Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
409


Siapa sih yang tidak pernah melakukan kesalahan? Baik itu masalah yang besar atau kecil, hal yang langsung terbesit dipikiran kita adalah, 'Apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya?'

Kesalahan di kantor seharusnya bisa diperbaiki. Misalnya dengan bekerja lebih keras untuk memperbaikinya. Setelahnya, kita akan bekerja seperti biasa. Memang tidak mudah untuk mengatur mood dan kepercayaan diri sendiri saat sudah mengalami kesalahan.

Ketika menghadapi kesalahan, yuk atasi dengan 5 hal di bawah ini.

1.  Menerima kesalahan


Sebagai profesional, tidak seharusnya kita menyalahkan pihak lain atas kesalahan yang kita lakukan. Kita juga tidak bisa lari dari masalah dan menyembunyikannya dengan harapan kalau masalah ini tidak akan diketahui oleh siapa pun. Seperti layaknya sampah, semakin lama disimpan akan menimbulkan bau busuk dan menyebabkan kita sulit untuk menghilangkan sampah dan bau tersebut.

2.  Memohon maaf


Setelah menyadari kesalahan yang telah kita buat, selanjutnya adalah dengan meminta maaf pada orang yang bersangkutan. Tentu saja orang yang dituju tersebut sangat tergantung dari jenis pekerjaan kita. Supervisor mungkin adalah salah satu orang yang harus kita tuju untuk meminta maaf atas kesalahan yang telah kita perbuat. Ucapkanlah permohonan maaf dengan tulus tanpa menyalahkan orang lain.

3.  Tidak mencari-cari alasan


Biasanya, kesalahan berawal dari ketidaktelitian atau ketidaktahuan kita. Ketika kita sudah mengakui kesalahan dan memohon maaf, jangan iringi permohonan maaf dengan alasan yang merujuk pada pembelaan diri. Alasan yang bisa diterima diantaranya saat kehilangan anggota keluarga, sakit, atau sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan pelayanan. Selebihnya, kita bisa menyimpan alasan lain untuk diri kita sendiri.

4. Lakukan apa pun untuk memperbaiki kesalahan


Sadar akan kesalahan, meminta maaf dan tidak menggunakan alasan untuk membela diri telah kita lakukan. Kini, kita harus mengatasi kekacauan yang telah dilakukan. Saat kita merasa kalau kesalahan tersebut hanya bisa diperbaiki dengan bantuan dari orang lain, jangan sungkan atau takut untuk bertanya dan meminta bantuan pada orang tersebut.

Baca juga: Nggak Banyak Yang Tahu, Padahal Hasil Dari 4 Investasi Ini Sepadan Dengan Peluangnya, Lho!

5. Bekerja lebih giat untuk memastikan kalau kesalahan tersebut tidak lagi terulang


Saat kita sudah berhasil memperbaiki kesalahan yang telah dibuat, selanjutnya kita harus mengidentifikasi kenapa hal ini terjadi dan memastikan kalau tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Setiap kesalahan pasti ada sebabnya. Tugas kita adalah mengetahui sebab tersebut, kemudian pahami dan jadikan hal ini sebagai pembelajaran agar tidak lagi mengulang kesalahan yang sama. Kemudian, pastikan orang yang bersangkutan dengan kesalahan kita tersebut mengetahui keinginan kita untuk tidak melakukan hal yang sama dengan menunjukkan sikap yang lebih rajin.

Sekarang, semua masalah telah terselesaikan dan kembali seperti semula. Sayangnya, beberapa kesalahan dapat memberikan pengaruh yang buruk pada diri kita. Satu hal yang harus diingat adalah kita melakukan kesalahan tersebut tanpa disengaja.

Jangan biarkan satu kesalahan kecil menjadi batu sandungan untuk kita. Perbaiki setiap kesalahan yang telah kita perbuat dan belajar dari kesalahan tersebut agar kita tidak melakukan hal yang sama dikemudian hari.

Sumber : wisebread/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us