Milih Mandi Pakai Air Hangat, 4 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan Ini Terabaikan.
Sumber: www.tenetnews.com

Entertainment / 2 April 2018

Kalangan Sendiri

Milih Mandi Pakai Air Hangat, 4 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan Ini Terabaikan.

Naomii Simbolon Official Writer
2779

Masak sih mandi pagi bisa meningkatkan energi kita?

Yap! Jadi agar tubuh kita lebih segar dan bersemangat sepanjang hari, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mandi pagi. Sayangnya, lantaran nggak suka dengan hawa dingin yang menusuk-nusuk kulit, malah kebanyakan dari kita ada yang lebih memilih untuk nggak mandi pagi.

Bahkan mereka lebih suka mengganti air dingin yang lebih menyegarkan dengan air hangat. Belum lagi pas akhir pekan atau libur tiba, kebanyakan dari kita memilih untuk nggak usah mandi pagi dan melanjutkan tidur sampai siang hari. Padahal manfaat mandi pagi itu sangat luarbiasa lho, apalagi untuk kesehatan tubuhmu.

1. Mandi pagi ternyata dipercaya bisa meningkatkan energi serta menjaga mood sepanjang hari

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One, dipaparkan bahwa energy yang didapat pas mandi pagi serupa dengan energi yang didapat setelah manusia mengkomsumsi kafein.

Hal ini terjadi lantaran pas air  dingin menyentuh kulit, saat itulah tubuh akan meresponnya seperti bernafas karena adanya asupan oksigen di dalam kulit. Efeknya, darah akan terpompa cepat ke seluruh area tubuh serta detak jantungpun meningkat dan bikin tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

2. Selain itu, mandi pagi juga bisa memperbaiki suasana hati

Di lain sisi, mandi pagi nggak hanya membersihkan tubuh, tapi juga menenangkan pikiran. Dalam studi yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University School of Medicine, ditemukan bahwa mandi pagi dapat menstimulasi titik biru pada otak yang merupakan sumber noradrenalin, zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingka stres dan depresi.

Di sisi lain, studi juga mengemukakan bahwa ketika terjadi kontak antara kulit dengan air dingin saat mandi pagi, maka secara otomatis tubuh akan memproduksi hormon endrofin. Adanya hormon tersebut sejatinya bisa mengurangi rasa sakit dan memicu munculnya perasaan gembira dan bahagia.

3. Mandi pagi bagus banget untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita

Sangat dianjurkan banget untuk mandi dengan air dingin dibanding memakai air hangat, hal itu karena air dingin dipercaya bisa memperbaiki sirkulasi aliran darah sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh.

Kondisi ini juga bisa banget memicu penurunan tekanan darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Mandi dengan air dingin juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh yang berperan melawan berbagai virus dan bibit penyakit. Alhasil, saat produksi sel darah putih meningkat, maka daya tubuh akan semakin kuat.

4. Bahkan pas kamu mandi pagi, maka itu berefek sekali untuk memperbaiki kondisi kulit dan rambutmu.

Kalau kamu sering mengalami kulit kusam dan rambut rontok, cobalah untuk mandi pagi dengan air dingin. Hal ini karena mandi pagi dengan air dingin dipercaya dapat melembabkan dan mengencangkan pori-pori sehingga bisa mencegah kotoran pemicu tersumbatnya pori-pori masuk.

Disisi lain, menurut pakar dermatologi, Jessika Krant, mandi pagi dengan air dingin dapat mengencangkan kulit karena memperlancar aliran darah, serta bikin rambut jadi lebih sehat dan bersinar.

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami