Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
554


Kalau ngomongin Jogja, rasanya satu artikel nggak akan pernah cukup. Mulai dari wisata alam, pendidikan, bahkan kulinernya selalu nagih dan bikin kita pengin berkunjung kesana lagi. Apa sih yang nggak boleh ketinggalan saat melancong? Tentu saja kulinerannya. Kali ini, Jawaban bakalan ngajak kita kuliner jajanan yang Jogja banget. Kira-kira, mana ya yang jadi favoritmu?

1.  Cilok Gajahan


Lokasinya ada di Alkid alias Alun-alun Kidul. Mungkin kita sangat terbiasa dengan jajanan yang sekarang udah bisa ditemukan dimana-mana ini. Nama gajahan disini tidak berarti ciloknya sebesar gajah lho ya. Nama gajahan ini diambil karena dulu cilok ini sempat dijajakan di jalan Gajahan.

Salah satu yang membedakan adalah sambal yang super pedas sekaligus isi cilok yang 100% daging sapi asli. Selain paduan rasa cilok dan sambal yang cocok, lokasi Cilok Gajahan yang terletak di Alun-alun Kidul bikin sore di Jogja bikin makin lengkap.

Saking enaknya, cilok Gajahan sampai diliput oleh banyak media. Bahkan, penjualnya mengaku ada yang bersedia mengantri dan datang jauh-jauh dari Papua sana hanya untuk mencicipi kenikmatan cilok Gajahan ini.

Sayangnya, kita harus mengantri dengan nomor untuk bisa menikmati cilok yang dibanderol dengan harga 5000 rupiah per porsi ini. Sambil menunggu, kita bisa menghabiskan waktu untuk main di sekitaran pohon kembar atau melihat anak-anak yang main layangan di sekitaran Alkid.

Cilok gajahan biasanya mulai dijajakan sejak pukul setengah empat sampai jam 6 sore. Sayangnya, nomor antrian biasanya langsung ludes pada satu jam pertama. So, pastikan datangnya tidak kesorean, ya.

Baca juga: Menikmati Sisi Lain Tempat Wisata di Yogyakarta Dengan Mampir ke Affandi Museum Yang Artistik

2.  Rujak Es Krim


Konon, Jogja memang dijadikan pelopor kuliner baru di Nusantara, entah benar atau tidak, yang jelas Rujak es krim satu ini adalah salah satu kuliner temuan asli Jogja. Berlokasi tidak jauh dari Malioboro, kita bisa mampir kesini setelah menghabiskan waktu untuk belanja di Malioboro.

Kombinasi dari nanas, mangga, kedondong, jambu air akan diserasikan dengan campuran sambal gula merah dan kacang yang bikin lidah nggak mau berhenti nyicip. Ditambah lagi ada es krim tradisional yang lembut sebagai pelengkap. Bagi penyuka pedas, kita bisa minta sambal pedas untuk ditambahkan pada satu porsi rujak es krim kita.

Untuk menikmati rujak ini, kita cuma perlu merogoh kantong sebesar 5000 rupiah. Kalau dari lidah penulis sih merekomendasikan untuk mencicip Rujak Es Krim milik gerobak Pak Nardi. Katanya, Pak Nardi ini adalah pelopor rujak es krim di Jogja, lho. Jam buka Rujak Es Krim Pak Nardi adalah sekitar pukul 9 pagi hingga pukul 3.

Baca juga: 6 Lokasi Wisata Populer Yogyakarta Tempat Syuting Film AADC 2

3. Cakwe Kranggan


Kalau dua jajanan diatas dapat melengkapi sore kita di Jogja, maka Cakwe Kranggan ada untuk menemani paginya. Berlokasi di Jl. Asem Gede, tepat di depan Agatha Pothography, Cakwe Kranggan buka sejak pukul setengah 6 hingga setengah 9. Kalau akhir pekan, biasanya gerobak milik Pak Rizky ini akan tutup lebih cepat.

Untuk satu buah Cakwe, kita hanya perlu mengeluarkan uang 2000 rupiah. Perpaduan rasa cakwe yang baru saja digoreng dengan sambalnya sangat nikmat untuk kita nikmati pada pagi hari. Katanya, Pak Rizky bisa menghabiskan sekitar 600 pcs cakwe dalam waktu kurang dari 3 jam, lho. Dari sini aja penulis tidak perlu menjelaskan kenikmatannya, ya. Cukuplah nomor antrian yang panjang ini yang menjelaskan. Hehe..

Wah, kamu sudah mencicipi 3 jajanan tadi belum? Kalau sudah, mana nih jajanan yang bikin kamu kangen Jogja? 

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Farida Aruan 18 September 2018 - 15:39:07

penjangkauan

0 Answer

nestorius tampubolon 17 September 2018 - 20:12:47

Nama nama menantu nabi nuh?

0 Answer

ilham krisna 17 September 2018 - 11:16:47

apa perintah yg digunakan untuk mengkonfigurasi ip.. more..

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7196

advertise with us