandidat dari berbagai partai. Sementara untuk mendapatkan pengaruh dan suara terbanyak pemerintah memberikan masa kampanye kepada setiap kandidat yang dimulai sejak Sabtu mendatang. 

Sumber : Rudaw.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami