Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
372


Beberapa poin di artikel sebelumnya dituliskan soal cara yang bisa dilakukan pekerja shift malam untuk tetap menjaga kesehatannya. Nah, selain beberapa poin itu, artikel ini juga membeberkan cara-cara lainnya yang harus dilakukan supaya tetap fit selama menjalani kerja di tengah malam.

Adapun beberapa diantaranya adalah:

6. Luangkan waktu untuk refreshing

Kalau kamu masih punya waktu off dari kerja di hari weekend, manfaatkanlah waktu itu buat merefreshkan kembali pikiran dan semangatmu. Kamu bisa ngumpul bareng teman atau pergi berlibur bareng mereka. Hal ini berguna untuk membangun kesehatan mentalmu.

7. Segera atasi masalah kurang tidurmu

Sebagian pekerja shift mengeluhkan kalau mereka suka nggak bisa tidur nyenyak di siang hari. Salah satu alasannya mungkin karena pantulan sinar matahari yang masuk ke ruang tidur. Kalau sudah begitu, segeralah mengatasinya dengan memasang tirai tebal di jendela kamarmu. Atau kamu juga bisa memakai masker mata supaya matamu nggak terganggu dengan cahaya yang ada di ruangan.

Baca Juga : Kerja Shift Malam? Ini 10 Cara Supaya Kesehatanmu Tetap Fit (Bagian 1)

8. Pilihlah tempat tinggal yang lebih dekat dengan tempat kerja

Kalau kamu memang seringnya harus shift malam, akan lebih baik menghindari perjalanan jauh. Cobalah untuk meminimalkan jarak tempuh dari rumah ke tempat kerja. Kalau memang kamu harus banyak menghabiskan waktu di perjalanan dari rumah ke tempat kerja, lebih baik pikir-pikir lagi untuk pindah ke tempat yang lebih dekat.

9. Hindari pekerjaan dengan sistem shift yang suka berubah-ubah

Apakah pekerjaanmu menerapkan sistem shift yang sering beruah-ubah? Misalnya, kamu suka ditukar jam shiftnya setiap seminggu sekali, entah itu shift malam, pagi atau siang? Hati-hati untuk mengikuti rotasi berubah-ubah ini karena hal ini akan sangat mengganggu jam biologismu dan bisa jadi menyebabkan masalah serius. Kalau perlu, cobalah untuk memilih rotasi kerja dari malam ke malam juga.

10. Jangan abaikan waktu-waktu pribadimu

Bekerja shift malam nggak harus membuatmu berhenti melakukan apa yang kamu sukai. Sewaktu-waktu, lakukanlah hobimu entah itu bermain sepakbola, futsal, menulis, traveling, memasak dan sebagainya. Dengan melakukan sesuatu yang kamu sukai sangat baik untuk tetap menjaga pikiran dan tubuhmu tetap sehat. So jangan pernah mengabaikannya!

Sama dengan pesan yang sebelumnya penulis sampaikan, supaya sehat kalian juga nggak cukup menerapkan acra-cara di atas. Hal lain yang perlu dilakukan adalah tetap menjaga pola makan dan memenuhi nutrisi dalam tubuh serta menyeimbangkannya dengan berolahraga yang cukup.

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us