Disaksikan Pdt Nus Reimas, Inilah 4 Butir Isi Deklarasi 300 Mahasiswa Kristen Se-Indonesia
Sumber: ITHB

Nasional / 23 March 2018

Kalangan Sendiri

Disaksikan Pdt Nus Reimas, Inilah 4 Butir Isi Deklarasi 300 Mahasiswa Kristen Se-Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
2194

Sekira 300 mahasiswa Kristen yang berasal dari 65 kampus di Indonesia berkumpul dan bersepakat untuk bersatu di dalam Jaringan Persekutuan Mahasiswa Kristen Indonesia. Dalam acara yang diselenggarakan di Assembly Hall ITHB, Bandung, Jawa Barat, Sabtu lalu (17/3/2018), para perwakilan tiap PMK ini pun membuat suatu deklarasi bersama.

Adapun ada 4 butir dari isi deklarasi yang diucapkan dan berikut bunyi lengkapnya:

Kami Mahasiswa Kristen Indonesia, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, menyatakan siap:

1. Mempertahankan dan membangun NKRI, menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera, yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945

2. Berjuang untuk mewujudkan visi masa depan Indonesia yang Menjunjung Kesetaraan, Memiliki Toleransi, Menolak Radikalisme dan Diskriminasi yang mengancam Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika

3. Bertekad untuk memanfaatkan masa kuliah di kampus sebagai kesempatan memantapkan kesadaran Berbangsa, Menyiapkan diri menjadi pengabdi bangsa dan negara yang Profesional, Berkarakter Mulia, Beriman Kristiani yang Tangguh, Untuk Memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara dan untuk kemuliaan Tuhan

4. Membangun Jaringan Persekutuan Mahasiswa Kristen Indonesia antarkampus untuk mewujudkan komitmen pernyataan ini, dan bersama dengan komponen bangsa lainnya, berupaya sebaik-baiknya menuju terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia.


(Penandatangan Deklarasi JPMKI / Sumber: JKPMI / ITHB)

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP (Direktur Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) juga hadir mewakili menteri untuk menyampaikan apresiasi terhadap deklarasi JPMKI yang disebut akan menjadi sejarah tonggak persatuan Indonesia.

Sesuai surat edaran Kemeristek untuk menangkal radikalisme dan anjuran untuk menjalankan tridarma perguruan tinggi berbasis ideologi Pancasila, Kemenristek senantiasa memperkuat kebangsaan melalui general education. JMPKI diakui merupakan bagian tak terpisahkan dari Kemenristek.

Baca Juga: Kabar Baik, Tubuh 21 Martir Kristen yang Dipenggal ISIS akan Dikembalikan ke Keluarga

Deklarasi ditandatangi oleh perwakilan mahasiswa dari 65 kampus, dengan saksi yaitu Pdt. Dr. Nus Reimas, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D., Dr. Ir. Samuel Tarigan, M.B.A., Dr. (H.C.) Jonathan Limbong Parapak, M.Eng.Sc., dan Dr. Ir. Budi Setiamarga.

Informasi seputar Deklarasi Jaringan Persekutuan Mahasiswa Kristen Indonesia dapat menghubungi Venny di venny ithb.ac.id.

Sumber : Rilis Pers ITHB
Halaman :
1

Ikuti Kami