Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
961


Infeksi Saluran Kemih (ISK) dapat menyerang semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. ISK merupaka salah satu infeksi yang sering banget terjadi khususnya pada wanita. Diperkirakan hampir 50% wanita pernah mengalami minimal satu episode ISK dalam kehidupannya. ISK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria, dengan rasio rata-rata 8:1. Kemungkinan hal itu disebabkan oleh karena bentuk anatomi yang berbeda, pada wanita, saluran kemihnya lebih pendek dibandingkan dengan pria dan juga letak saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus, sehingga mempermudah kuman yang berasal dari anus masuk ke dalam saluran kemih.

ISK dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ISK bagian atas dan ISK bagian bawah, gejala ISK bagian bawah relatif lebih ringan dibandingkan dengan ISK bagian atas, tetapi bukan berarti kita bisa meremehkan ISK bagian bawah gitu saja, karena kalau nggak segera diobati, ISK bagian bawah bisa bertambah parah dan kuman yang terdapat pada kandung kencing akan naik dan bisa menyebabkan infeksi pada ginjal.

Gejala-gejala yang sering terjadi ketika kamu terinfeksi saluran kemih adalah, sakit atau rasa panas pas saat buang air kecil, anyang-anyangan atau perasaan nggak puas setelah buang air kecil, sering buang air kecil, nggak dapat menahan ketika ingin buang air kecil, nyeri pada perut bagian bawah, nyeri pinggang, warna air kencing pekat seperti air teh, berbau, atau kemerahan karena tercampur dengan darah, kadang disertai dengan demam , mual dan muntah.

Faktir-faktor yang menyebabkan ISk adalah dikarenakan kurang menjaga kebersihan daerah sekitar saluran kemih, suka menahan kencing, jarang minum air, cara cebok yang salah, nggak kencing atau membersihkan organ intin sehabis berhubungan badan, atau berhubungan dengan pasangan yang menderita ISK.

Nah, supaya kamu terhindari dari penyakit ini. Kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Menjaga kebersihan organ intim

2. Banyak minum air putih

3. Nggak menahan jika ingin buang air kecil

4. Pakai celana dalam dari bahan yang mudah menyerap keringan dan nggak terlalu ketat.

5. Cara membersihkan kemaluan yang benar, yaitu pada wanita adalah dari depan ke belakang, untuk menghindari masuknya kumat yang berasal dari anus ke saluran kencing dan vagina

6. Sebelum dan sesudah berhubungan badan, dianjurkan untuk kencing dan membersihkan kemaluan

7. Nggak melakukan hubungan badan dengan pasangan yang sedang menderita ISK

 

Sebenarnya ISK mudah untuk diobati, salah satunya dengan pemberian antibiotik, tetapi kita nggak boleh meminum sembarang antibiotik, karena nggak semua antibiotik tepat dan cocok untuk ISK, tergantung dari jenis kumannya.

Jika kita pernah menderita ISK dan dokter pernah meresepkan antibiotik untuk kita dan sembuh, bukan berarti kita bisa menggunakan jenis obat yang sama pada infeksi selanjutnya. Kamu harus konsultasi dulu dengan dokter , karena jika kita sembarang meminum obat antibiotik, ISK kita bukannya membaik malah memparah penyakit itu.

So, kalau kamu mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas, kamu bisa melakukan cek laboratorium, yaitu pemeriksaan urin.

Dimana-mana, lebih baik mencegah daripada mengobati, tapi jika sudah terjadi , segeralah diobati dan jangan sampai memperparah keadaan.

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rfalcreate 21 February 2019 - 23:05:19

anak muda

0 Answer

rfalcreate 21 February 2019 - 23:03:08

irihati

0 Answer

Wendry Alguerro 21 February 2019 - 00:27:41

Bagaimana melunasi hutang

0 Answer


Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Banner Mitra Week 3


7239

advertise with us