Suka Nahan Pipis? Jangan Dibiasakan Kalau Nggak Pengen Alami 5 Komplikasi Ini
Sumber: Merdeka.com

Health / 6 April 2018

Kalangan Sendiri

Suka Nahan Pipis? Jangan Dibiasakan Kalau Nggak Pengen Alami 5 Komplikasi Ini

Lori Official Writer
2800

Bagi orang yang kerja kantoran atau suka duduk dalam waktu lama pasti suka sekali menahan pipis. Bisa karena alasan malas, toilet terlalu jauh atau bahkan terlalu asyik nonton. Tapi tahukah kamu kalau menahan air pipis bisa menyebabkan kandung kemih bermasalah loh.

Membiasakan diri menahan pipis bahkan bisa menimbulkan bahaya kesehatan. Mari melihat apa sih bahaya dari kebiasaan ini?

Pada orang dewasa yang punya kondisi kesehatan yang baik, sesekali menahan air pipis mungkin nggak terlalu menimbulkan masalah. Tapi tetap bisa menimbulkan beberapa efek samping yang buruk.

Saat kandung kenih sudah terisi cairan hampir setengahnya, secara otomatis otak akan menerima sinyal supaya kita segera buang air kecil. Otak akan menciptakan dorongan supaya kita buang air kecil sembari memberitahu kandung kemih supaya tetap bertahan. Tapi ketika kita harus menunda untuk segera buang air kecil, lambat laun kita bisa mengalami 5 efek buruk ini:

1. Rasa nyeri

Mereka yang biasa mengabaikan dorongan pipis bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian kandung kemih ataupun di ginjal serta kram perut. Selain itu, seseorang bisa mengalami rasa sakit saat buang pipis.

2. Infeksi saluran kemih

Menahan kencing terlalu lama bisa menyebabkan bakteri berkembang biak. Akibatnya terjadi infeksi di saluran kemih (ISK).

Adapun beberapa gejala ISK diantaranya:

  • Perasaan terbakar atau perih saat buang air kecil
  • Nyeri di panggul atau perut bagian bawah
  • Keinginan untuk terue menerus buang air kecil
  • Urin berbau busuk
  • Urin berwarna bening dan bisa juga berwarna 
  • Air kencing disertai darah

3. Peregangan kandung kemih

Sering menahan air kencing dalam waktu lama bisa smenyebabkan kandung kemih meregang. Hal ini bisa menyebabkan penderita kesakitan saat hendak buang air kecil.

Baca Juga : 

Fakta dan Bahaya Buang Air Kencing di Kolam Renang

Minum Air 3 Liter Tiap Hari, Ibu Hamil Keluarkan Kencing Darah

4. Otot dasar panggul rusak

Otot yang disebut dengan sfingter uretra yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran air seni bisa rusak karena menahan pipis. Saat otot ini rusak, seseorang bisa mengalami inkontinensia urin yang membuat seseorang tidak bisa mengontrol buang air kecil.

5. Batu ginjal

Komplikasi yang paling banyak terjadi akibat menahan air pipis adalah terbentuknya batu ginjal. Saat batu-batu ini dibiarkan semakin lama maka ukurannya akan semakin besar dan menyebabkan penyumbatan. Akibatnya, seseorang bisa mengalami kencing berdarah atau rasa sakit saat buang air kecil.

Lakukan kebiasaan ini untuk mengontrol buang air kecil

Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk membantu seseorang terhindar dari komplikasi-komplikasi di atas:

  • Pastikan selalu berada di ruangan bersuhu normal atau hangat. Karena suhu dingin hanya akan memicu seseorang terus menerus buang air
  • Dengarkan musik atau tonton televisi untuk mengalihkan perhatian dari sinyal buang air kecil
  • Aktifkan otak dengan permainan, teka-teki atau sesuatu yang mengundang seseorang berpikir
  • Duduklah atau berjalan-jalan
  • Baca artikel, buku atau koran

Kesibukan-kesibukan di atas bisa mengalihkan otak dari pikiran untuk buang air kecil. 

Sumber : Medicalnewstoday.com
Halaman :
1

Ikuti Kami