Sering Dianggap Merugikan, Padahal 3 Kebiasaan Ini Menandakan Kalau Kita Cerdas!
Sumber: http://st1.photogallery.ind.sh/wp-conten

Health / 12 April 2018

Kalangan Sendiri

Sering Dianggap Merugikan, Padahal 3 Kebiasaan Ini Menandakan Kalau Kita Cerdas!

Inta Official Writer
2479

Setiap kita pasti punya sesuatu dalam diri yang sepertinya hal tersebut justru merugikan bahkan nampak menyebalkan bagi orang lain. Sebelum kita menyalahkan diri karena hal yang merugikan tersebut, coba deh liat lagi 3 kebiasaan dibawah ini yang kalau menurut expert justru menandakan bahwa kita adalah pribadi yang cerdas.

1.  Kidal


Pada tahun 2003, seorang penulis sekaligus psikolog Maria Konnikova pernah melakukan sebuah penelitian yang mengemukakan kalau orang yang dominan menggunakan tangan kirinya jauh lebih cerdas dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tangan kanannya sebagai dominan.

Orang-orang ternama seperti Mozart, Bill Gates, bahkan Obama menggunakan tangan kirinya sebagai dominan. Dilansir dari Journal of Clinical Experimental Neuropsychology, orang kidal rata-rata menunjukkan otak kanan yang lebih berkembang, khususnya dalam memproses penalaran spasial dan kemampuan memutar representasi mental dari objek.

Orang kidal biasanya dipaksa oleh mereka yang tidak kidal untuk ikut menggunakan tangan kanannya. Hal ini karena beberapa orang masih menganggap kalau tangan kanan jauh lebih sopan dibandingkan dengan tangan kiri. Karena paksaan itu juga, perkembangan otak orang kidal cenderung lebih baik. Inilah alasan mengapa mereka unggul dalam beberapa profesi dan kesenian seperti musisi, arsitek, maupun catur.

Berdasarkan penelitian diatas, ada baiknya kita juga mulai melatih dan membiasakan untuk menggunakan tangan kiri agar kita bisa menjadi lebih cerdas dan kreatif.

2.  Sering mencemaskan hal-hal kecil


Orang-orang mungkin akan menganggap kita sebagai orang yang mudah gelisah dan sering cemas terhadap sesuatu. Pada tahun 2015, sebuah studi melakukan riset pada 126 siswa di sekolah dasar untuk mengisi sebuah kuesioner mengenai seberapa sering mereka mencemaskan sesuatu hal yang kecil.

Hasilnya? Mereka yang sering cemas terhadap hal kecil memiliki jumlah skor IQ yang lebih besar. Hal ini beralasan dan masuk akal, kok. Karena biasanya, orang yang mencemaskan hal-hal kecil akan meluangkan waktu untuk lebih serius terhadap apa yang mereka kerjakan.

Baca juga: Tanpa Disangka, Kondisi Lidah Bisa Menunjukkan Kalau Kita Mengidap 6 Penyakit Ini, Lho

3. Memiliki selera humor yang baik


Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas New Mexico tahun 2010 pada 400 pelajar mengenai kemampuan penalaran dan kecerdasan verbal. Setelah tesnya, pelajar-pelajar tersebut diminta untuk mengomentari sebuah gambar kartun yang kemudian akan dievaluasi dan diberi skor oleh orang-orang normal yang disebut sebagai 'juri'.

Peneliti menemukan bahwa 86% dari mereka yang memiliki nilai tinggi pada tes memberi komentar yang lebih lucu pada gambar yang telah diberikan. Hal ini kemudian menarik pada peneliti. Sehingga kemudian mereka mengumpulkan para komedian dan mendapati kalau komedian biasanya memiliki kecerdasan diatas rata-rata.

Dari penelitian diatas, selera humor dapat mempengaruhi kecerdasan karena humor memaksa otak untuk berpikir dan menjaganya berada pada fungsi yang lebih baik.

Menjaga kesehatan tidak hanya berlaku untuk tubuh dengan berolahraga. Kita juga harus menyadari kalau kecerdasan otak juga bisa dilatih dengan baik. Jadi, pastikan untuk selalu memperbaharui kecerdasan kita dengan sikap yang kritis dan selalu ingin belajar, ya. Dari tiga kebiasaan di atas, mana nih yang paling kamu banget? J

 

Sumber : buzzfeed
Halaman :
1

Ikuti Kami