Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
675


Kalau kita sedang dihadapkan pada suatu masalah, meluapkan perasaan melalui kata-kata adalah salah satu hal yang paling sering kita lakukan. Bisa jadi karena ada sebuah masalah di kantor, mood yang lagi down banget, atau lagi kesal pada seorang teman yang rasanya senang banget bikin kita susah.

Mirip seperti sebuah balon, perasaan-perasaan diatas adalah anginnya. Akan ada waktu dimana balon tersebut akan pecah jika terlalu banyak diisi angin. Biasanya, kata-kata yang kita lontarkan tersebut berbentuk keluhan, sungut-sungut, atau perkataan yang sedikit tidak enak didengar.

Pertanyaannya, memang kalau sudah meluapkan perasaan tersebut dengan bentuk keluhan, sungut-sungut atau kata lainnya tersebut lantas bikin kita lega?

1. Berpikir kalau keluhan mengantarkan kita pada solusi

Mengeluh ditambah emosi bikin kita merasa kalau ada sesuatu yang salah dalam kehidupan kita. Rasanya semuanya tidak adil. Keluhan ini sebenarnya bisa menjadi hal yang efektif jika diberikan pada orang dan waktu yang tepat, kok.

Ketika mengeluh, cobalah berpikiran kalau keluhan dapat membawa kita pada sebuah solusi. Hindari untuk mengutarakan keluhan lebih dari satu dalam satu waktu. Hal ini hanya akan membuat lawan bicara menjadi tidak fokus.

2. Sampaikan keluhan dengan tujuan yang jelas

Kita mengeluh karena merasa unek-unek yang ada dalam hati ini harus diutarakan pada seseorang. Misalnya kita mengeluh atas sikap pasangan yang makin hari makin dingin. Ketika kita mengeluhkan hal ini kepada pasangan, coba deh jelaskan kepadanya kalau tujuan kita mengeluh semata-mata agar dirinya mengubah sikap menjadi lebih peduli dengan kita.

3. Membiarkan diri kita dipenuhi oleh rasa emosi

keluhan hadir karena kita merasakan sesuatu hal yang nggak nyaman. Karena nggak nyaman ini juga kita jadi nggak bisa mengendalikan emosi. Terkadang kita melontarkan keluhan ketika perasaan sedang kesal atau kecewa.

Sikap ini akan berdampak buruk pada lawan bicara kita. Emosi juga bisa menular, lho. Bisa jadi lawan bicara jadi ikutan emosi karena tidak memahami apa sebenarnya maksud kita mengeluh. Jadi, kendalikan dirimu sebelum mengutarakan keluhan, ya.

4. Mengeluh karena merasa butuh dukungan

Ibarat perang, kita membutuhkan orang yang ada pada pihak kita untuk menang melawan perasaan ini. Kita seringkali berharap pada komentar-komentar yang bisa mendukung isi hati kita. Padahal, keluhan kan ditujukan untuk mencari solusi, bukan cuma dukungan semata. Memang sih kadang sebuah dukungan dapat membuat kita nyaman, tetapi sekali lagi, apa sih sebenarnya tujuan kita mengeluh?

Salah satu teman pernah berkata kalau ada kekuatan dalam diam. Coba deh kalau kita merasa punya unek-unek atau keluhan untuk dilontarkan, kita diam sejenak. Kemudian, katakan kepada Tuhan, “Tuhan, tolong beri aku hikmat dalam menjalani hal ini.” Tuhan akan menuntun kita dan memberi kita kelegaan dalam menghadapi setiap masalah. Jadi, selalu andalkan Tuhan, ya.

 

Sumber : gogirl/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 2


7231

advertise with us