Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1755


Siapa sih yang nggak mau punya anak cerdas? Tentunya semua orangtua mau banget kalau sang anak tumbuh menjadi sosok yang cerdas.

Sedangkan untuk mencerdaskan anak, orangtua membutuhkan serangkaian cara. Memberikan mereka makanan bergizi juga salah satu cara yang baik, tapi nggak cukup sampai disitu.

Ternyata permainan juga bisa lho di gunakan untuk mencerdaskan si bayi.

Emang sih sebuah permainan harus penuh pembelajaran jika ingin di ajarkan kepada si kecil, hal itu supaya pas besar nanti, permainan nggak jadi sebuah bahaya bagi pertumbuhannya.

Trus, ada nggak sih permainan yang bisa bikin bayi cerdas? Jawabannya, tentu ada dong.

Tapi dengan catatan, permainan tersebut harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan sang bayi. Misalnya untuk bayi yang baru bisa tidur terlentang atau tengkurap, atau sekitar satu sampai empat bulan, maka bunda bisa memilih permainan yang bisa dilakukan dalam posisi tersebut. Begitu selanjutnya tergantung dengan usia sang anak.

Kalau hal itu bisa bunda lakukan dengan baik, maka itu bisa banget melatih perkembangan fisik, mental dan juga kecerdasannya. Pas diajak bermain, maka secara otomatis bayi akan terlatih kemampuan motorik, sensorik, interaksi, eksplorasi dan juga kemampuan emosinya. Nah, untuk meningkatkan kecerdasan bayi, maka bunda bisa melakukan permainan berikut bersamanya.

1. Permainan cilukba akan melatih anak untuk mengenal berbagai ekspresi wajah

Permainan ini sangat pas banget untuk bayi yang berusia satu sampai dua belas bulan. Permainan ini sangat sederhana banget, cukup menggunakan peralatan sapu tangan atau kedua tangan, Bunda bisa sebagai penghalangnya.

Cara bermainnya pun nggak sulit banget, Bunda cukup membuka dan menutup wajah dengan kedua tangan atau sapu tangan, atau bisa juga dengan menghilang di balik dinding, kursi atau tempat tidur.

Manfaat permainan ini adalah bayi bisa belajar tentang konsep hilang dan muncul. Meski pun dia nggak melihat bunda, bayi tahu bahwa bunda sedang bersembunyi dan muncul kembali. Dia juga akan belajar mengenal bentuk-bentuk emosi ekspresi lewat wajah seperti : gembira, tertawa, tersenyum atau terkejut.

2. Permainan kuda-kudaan dapat membentuk bayi agar bisa bekerja sama

Permainan kuda-kudaan ini dilakukan untuk bayi yang sudah bisa duduk tentunya. Karena permainan ini mengharuskan bayi duduk di atas punggung ayah atau bunda. Jika tidak, minimal sang bayi sudah bisa dibantu duduk.

Permainan yang satu ini cuma memerlukan kesediaan bunda atau ayah untuk bermain dan diduduki oleh si kecil.

Cara bermainnya pun nggak sulit, bunda dan ayah cukup mengubah diri seperti kuda-kudaan, lalu ambil posisi merangkak kemudian letakkan bayi diatas punggung. Kalau bayi kamu belum bisa duduk sendiri , maka mintalah bantuan orang lain untuk memeganginya.

Manfaat permainan ini adalah:

Menjalin kedekatan antara orang tua dengan bayi

Mampu melatih bayi bekerja sama, peka terhadap sesuatu karena ia harus mengontrol dirinya.

Bayi mampu meningkatkan berinteraksi.

3. Ajak si kecil bermain mobil-mobilan untuk membantu imajinasinya

Permainan ini untuk bayi yang usianya yang sudah bisa didudukkan dengan menggunakan peralatan sederhana, seperti kursi.

Cara bermainnya sangatlah mudah. Bunda bisa duduk di lantai, letakkan bayi di atas paha kemudian Bunda atau ayah berpura-pura untuk menyetir mobil. Goyangkan kaki ke kiri dan ke kanan secara perlahan. Pakailah suara-suara mobil melaju kencang dan pelan, klakson, dan bunyi rem mobil.

Manfaat permainan ini adalah:

Dapat melatih bayi untuk berinteraksi

Melatih bayi untuk menjalin kerjasama

Dapat melatih imajinasi bayi, melatih kekuatan motoriknya melalui kekuatan gerak yang telah dilakukan.

Nah, gimana bun? Itu dia 3 permainan sederhana tanpa mengeluarkan budget yang besar yang bisa kamu lakukan unutk s kecil demi menunjang otak cerdasnya.

Tertarik melakukannya sekarang? Selamat mencoba!

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us