Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
420


Lingkungan pertemanan kita akan berpengaruh pada segala aspek kehidupan, termasuk kebiasaan finansial kita. Tentu saja kita tidak ingin dikelilingi orang-orang yang berpengaruh buruk bagi kondisi kantong. Kalau memiliki kondisi keuangan yang lebih baik ada dalam list resolusimu tahun ini, ada baiknya kita mulai waspada terhadap 4 tipe teman dibawah ini.

1. Teman yang senang mengambil risiko

Orang yang masuk dalam golongan ini akan mengambil banyak risiko dalam keputusan keuangan. Bukan berarti mereka ceroboh, hanya saja mereka menyukai sesuatu yang beresiko tinggi. Kadang mereka menang, tetapi kadang juga kalah. Jika tidak berhati-hati, maka kita akan dibawanya pada sebuah kondisi dimana kita belum siap untuk menghadapinya.

Biasanya, mereka akan cenderung impulsif. Ketika kita melihat mereka mendapatkan untung atas keputusannya, kita jadi ingin mengikuti jejaknya. Teman jenis ini akan mendorong kita untuk membuat keputusan besar tanpa mempertimbangkan risiko dengan benar.

Untuk menangani teman jenis ini, ada baiknya kita tidak mudah terbujuk oleh ajakan-ajakannya pada sebuah peluang yang beresiko. Mereka bisa dijadikan seorang partner bisnis yang baik jika didampingi dengan baik.

2.  Teman yang 'hedon'

Tipe teman ini akan menghabiskan setiap uang yang dimilikinya. Mereka akan memilih penerbangan dengan kelas bisnis, makan di restoran mewah, menggunakan pakaian atau benda-benda mahal. Pokoknya, menghabiskan waktu dengan mereka juga akan menghabiskan uang kita dalam jumlah yang tidak sedikit.

Perilaku ini tidak selalu buruk, kok. Mungkin saja mereka bersikap demikian karena memang mampu untuk men-support gaya hidup yang demikian; sementara kita tidak. Satu menit dengan mereka sangat tidak aman untuk kondisi kantong kita.

Pada saat tertentu, mereka memang akan memberikan kita kesenangan. Sesekali boleh saja kok bergaul dengan mereka. Tetapi ketika mereka mulai mengajak kita pada kegiatan yang mengeluarkan uang banyak, kita harus berani berkata tidak untuknya.

3. Teman yang berpikir kalau uang bisa didapat dengan cara instan

Teman jenis ini terus menerus membuat pilihan keuangan yang buruk; prospek sana-sini tentang MLM, memberikan pinjaman pada orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan jatuh dalam banyak penipuan. Menurut mereka, mendapatkan uang tidak perlu waktu yang lama. Mereka akan memprospek kita dengan sebuah bisnis tertentu yang sebenarnya adalah metode pencucian uang.

Atasi teman jenis ini dengan selalu berkata tidak kepadanya. Mungkin kita akan diberikan rentetan list mengenai skema investasi yang menarik. Tapi kalau kita sudah melihat ada yang janggal, misalnya keuntungan yang besar dalam waktu singkat tanpa ada latar belakang yang jelas, rasanya tidak perlu berpikir panjang untuk mengatakan tidak pada mereka.

4.  Si pelit

Mereka tidak akan menghabiskan uang untuk apapun dan siapapun. Bahkan tidak untuk hadiah, acara, jalan-jalan bersama teman, bahkan berinvestasi pada sebuah kesempatan yang menguntungkan. Jika kita tidak berhati-hati, teman jenis ini berbahaya bagi kondisi dompet kita. Keinginan mereka untuk menyimpan uangnya bagi diri sendiri dapat memaksa kita untuk mengeluarkan uang lebih untuknya.

Memiliki teman dengan jenis ini berarti kita harus bisa bersikap lebih sabar. Motivasi mereka untuk bersikap hati-hati pada keuangan tidak berarti harus berlaku pelit. Dorong mereka untuk membelanjakan uang pada hal-hal penting dengan cara yang paling nyaman untuk mereka.

Membangun sebuah pertemanan yang sehat memang tidak mudah. Membutuhkan perjuangan, dedikasi dan komitmen dari dalam diri kita. Kita harus bisa menjadi pribadi yang lebih bijak agar tidak terjerumus dalam kerugian yang membuat kondisi finansial kita berantakan.

Sumber : wisebread/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

agnesia paranduk 20 July 2018 - 20:10:21

apa yang harus saya lakukan saat saya ditipu oleh .. more..

0 Answer

for_Godwhohelpme 20 July 2018 - 12:07:50

Hutang

0 Answer

Melvin Jkh 20 July 2018 - 09:20:44

shalom, apakah boleh tanya? bagaimana cara kita bi.. more..

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us