Hobi Baca Buku Bikin Bangkrut? Yuk Ikuti 4 Cara Ini Tanpa Mengurangi Jatah Membacamu
Sumber: CBN.com

Finance / 26 March 2018

Kalangan Sendiri

Hobi Baca Buku Bikin Bangkrut? Yuk Ikuti 4 Cara Ini Tanpa Mengurangi Jatah Membacamu

Inta Official Writer
2339

Katanya, buku adalah jendela informasi. Bagi kebanyakan orang, buku tidak hanya sekedar sumber informasi, tetapi juga sebagai sebuah wadah untuk menghabiskan waktu atau sekedar hobi. Outputnya? Tidak hanya informasi, namun juga hiburan.

Sebagai seorang yang hobi membaca, mengeluarkan uang untuk membeli buku bukanlah sesuatu hal yang perlu dipikir panjang. Sayangnya, seringkali kita lupa kalau sebelum membeli buku baru, masih ada buku yang masih rapi terbungkus plastik di rumah. Baca buku itu memang baik dan positif, namun jangan sampai menjadikan hal ini sebagai alasan mengapa dompet sering kebobolan, ya.

Untuk menyiasatinya, yuk ikuti cara di bawah ini;

1. Selesaikan satu buku sebelum membeli yang lain

Salah satu kebiasaan seorang yang hobi membaca adalah rajin sekali membeli buku, padahal di rumah pun belum semua buku habis terbaca. Daripada buru-buru untuk membeli yang baru, ada baiknya kita menyelesaikan buku-buku yang belum terbaca. Dengan begini, kita jadi bisa mengerem pengeluaran untuk membeli buku sekaligus mendapatkan motivasi agar segera menyelesaikan buku yang telah di beli.

2. Puaskan keinginan membaca dengan berkunjung ke perpustakaan

Memang sih, akan lebih menyenangkan jika bisa membaca buku tanpa ada waktu yang membatasi. Membelanjakan uang untuk buku memang tidak ada masalahnya sama sekali, kok. Selama kebiasaan ini tidak menganggu kondisi keuangan, kebiasaan ini sah-sah saja untuk di lakukan. Namun, kalau meminjam bisa membuat kita mendapatkan informasi yang sama dengan buku yang dibeli, kenapa tidak memilih untuk meminjamnya saja?

3.  Menjelajahi toko buku online

Serunya hidup dijaman sekarang adalah kita bisa berbelanja buku tanpa harus mampir ke toko buku. Biasanya, buku yang dijual online jauh lebih murah. Hal ini karena toko online tidak membutuhkan banyak biaya operasi seperti toko konvensional pada umumnya. Biasanya, toko buku online juga cenderung lebih lengkap dan menyajikan bonus-bonus seperti tanda tangan penulis, pembatas buku, atau buku lain. Mudah, cepat, dapat bonus pula.

4. Saling bertukar pinjam dengan teman yang memiliki hobi sama

Kita semua pasti tahu kalau harga buku itu tidak murah. Apalagi kalau buku tersebut merupakan buku terjemahan yang merupakan best seller di negara asing. Memaksakan diri untuk selalu membeli buku keluaran terbaru bisa membuat dompet tercekik. Untuk menyiasatinya, kita bisa saling bertukar pinjam dengan teman yang punya hobi sama. Selain bisa menekan biaya pengeluaran, hal ini juga membuat kita bisa membaca buku lebih banyak.

Nah, menurutmu, mana nih yang paling bisa menyelamatkan kondisi keuangan? Membaca adalah salah satu kita memperbaharui akal budi, yang artinya kegiatan ini adalah positif. Selama bahan bacaan kita juga positif dan tidak memforsir banyak pengeluaran, kenapa tidak? Jadi, mana nih cara yang paling kamu suka untuk berhemat? 

Sumber : moola/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami