Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
584


Siapa bilang bangun bisnis itu gampang? Susah banget tahu! Apalagi kalau kamu harus keluarin banyak modal buat di awal memulai. But thank God, berkat teknologi kita bisa menjalankan bisnis dengan makin mudah.

Belakangan ini tren bisnis online pun sangat digandrungi. Ada banyak startup yang mulai berjualan toko online lewat website. Dengan semua teknologi yang memudahkan ini kita bisa lebih mudah membuka pasar online atau platform dan mulai berdagang sesuatu yang kita suka.

Ada jutaan produk dan layanan jasa yang bisa dibeli secara online. Tapi jujur saja ada banyak pesaing juga yang harus dihadapi. Karena itu jenis penjualan online sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis online.

Apa kamu saat ini sedang belajar menyukseskan bisnis onlinemu? Kalau ya, lakukanlah 5 strategi bisnis ini:

Strategi 1: Pikirkan dan renungkan secara mendalam jenis bisnis online apa yang mau kamu bangun

Kalau memang kamu sudah serius mau membangun bisnis online, maka pikirkan dengan matang jenis bisnis apa yang mau kalian geluti. Hal utama yang harus kamu sadari adalah melakukan apa yang kamu sukai. Misalnya, kalau kamu wanita muda yang suka dandan juallah produk fashion atau make up. Hal ini akan sangat membuatmu menikmati apa yang kamu lakukan.

Strategi 2: Pastikan apakah produkmu akan digemari atau punya peluang untuk laris manis di pasaran?

Startegi kedua ini penting sekali untuk dipikirkan. Kamu nggak bisa memulai bisnis tanpa melakukan riset terlebih dahulu soal produk yang akan kamu jual secara online. Kamu juga harus menjual produk yang spesifik dan menemukan sesuatu hal yang unik dan baru atau sesuatu yang kebanyakan dibutuhkan oleh masyarakat.

Lakukanlah riset di forum-forum tertentu, di situs website atau artikel-artikel yang berkaitan dengan produk yang akan kamu jual. Cari tahu apakah produk ini benar-benar dibutuhkan dan disukai masyarakat. Kalau ya, berarti kamu punya harapan untuk mencapai kesuksesan dari bisnis ini. Tapi kalau ternyata produknya kurang menarik, lebih baik ganti produkmu dengan sesuatu yang lebih baik.

Baca Juga :

5 Keahlian Penting Untuk Suksesnya Bisnis Online

Buat Para Pebisnis Online, 10 Social Media Tools Canggih Ini Perlu Banget Kamu Coba!

Strategi 3: Atur rencana pemasaran dan tenaga kerja yang kamu butuhkan

Ingat bahwa membangun bisnis online berarti bahwa kamu siap untuk mencari sumber daya yang bisa membantumu mengelolanya. Atau kalau kamu memang berencana untuk mengerjakannya sendiri, kamu berarti hanya perlu memikirkan cara untuk melakukan pemasarannya.

Kamu harus lebih dulu membuat rencana pemasarannya, medianya apa dan bagaimana strategi marketingnya. Mungkin kamu bisa memakai sosial media sebagai marketing yang sangat potensial. Misalnya dengan membagikan postingan berupa informasi dan artikel bermanfaat, gambar-gambar produk dan juga testimoni dari orang-orang yang sudah menggunakan produkmu.

Strategi 4: Kerjakanlah bisnismu dengan konsisten dan bekerja samalah dengan orang-orang yang punya passion yang sama

Memulai bisnis baru bukanlah perkara yang mudah. Tentu saja kamu akan butuh orang lain untuk mengerjakannya. Untuk itu, kamu perlu mencari rekan kerja, mitra atau investor yang tepat. Mungkin mereka adalah anggota keluarga atau teman dekat, bukan masalah. Asal mereka adalah orang-orang yang bisa dipercaya untuk mengerjakan sebagian dari bisnis ini.

Strategi 5: Nikmatilah bisnismu

Ada orang yang gagal dalam membangun bisnis karena sejak awal sudah dibebani dengan beragam pikiran-pikiran yang menekan, seperti target bisnisnya harus segini, atau dalam satu tahun bisnis ini harus sudah dikenal dimana-mana dan sebagainya.

Ada baiknya untuk mengawali bisnis dengan pemikiran yang santai. Jangan bebani pikiranmu dengan hal-hal yang aneh dulu. Tapi kerjakanlah bisnismu dengan santai dan tak perlu terlalu ambisius.

Ingat bahwa ‘kalau kamu menyukai apa yang kamu lakukan, maka kamu nggak akan merasa melakukannya seperti bekerja’. Teori ini benar adanya karena dengan melakukan sesuatu yang kita suka akan membuat kita terus bersemangat.

Akhirnya, biarkan aku menutup artikel ini dengan satu kalimat ini. ‘Apa yang layak nggak pernah mudah untuk didapatkan, tapi pada akhirnya hal itu akan menghasilkan sesuatu yang sangat bernilai’.

Salam sukses dan teruslah berkarya untuk membangun bisnismu sendiri. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yones 25 August 2019 - 01:13:05

Upah mengikut Yesus

0 Answer

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 4


7271

Banner Mitra Agustus Week 3