Ngatur Keuangan Dalam Pernikahan Penting Lho. Ikuti 4 Cara Ini Biar Keuanganmu Aman.

Finance / 3 April 2018

Kalangan Sendiri

Ngatur Keuangan Dalam Pernikahan Penting Lho. Ikuti 4 Cara Ini Biar Keuanganmu Aman.

Naomii Simbolon Official Writer
1360

Ada begitu banyak pertimbangan soal keuangan yang sangat perlu dilakukan oleh pasangan yang baru menikah, mulai dari rekening bank, tagihan, pengeluaran uang, pembelian properti, perencanaan untuk anak-anak, untuk pensiun dan gimana pola pengeluaran.

 

Nah, dibawah ini saya akan bagikan beberapa tips yang perlu banget kamu pertimbangkan selama perencanaan keuangan :

1. Diskusikan situasi keuangan kamu saat ini kepada pasangan

Duduk bersama dan diskusikan situasi keuangan kamu saat ini. Kebiasaan belanja pribadi, utang pribadi, hal-hal yang ingin kamu nikmati atau beli di masa depan (impian) .

Luangkan waktu berdua dengan pasangan kamu untuk membicarakan dan mendiskusikan mengenai keinginan dan impian masing-masing yang bahkan kelihatannya menuju ke arah yang sama. Dan ingatlah harus sabar satu sama lain.

2. Tentukan tujuan keuangan serta kebiasaan pengeluaran kalian secara detail

Tentukan apa aspek terpenting dari perencanaan keuangan kamu saat ini. Apakah itu menabung untuk rumah, tambahan baru untuk keluarga, bikin tabungan, atau bahkan menikmati beberapa bulan untuk liburan dan menikmati fase awal kehidupan pernikahan bersama?

Selanjutnya perhatikan kebiasaan apa, yang perlu diubah, atau dinegosiasikan oleh kalian. Apalagi jika kebiasaan itu bisa menimbulkan kekuatiran bagi kamu, mulai dari kebiasaan belanja, game dan lain sebagainya dimana keuangan nggak keluar pada tempatnya.

Bicarakan tujuan keuangan kalian dengan baik, supaya terus berjalan kedepan. Atau mari buat catatan gimana caranya maju dalam segi finansial, malam sebelum tidur. Doakan bersama dan mulai dilakukan keesokan harinya. Latihlah!

3. Putuskan apa yang ingin kamu lakukan dengan rekening bank kamu

Apakah kamu harus memiliki rekening yang sama dengan pasangan kamu, atau rekening perorangan saja atau kombinasi antara rekening bersama dan rekening perorangan?

Rekening bersama sebenarnya baik karena berguna untuk tagihan rumah tangga dan pengeluaran keluarga.

Tapi jika ingin memiliki  rekening masing-masing, itu berarti kamu bebas memakai uang kamu secara pribadi untuk belanja kebutuhan pribadi tanpa harus izin kepada suami. Tetapi disarankan, sebaiknya buatlah rekening bersama untuk mempermudah transaksi dan tentunya adanya keterbukaan soal keuangan. Ini penting supaya nggak memicu salah paham dalam pernikahan.

4. Buatlah anggaran pengeluaran kamu

Diskusikan kondisi keuangan kamu dan berapa banyak uang yang kamu harus sisihkan untuk tagihan dan pengeluaran wajib lainnya.

Periksa keuangan kamu dan pengeluaran kamu, supaya kamu memahami dan tahu apa yang pantas dibeli dan apa yang tidak.

Jika kamu harus membatalkan langganan Netflix sementara waktu dari HP kamu, tidak masalah. Karena isi token listrik jauh lebih penting daripada itu.

Kamu harus bijak menganggarkan keuangan kamu supaya tidak begitu boros. Ajak pasangan kamu supaya sama-sama berkompromi dan menganggarkan keuangan tepat pada jalurnya.

 

Itulah 4 cara yang bisa banget kamu lakukan dan terapkan sekarang juga. Uang itu sangat sensitif, jadi jangan pernah izinkan iblis mengambil damai sejahtera pernikahanmu hanya karena uang ya!

Sumber : marriage/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami