Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
667


Adalah kondisi yang normal kalau warna rambut kita perlahan-lahan berubah putih (ubanan) saat usia sudah tak lagi muda. Tapi kasusnya akan berbeda kalau rambut berubah ubanan saat usia masih muda. Bahkan anak remaja pun bisa mengalami hal ini. Kog bisa ya?

Saat mengalami situasi ini, kamu pasti akan bertanya-tanya kenapa rambut-rambut putih itu muncul malah saat usia masih muda. Kalau sudah begitu, sebagian diantaranya bakal kehilangan rasa percaya diri untuk tampil di depan banyak orang.

Nah, daripada bingung sendiri. Munculnya rambut abu-abu di sekitar rambut hitam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

- Genetika

Seseorang yang ubanan di usia muda bisa jadi karena faktor genetika. Kalau memang ubanan dari warisan orang tua, nggak heran kalau sebelum berusia 20 tahun pun seseorang bisa ubanan.

- Kurang pigmen

Sebagian besar kasus ubanan terjadi karena kekurangan pigmen rambut yang disebut melanin. Melanin lah yang memberikan warna pada rambut, entah itu hitam, merah, pirang, cokelat atau warna dasar rambut. Produksi melanin tergantung pada jumlah suplemen nutrisi dan proteinke rambut. Saat rambut kekurangan nutrisi, saat itulah jumlah melanin menipis sehingga tak mampu menutupi rambut dengan sempurna.

- Hormon

Hormon juga bisa jadi salah satu faktor munculnya uban. Karena cara kerja hormon sangat berkaitan dengan produksi pigmentasi rambut. Itu sebabnya, saat ada gangguan pada kondisi hormon otomatis pigmentasi rambut juga terganggu.

- Riwayat penyakit

Riwayat penyakit tertentu bisa jadi faktor utama hilangnya pigmen pada rambut. Salah satunya penyakit kekurangan vitamin B12 atau gangguan pada klenjar tiroid dan pituitary.

- Stress

Stress yang disebabkan oleh kesibukan kerja bukan hanya membuat seseorang lebih cepat tua. Hal ini bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti suka meminum minuman keras, mengkonsumsi makanan cepat saji yang berlebihan.

- Penggunaan bahan kimia

Penggunaan shampoo, sabun, atau pewarna rambut yang mengandung zat kimia bisa jadi faktor penyebab rambut ubanan. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan kandungan zat kimia di dalamnya menyebabkan efek samping tertentu, salah satunya menghambat produksi pigmen rambut.

- Lingkungan dan suhu

Perubahan warna rambut ternyata bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor luar seperti kondisi lingkungan, suhu, polusi dan paparan bahan kimia tertentu. Semakin lama seseorang tinggal di sekitar lingkungan yang tak mendukung maka semakin cepat proses penuaan yang terjadi.

Baca Juga : Stres Bikin Cepat Ubanan, Fakta atau Mitos?

Kemunculan rambut-rambut abu atau putih ini pasti sangat merusak penampilan. Jadi, pilihan yang paling tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan beberapa hal ini.

1. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Pola makan seseorang sangat menentukan kesehatannya, termasuk kesehatan rambut. Karena itu konsumsilah makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti:

  • Buah dan sayuran segar
  • Teh hijau
  • Minyak zaitun
  • Ikan

2. Berhenti merokok

Merokok bisa menyebabkan efek buruk pada tubuh, salah satunya menyebabkan rambut ubanan. Para bahkan sudah memastikan kaitan kedua hal ini. Karena itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan merokok.

3. Pakailah obat-obatan alami untuk menutupi uban

Ada banyak pewarna rambut di pasar yang memang bisa diterapkan untuk menutupi uban. Tapi tak sedikit diantaranya mengandung banyak zat kimia yang malah berdampak buruk terhadap penuaan dini. Jadi supaya tak menyebabkan dampak yang lebih buruk, mendingan menerapkan bahan-bahan alami ini ke rambut.

  • Oleskan dengan daun Kari / Salam Koja. Daun kari bisa jadi pilihan terbaik untuk mengatasi uban di kepala. Caranya mudah, kamu hanya perlu merebus daun kari sampai warnanya berubah. Lalu ambil daun dari dalam rebusan dan tuangkan secangkir susu mentega di atasnya. Campur lalu aplikasikan ke kulit kepala dan rambutmu. Pijatlah kulit kepala perlahan beberapa menit dan diamkan selama 30 menit.
  • Yogurt dan teh hitam. Pertama-tama seduhlah teh hitam tanpa gula. Lalu tuangkan satu sendok teh garam ke dalamnya. Biarkan teh sampai dingin setelah itu cucilah rambut dengan air teh hitam ini. Selain itu, konsumsilah yogurt secara teratur setiap hari untuk membantu produksi nutrisi ke rambut.
  • Oleskan dengan bawang. Mungkin hal ini terdengar aneh dan asing. Tapi banyak juga orang yang rupanya menerapkan cara ini untuk mencegah uban di rambut. Caranya pun cukup mudah, hanya perlu menghaluskan bawang dan mengoleskannya sekulit kepala. Selain itu bawang yang sudah dihaluskan ini bisa juga disimpan ke dalam kulkas lebih dulu selama 2-3 hari sebelum mengaplikasikannya ke kepala.
  • Jahe dan tepung terigu. Ambillah 2 sendok makan tepung terigu, lalu tuangkan secangkir susu. Aduklah secara merata sampai susu menyatu dengan tepung terigu. Lalu aplikasikan bahan tersebut ke seluruh helai rambut. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa ramuan alami seperti jahe. Minuman jahe dipercaya bisa mencegah rambut ubanan loh!

Sudah siap mau menerapkan cara-cara di atas untuk menghindari rambut ubanan? Jangan sampai loh kamu kehilangan rasa percaya diri hanya karena nggak tahu cara menghilangkan uban-uban di rambutmu.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

agnesia paranduk 20 July 2018 - 20:10:21

apa yang harus saya lakukan saat saya ditipu oleh .. more..

0 Answer

for_Godwhohelpme 20 July 2018 - 12:07:50

Hutang

0 Answer

Melvin Jkh 20 July 2018 - 09:20:44

shalom, apakah boleh tanya? bagaimana cara kita bi.. more..

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us