Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

daniel.tanamal

Official Writer
290


Keterpanggilannya untuk melayani Papua terutama dibidang misi pendidikan untuk kesejahteraan penduduk setempat, membuat pengusaha di bidang perhotelan, Dr. Hauw S. Santosa bersama bendera INDONESIA CERDAS (INDOCER) segera merealisasikannya dengan mengirim para guru-guru muda pendidik ke tanah Papua, yang saat ini sudah dirasakan dampak dan berkatnya.

Dr. Hauw yang kini menjabat sebagai Sekretaris Umum Yayasan Transformasi INDONESIA CERDAS (INDOCER) ingin agar seluruh pihak ikut berkontribusi membangun Papua dalam misi pendidikan ini. “Kami tentu sangat menginginkan agar teman-teman dan seluruh hamba-hamba Tuhan lain dapat terlibat, tentu juga melalui bantuan dan dukungan rekan-rekan pers disini,” ujarnya saat bertemu dengan awak pers di tempat pelatihan Guru Petra, di Sentul, Jawa Barat, Kamis (5/4/2018).

Bersama dengan Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si dan Kadis Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, ST., MT., siang itu, Dr. Hauw sedikit bersaksi mengenai kerinduannya terus melayani agar tanah Papua, juga semangatnya kepada para tenaga guru-guru pendidik yang banyak melakukan pelayanan dan pengorbanan di Papua. Misi ini jugalah yang ditangkap secara khusus oleh Bupati Jayapura yang pada awal menjabat juga telah mempunyai mimpi untuk pendidikan di Papua.

“Kami sangat bersyukur terhadap guru-guru pendidik ini selama ini. Juga kerjasama dengan Indonesia Cerdas yang sudah terjalin dengan baik. Sampai saat ini telah 3 tahun kami bekerja bersama dan terus komunikasi bagaimana ini bisa dikembangkan untuk perubahan yang lebih besar lagi,” kata Mathius Awoitauw.

Kerjasama dan komunikasi itu pula yang membawa Dr. Hauw mengundang secara langsung pihak dari Pemerintah Kabupaten Jayapura, dalam hal ini Mathius Awoitauw untuk melihat langsung pusat pendidikan dan pelatihan guru-guru petra yang akan dikirim.

Dr.  Hauw juga berkesempatan untuk secara langsung menyampaikan capaian kinerja Yayasan Transformasi Indonesia Cerdas terkait kerjasama dengan Pemkab Jayapura soal kontrak pengiriman guru-guru dibawah naungan INDOCER ke Papua khususnya Kabupaten Jayapura, Papua.

Sampai saat ini telah ada 315 guru pendidik dari INDOCER  yang mampu menjawab kebutuhan pendidikan di tanah Papua. Bahkan dari berbagai pendekatan dilakukan agar tidak terjadi adanya kecemburuan sosial antara guru kita dengan guru yang  sudah ada. Mathius secara khusus mengapresiasi segala bantuan dan usaha dari INDOCER yang diceritakannya sangat ditermia baik oleh penduduk Papua.

Indonesia Cerdas dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura sudah sepakat membuat terobosan-terobosan penting. Apalagi Pak Mathius sudah menyatakan bahwa Jayapura itu harus mengalami terobosan mental juga spiritual supaya bisa mandiri dan menjadi berkat bagi seluruh Papua, Papua Barat bahkan seluruh  Indonesia

Ditegaskan pengusaha perhotelan ini, bahwa Indocer tidak hanya terfokus mencetak guru-guru yang berkarakter kuat dari dalam Indocer sendiri, tetapi juga memiliki program untuk melatih guru-guru lokal untuk menjadi guru yang berkarakter kuat seperti apa yang menjadi visi misi Indocer.

“Dan yang luar biasa, kita juga ada program kedua, yaitu program penguatan guru lokal. Namanya Empowering Local Teachers, dimana kita akan mengadakan satu seminar yang sifatnya itu retret, 3 hari 2 malam. Dimana mental mereka akan dirubah dan bukan cuma itu menyatu dengan guru-guru kita. Sehingga dalam pengelolaan pendidikan disana secara integrated dan juga integrity akan luar biasa dengan memanfaatkan guru-guru lokal,” jelas Pak Hauw.

Dikatakan Hauw bahwa selain program penguatan guru-guru lokal (Empowering Local Teachers), Indonesia Cerdas juga memiliki program unggulan lain yang merupakan satu kesatuan tak terpisahkan dengan program Pendidik Transformasi (Petra). Kampung Cerdas juga program andalan jadi tidak hanya bicara ilmu pengetahuan saja tetapi juga spiritual, ekonomi dan sebagainya

Apa yang disampaikan Hauw sampiakan memang diakui oleh Bupati Jayapura soal dampak positif guru-guru Indocer yang ditugaskan di Kab. Jayapura, : Banyak anak-anak Papua sekarang cerdas dan malah keluarga-keluaraga memperebutkan mereka untuk tinggal di rumahnya, terangnya. Hal sama juga disampaikan Kadis pendidikan yang mengakui bahwa pendidikan di Jayapura semakin merata. Kalau dulu ketika diadakan cerdascermat hanya anak-anak yang tinggal di kota, sekarang justru anak-anak yang dipingiran mampu menjadi pemenang.

 

 

Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Heri Sinuhaji 19 April 2018 - 22:18:43

Adam dan hawa

0 Answer

Barda Simatupang 10 April 2018 - 22:15:21

Korban bakaran

1 Answer

Maria Francisca 9 April 2018 - 21:46:27

Syallom, saya ingin share dan semoga berkenan di r.. more..

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week  3


7412

advertise with us