Ngomongin Mantan Ke Pacar Sih Lumrah Aja, Tapi Perlu Tahu Batasannya Biar Nggak awkward!
Sumber: peta cinta

Single / 13 April 2018

Kalangan Sendiri

Ngomongin Mantan Ke Pacar Sih Lumrah Aja, Tapi Perlu Tahu Batasannya Biar Nggak awkward!

Naomii Simbolon Official Writer
2300

Dari sekian banyak topik ngobrol bareng kekasih hati, mungkin bahas soal mantan adalah hal yang sangat kamu hindari. Wajar sih kalau kamu menganggap mantan si dia sebagai rivalmu. Thats ok, lumrah aja. Tapi gini, yang namanya topik soal mantan pasti akan muncul dalam pembicaraan kalian. Bener nggak?

Cuma sikap dan responnya tergantung pada kalian yang menjalani hubungan. Soalnya disisi lain, mengulas masa lalu tanpa berseteru sejatinya menunjukkan kalau kamu dan dia udah sama-sama dewasa dan terbuka satu sama lain.

 

1. Sadar nggak sadar, kamu dan dia semakin mengenali kepribadian pasangan lebih dalam lagi

Ya, bahas soal mantan pacar nggak melulu harus dibumbui dengan kecemburuan. Justru pas kamu bisa tahu soal masa lalunya, selain kamu dan dia jadi lebih terbuka, kamu pun bisa semakin mengenali pasangan lebih dalam lagi. Sepilu apapun kisahnya, sejatinya kamu berhak tahu dan berilah waktu serta telinga untuk mendengar. Yang penting lagi, kamu harus percaya kalau dia memang benar-benar sudah selesai dengan masa lalunya dan kini sedang fokus pada hubungan kalian.


2. Di lain sisi. kamu dan dia sedang melatih yang namanya keterbukaan

Keterbukaan juga perlu dilatih lho. Topik soal mantan, bukannya dilarang untuk diceritakan, hanya saja butuh keberanian dan sikap dewasa untuk menyampaikannya. Gini, topik soal mantan bisa dibilang ranahnya cukup berat sebagai topik obrolan dengan pasangan. Hanya saja, kalau kamu terbiasa mendiskusikan hal yang sedikit berat dan serius, hal ini akan melatih kamu dan pasangan kamu untuk jadi lebih terbuka. Kedepannya, kamu dan dia pun nggak mudah terpancing emosi kalau sedang didera konflik.


3. Kalau hendak membahas soal mantan, perlu waktu yang tepat

Salah timing atau salah waktu dalam bahas mantan, jelas bisa memicu pertengkaran. Karenanya mungkin kalau kamu penasaran dan memang ingin tahu tentang mantan dari pacarmu, setidaknya lihat dulu mood pasanganmu. Kalau memang mood-nya baik-baik saja, coba deh pancing dengan pertanyaan ringan. Tapi kalau dia sedang suntuk apalagi dirinya pulang kerjam sebaiknya jangan.


4. Tapi yang terpenting, sampaikan rasa syukur tentang keberadaan pacarmu yang sekarang

Gini, yang namanya menyampaikan rasa syukur soal keberadaan pasanganmu yang sekarang, tentu akan bikin dia merasa bahagia dan jauh lebih baik dari mantanmu. Mengatakan bahwa kini kamu lebih bahagia pas bersamanya, ini semacam trik agar pas berdiskusi soal mantan, hati pasanganmu tetap sejuk. Tapi tetap utamakan kejujuran ya. Jangan sampai kamu melontarkan syukurmu hanya sebatas ungkapan klise.


5. Di lain sisi, cukup jadikan ini sebagai obrolan sekali waktu saja

Menghindari cerita secara mendetail soal mantan, jauh lebih baik agar nggak memicu pertengkaran. Cukup ceritakan poin-ponnya saja. Misalnya, cerita gimana kalian putus dulu, penyebab putus, tapi ceritakan secara singkat saja ya. Nggak usah diceritakan secara detail karena ini hanya akan bikin kamu awkward. Dan kamu juga perlu menjaga privasi pacarmu!

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami