Duh, Sering Banget Di-Skip, Padahal 7 Kebiasaan Ini Bikin Kita Lebih Sehat, Lho
Sumber: Kkday.com

Health / 15 April 2018

Kalangan Sendiri

Duh, Sering Banget Di-Skip, Padahal 7 Kebiasaan Ini Bikin Kita Lebih Sehat, Lho

Inta Official Writer
2563

Siapa sih yang tidak menginginkan punya tubuh yang sehat? Katanya, di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Mungkin sebagian dari kita menempatkan gaya hidup yang sehat sebagai salah satu resolusi di tahun 2018 ini.

Sejak awal tahun, kita berjanji pada diri kita sendiri untuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Tetapi nyatanya? Pekerjaan yang menumpuk membuat niat kita ciut begitu saja. Kalau waktu buat olahraga memang sama sekali nggak ada, berikut ini adalah 7 hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat.

1. Tidak membuka handphone atau benda elektronik lainnya sebelum tidur

Kebanyakan orang memilih terlelap dengan cara ketiduran sambil mengecek handphonenya. Menurut sebuah penelitian di Harvard, mereka yang sering bermain handphone sebelum tidur membutuhkan waktu yang lebih lama. Setelah seseorang terlelap selama delapan jam, mereka yang biasa bermain handphone atau benda elektronik seperti laptop atau tv akan lebih mudah merasa ngantuk dan mengalami kesulitan untuk terbangun pada pagi hari."

2. Berdiri setiap 20 menit sekali

Mungkin terdengar sangat sederhana, tetapi dilansir dari Huffingtonpost, kebiasaan ini akan memberikan perbedaan pada tubuh kita. Meskipun kita tidak melakukan apa pun, berdiri setiap 20 menit sekali akan berdampak pada bagaimana tubuh kita merespon secara psikologis.

3.  Mengurangi konsumsi gula

Konsumsi gula secara berlebih dapat menjadi sumber bagi berbagai macam penyakit. Sayangnya, hampir setiap makanan yang kita konsumsi mengandung gula. Untuk mengurangi konsumsi gula, cobalah untuk lebih aware terhadap apa yang kita beli. Misalnya dengan mengecek kembali nilai gizi yang tertera pada box makanan. Sebagai pengganti yang manis-manis, kita juga bisa memilih buah sebagai camilan.

4. Makan siang dengan teratur  

Poin ini adalah peringatan buat kita yang selalu merasa sibuk setiap jam makan siang tiba dan memilih untuk menundanya hingga waktu sedikit lengang. Padahal, meluangkan waktu untuk makan siang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus ketika kita bekerja setelahnya. Makan siang juga menjadi penting untuk diprioritaskan karena secara signifikan dapat membantu kita dalam mengelola stres dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Sering Dianggap Merugikan, Padahal 3 Kebiasaan Ini Menandakan Kalau Kita Cerdas!

5. Memilih untuk berjalan atau naik tangga

Mungkin sebagian dari kita tidak memiliki waktu untuk lari pagi atau pergi ke gym. Salah satu hal yang memaksa tubuh untuk bergerak adalah dengan berjalan kaki. Meskipun hanya sebentar, tetapi lebih baik sebentar dibandingkan tidak sama sekali, bukan? Selain berjalan, kita juga bisa memilih untuk naik tangga dibandingkan dengan lift yang ada di kantor agar tubuh menjadi lebih bugar.

6. Meluangkan sedikit waktu untuk mengelola nafas

Sebelum melakukan kegiatan, setelah melakukan renungan pagi, kita bisa mengambil waktu sebentar hanya untuk fokus bernafas. Cara ini dapat membantu kita untuk mendapatkan energi yang cukup untuk memulai hari, menurunkan stres yang dapat membantu kita memperoleh tidur yang lebih nyaman pada malam harinya, dan menurunkan resiko menurunan sistem imun dalam tubuh.

7.  Bertemu dengan teman-teman

Peneliti banyak yang sepakat kalau selain gaya hidup, hubungan sosial yang baik dapat membuat seseorang dapat hidup lebih lama. "Mereka yang memiliki hubungan dekat dan baik dengan keluarga dan teman cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang merasa dirinya terisolasi dan sendirian," ungkap Dr. Michael Craig Miller, dilansir dari Huffingtonpost.

Kesehatan bisa kita peroleh dari kebiasaan-kebiasaan yang sederhana, kok. Memilih makanan menjadi lebih sehat dan menghindari kebiasaan buruk seperti tidur malam, malas bergerak dapat membuat kesehatan kita menjadi lebih baik di tahun ini.  

Sumber : huffington/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami