Nggak Banyak Yang Tahu, Inilah Alasan Kenapa Orang Lebih Memilih Berteman di Dunia Maya
Sumber: PA

Single / 10 April 2018

Kalangan Sendiri

Nggak Banyak Yang Tahu, Inilah Alasan Kenapa Orang Lebih Memilih Berteman di Dunia Maya

Inta Official Writer
4330

Berada ditengah-tengah teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini mempengaruhi gaya hidup kita dari berbagai aspek. Salah satunya adalah mengenai bagaimana kita menjalin sebuah hubungan dengan seseorang.

Dari kemudahan informasi lewat teknologi, cara kita berkomunikasi dengan orang lain kini tidak lagi menuntut harus bertatap muka. Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah mungkin sebuah hubungan pertemanan dijalin tanpa pernah bertatap muka? Jawabannya, mungkin.

Setidaknya, dari beberapa orang yang ditanyai mengenai hal ini, mereka justru mengaku kalau belum pernah bertemu tidak menghambat hubungan pertemanan mereka. Bagi mereka, komunikasi yang baik adalah kuncinya.

Alasan mengapa menjalin sebuah hubungan pertemanan melalui dunia maya

1. Banyak menghabiskan waktu dalam dunia maya

Bagi kita yang banyak menghabiskan waktu di dunia maya, menjalin pertemanan bukanlah hal yang mustahil untuk di lakukan. Kalau kita teliti lagi, sekarang ini orang tidak akan sungkan menceritakan setiap masalah yang mereka alami ke jejaring sosial.

Teman saya adalah seorang blogger. Dia menghabiskan banyak waktu dengan berselancar di Internet. Otomatis, teman di dunia mayanya bisa terhitung ribuan, jika dilirik dari jumlah followers yang ada pada akun instagramnya.  Dirinya mengaku lebih nyaman untuk menuangkan isi hatinya pada orang-orang di dunia maya dibandingkan dengan dunia nyata.

2. Percaya kalau pertemanan sejati sulit untuk didapat

Menjalin hubungan dengan seseorang atau beberapa orang di dunia maya nampaknya jauh lebih baik dibandingkan dengan ceplas ceplos di update-an status facebook. Semakin dewasa, kita semakin menyadari kalau sosok teman yang baik sangatlah sulit untuk di dapatkan.

Kalau kenyataannya dunia maya memungkinkan kita untuk menjalin hubungan yang baik, kenapa tidak? Salah seorang teman saya yang lain mengatakan kalau satu-satunya hambatan yang ia alami selama menjalin sebuah pertemanan dunia maya hanyalah percakapan yang kurang intens.

3. Orang ‘jauh’ akan memberi pendapat secara objektif

Ketika bertatap muka langsung, mungkin orang akan menunjukkan sikap yang tidak sebenarnya. Jarak dan kenyataan kalau belum pernah bertemu menimbulkan sebuah asumsi kalau cerita kepada orang tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Menurut Naomi, teman saya, berteman dengan seseorang yang belum pernah kita temui berarti dirinya tidak tahu apa pekerjaan kita, latar belakang, bahkan alasan mengapa kita bercerita. Tentu saja hal ini membuat mereka akan melontarkan pendapat yang bersifat objektif.

Hal yang perlu kita perhatikan saat menjalin pertemanan di dunia maya

Batas antara dunia maya dan dunia nyata sekarang ini rasanya makin tipis. Dunia maya kini banyak digunakan untuk mengeratkan hubungan satu sama lain di dunia nyata, mencari teman baru bahkan mencari pasangan.

Jika ingin menjalin sebuah pertemanan di dunia maya, ada baiknya kita memperhatikan 3 hal di bawah ini;

1. Tidak berharap lebih. Dengan begitu, kita tidak akan merasa kecewa jika teman kita di dunia maya tersebut tidak memberi dukungan.

2. Motif pertemanan. Ada baiknya kita tidak memberikan informasi-informasi yang bersifat sangat pribadi seperti alamat rumah atau nomor rekening. Kita tidak pernah tahu maksud dari orang tersebut berteman dengan kita. Selama hubungan yang terjalin tidak merugikan kita atau orang lain, tentu saja hubungan pertemanan ini bisa terus dilakukan.

3. Jangan lupakan teman di dunia nyata. Ada banyak orang yang terjebak di dunia maya. Mereka berpikir kalau tidak akan ada orang yang mengerti dan peduli terhadap mereka selain orang-orang yang mereka temukan di dunia maya.

Meskipun berteman dengan mereka menyenangkan, kita harus menyadari kalau ada teman-teman di sekeliling kita yang juga memperhatikan dan mengerti kita. Jangan sampai kita kehilangan mereka hanya karena terlalu asyik dengan sosok teman di dunia maya.

Sumber : jawaban.com/merdeka
Halaman :
1

Ikuti Kami