Tanpa Disangka, Kondisi Lidah Bisa Menunjukkan Kalau Kita Mengidap 6 Penyakit Ini, Lho

Health / 5 April 2018

Kalangan Sendiri

Tanpa Disangka, Kondisi Lidah Bisa Menunjukkan Kalau Kita Mengidap 6 Penyakit Ini, Lho

Inta Official Writer
2923

Lidah membantu kita saat mengunyah makanan, menelan, bahkan mencicipi rasa dari makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut kita. Selain itu, ternyata lidah dapat menunjukkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Menurut seorang Ahli, lidah yang normal memiliki warna yang merah muda, bukan merah terang, dengan tonjolan dan gelombang.

Dibawah ini merupakan beberapa penyakit yang bisa kita lihat jika ada kondisi yang tidak biasa pada lidah.

1.  Diabetes

Orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes biasanya sering mengalami sariawan. Jika sariawan tersebut terlalu sering terjadi, bisa jadi kita memiliki kondisi yang cukup parah. Sariawan menandakan kalau tubuh kita sedang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Pada dasarnya, sariawan merupakan sebuah infeksi yang terjadi di dalam mulut atau lidah yang nampak seperti lapisan putih. Penderita diabetes cenderung memiliki mulut yang kering. Menurut seorang spesialis THT dari Amerika, hal ini disebabkan karena penderita diabetes sering mengalami dehidrasi.

2.  HIV

Salah satu penyakit yang telah banyak membunuh manusia ini dapat terlihat dari warna lidah yang pucat pasi dan sangat sering terserang sariawan. Seperti diabetes, sistem kekebalan penderita HIV atau AIDS membuat seseorang melawan organisme seperti jamur atau bakteri yang tinggal di dalam mulut. Luka pada lidah dan leukoplakia yang timbul pada bagian dalam mulut kita juga bisa menjadi tanda HIV/AIDS.

3. Penyakit celiac

Dilansir dari hellosehat, penyakit celiac adalah reaksi sistem imun di mana tubuh salah mengenali senyawa yang terkandung di dalam gluten sebagai ancaman. Mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat memicu respon sistem imun untuk menyerang jaringan sehat di usus kecil.

Akibatnya, gejala usus seperti sembelit, diare, kembung dan nyeri pada bagian perut akan dialami oleh penderita. Penyakit celiac membuat vitamin dan mineral tidak terserap dengan baik oleh usus kecil kita. Karenanya, lidah kita akan terasa terbakar dan sangat kering. Hal ini juga memungkinkan kita terkena sariawan pada lidah atau bagian mulut yang lain.

4. Sindrom sjogren

Sindrom ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan kelenjar air mata, air liur, dan zat-zat lainnya. Kelainan sistem kekebalan tubuh ini memiliki dua gejala yang paling umum, yaitu mata kering dan mulut yang kering. Beberapa orang yang menderita penyakit ini akan mengalami lidah yang pecah-pecah dan terasa terbakar.

5. Kanker

Dokter gigi bisa mendeteksi seseorang yang mengidap penyakit kanker kepala, leher dan mulut. Jika kita mengalami benjolan atau lidah yang terasa tidak nyaman dan sakit selama lebih dari dua minggu, maka kita harus segera pergi ke dokter.

Kondisi leukoplakia atau kondisi bagian dalam mulut yang berwarna keputihan memang nampak tidak berbahaya. Tetapi bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali di dalam mulut kita.

6. Kekurangan vitamin

Warna lidah yang sehat berwarna pink keunguan. Jika lidah kita berwarna merah terang, bisa jadi ini merupakan pertanda kalau tubuh tidak memiliki cukup asam folat, vitamin B12, atau zat besi. Lidah yang berwarna merah terang juga bisa menandakan kalau kita tengah terserang radang tenggorokan atau gejala penyakit kawasaki pada anak-anak.

Eits, tetapi tidak usah panik kalau tiba-tiba warna lidah kita nampak merah terang. Bisa jadi ini karena kita mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau baru saja makan buah stroberi. Ada baiknya kita rajin untuk memeriksakan kondisi mulut kita kepada dokter secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Terutama jika sudah merasakan kondisi yang tidak nyaman pada lidah atau bagian dalam mulut. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami