Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
282


Ada begitu banyak pertimbangan soal keuangan yang sangat perlu dilakukan oleh pasangan yang baru menikah, mulai dari rekening bank, tagihan, pengeluaran uang, pembelian properti, perencanaan untuk anak-anak, untuk pensiun dan gimana pola pengeluaran.

 

Nah, dibawah ini saya akan bagikan beberapa tips yang perlu banget kamu pertimbangkan selama perencanaan keuangan :

1. Diskusikan situasi keuangan kamu saat ini kepada pasangan

Duduk bersama dan diskusikan situasi keuangan kamu saat ini. Kebiasaan belanja pribadi, utang pribadi, hal-hal yang ingin kamu nikmati atau beli di masa depan (impian) .

Luangkan waktu berdua dengan pasangan kamu untuk membicarakan dan mendiskusikan mengenai keinginan dan impian masing-masing yang bahkan kelihatannya menuju ke arah yang sama. Dan ingatlah harus sabar satu sama lain.

2. Tentukan tujuan keuangan serta kebiasaan pengeluaran kalian secara detail

Tentukan apa aspek terpenting dari perencanaan keuangan kamu saat ini. Apakah itu menabung untuk rumah, tambahan baru untuk keluarga, bikin tabungan, atau bahkan menikmati beberapa bulan untuk liburan dan menikmati fase awal kehidupan pernikahan bersama?

Selanjutnya perhatikan kebiasaan apa, yang perlu diubah, atau dinegosiasikan oleh kalian. Apalagi jika kebiasaan itu bisa menimbulkan kekuatiran bagi kamu, mulai dari kebiasaan belanja, game dan lain sebagainya dimana keuangan nggak keluar pada tempatnya.

Bicarakan tujuan keuangan kalian dengan baik, supaya terus berjalan kedepan. Atau mari buat catatan gimana caranya maju dalam segi finansial, malam sebelum tidur. Doakan bersama dan mulai dilakukan keesokan harinya. Latihlah!

3. Putuskan apa yang ingin kamu lakukan dengan rekening bank kamu

Apakah kamu harus memiliki rekening yang sama dengan pasangan kamu, atau rekening perorangan saja atau kombinasi antara rekening bersama dan rekening perorangan?

Rekening bersama sebenarnya baik karena berguna untuk tagihan rumah tangga dan pengeluaran keluarga.

Tapi jika ingin memiliki  rekening masing-masing, itu berarti kamu bebas memakai uang kamu secara pribadi untuk belanja kebutuhan pribadi tanpa harus izin kepada suami. Tetapi disarankan, sebaiknya buatlah rekening bersama untuk mempermudah transaksi dan tentunya adanya keterbukaan soal keuangan. Ini penting supaya nggak memicu salah paham dalam pernikahan.

4. Buatlah anggaran pengeluaran kamu

Diskusikan kondisi keuangan kamu dan berapa banyak uang yang kamu harus sisihkan untuk tagihan dan pengeluaran wajib lainnya.

Periksa keuangan kamu dan pengeluaran kamu, supaya kamu memahami dan tahu apa yang pantas dibeli dan apa yang tidak.

Jika kamu harus membatalkan langganan Netflix sementara waktu dari HP kamu, tidak masalah. Karena isi token listrik jauh lebih penting daripada itu.

Kamu harus bijak menganggarkan keuangan kamu supaya tidak begitu boros. Ajak pasangan kamu supaya sama-sama berkompromi dan menganggarkan keuangan tepat pada jalurnya.

 

Itulah 4 cara yang bisa banget kamu lakukan dan terapkan sekarang juga. Uang itu sangat sensitif, jadi jangan pernah izinkan iblis mengambil damai sejahtera pernikahanmu hanya karena uang ya!

Sumber : marriage/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us