Keren! Warga Temanggung Ajarkan Anak Toleransi Sedini Mungkin Dengan Cara Ini!
Sumber: Temanggung Ajarkan Anak Toleransi Sedini

Nasional / 9 April 2018

Kalangan Sendiri

Keren! Warga Temanggung Ajarkan Anak Toleransi Sedini Mungkin Dengan Cara Ini!

Inta Official Writer
3253

Warga Temanggung menyadari kalau mengajarkan toleransi, perdamaian dan keberagaman harus dimulai sejak usia dini. Jaringan Narasi Damai Nusantara bekerjasama dengan Laskar Bersenyum Temanggung menggelar sebuah program yang bertujuan untuk mengenalkan toleransi dan keberagaman dengan cara-cara yang menyenangkan.

Program yang disebut dengan Peace Trip atau jalan-jalan damai ini diikuti oleh anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Dalam program ini, anak-anak akan diajak berkeliling untuk mengunjungi tempat-tempat ibadah yang berbeda-beda.

Menurut salah satu panitia, program ini diharapkan dapat mengajarkan kalau tidak ada agama yang mengajarkan permusuhan, meski memiliki perbedaan, tetapi secara keseluruhan kita harus menerapkan kebaikan.

Peace trip yang dilangsungkan pada hari Sabtu, 7 April 2018 kemarin ini dihadiri oleh 50 orang peserta dari beberapa sekolah dasar di Temanggung. Kendati mereka berasal dari latar belakang dan agama yang berbeda, disini anak-anak diajarkan mengenai makna toleransi.

Baca juga: Wow! Gereja Ini Gunakan Kasidah Sebagai Bentuk Toleransi

Pada Sabtu pagi, anak-anak mulai mengunjungi Klenteng Cahaya Sakti sebagai tujuan yang pertama. Kemudian dilanjutkan mengunjungi Gereja Kristen Indonesia (GKI) Temanggung. Disini, Pendeta Darmanto Lemanuel menjelaskan beberapa ajaran dasar Kristen, termasuk perayaan dan hari-hari besarnya.

Dilanjutkan dengan berkunjung ke Vihara Surya Putra, beberapa peserta yang beragama Buddha sempat melakukan doa bersama. Setelahnya, peserta diajak untuk mengunjungi Masjid Menggoro dan terakhir mereka berkunjung ke Gereja Katholik Santo Paulus.

Romo Ibnu Fajar Muhammad sangat antusias menyambut anak-anak. Romo menjelaskan pesan perdamaian yang dibawa oleh Katholik. Ditutup oleh permainan Damai Negeri Kompak yang dilakukan di komplek gereja. Kiranya kegiatan ini dapat berkesan sekaligus mengajarkan anak-anak mengenai pentingnya toleransi.

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami