Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
480


Rasanya sudah bukan jadi rahasia lagi kalau orang keturunan Tionghoa tidak hanya pandai berdagang, tetapi juga sangat cermat dalam mengelola keuangannya. Hal ini juga bukan omongan belaka, sudah banyak dibuktikan dari banyaknya orang-orang sukses yang berdarah keturunan Tionghoa. Cermatnya mereka dalam mengelola uang pantas kita tiru dalam 6 cara dibawah ini:

1. Menggunakan uang dengan bijak adalah bentuk bakti mereka kepada orang tua

Bentuk bakti mereka sebagai anak ditunjukkan dalam caranya menjaga sumber daya yang dimiliki keluarga demi kelangsungan masa depan. Setidaknya, jika belum bisa memberikan sesuatu kepada orang tua, maka cara terbaik untuk berbakti adalah dengan tidak menghamburkan harta yang dimiliki oleh orang tuanya.

2. Selalu mengupayakan pendapatan untuk ditabung

Tidak bisa dipungkiri kalau kebiasaan berhemat bisa membawa mereka untuk menabung lebih banyak. Bahkan, dilansir dari wisebread, jumlah yang mereka tabungkan pun tidak tanggung-tanggung, yaitu mencapai 50-60% jumlah pendapatan mereka.

3. Anti dalam berhutang

Lebih baik tidak makan dari pada harus berhutang, Mereka paham kalau berhutang hanya akan membuat hidup semakin sulit. Inilah mengapa mereka akan super ngirit dan menahan ego untuk membeli sesuatu selama uangnya belum terkumpul seluruhnya.

Sikap waspada terhadap hutang yang dimiliki oleh mereka patut dicontoh agar kita tidak melakukan pengeluaran secara impulsif. Kalau memang terpaksa harus berhutang, mereka akan menempatkan hutang tersebut sebagai prioritas yang harus segera di bayar.

4. Selalu mencoba untuk mendapatkan penawaran terbaik

Di negara asalnya, tawar menawar merupakan cara mereka untuk hidup. Walaupun sering dikaitkan dengan stereotip bahwa orang keturunan Tionghoa pelit, namun kegiatan tawar menawar ini bisa memberikan win win solution bagi kedua belah pihak.

5. Tahu harga dan tidak pernah ragu untuk membayar lebih asal berkualitas

Salah satu mengapa ada banyak orang keturunan Tionghoa sukses dalam berbisnis selain kerja keras adalah kemampuannya untuk memperkirakan harga suatu barang. Mungkin ini juga ya, yang bikin mereka tidak sungkan untuk melakukan tawar menawar. Selain itu, mereka tidak akan segan untuk mengeluarkan uang lebih asalkan barang tersebut sesuai dengan nilai kualitas.

6. Pendapatan bukanlah rahasia yang harus ditutup-tutupi

Ketika kita bertanya mengenai berapa jumlah uang yang didapatkan, mereka akan langsung memberitahu kita berapa. Dari pendapatan, mereka bisa lebih mengenal satu sama lain. Sehingga mereka bisa mengetahui gaya hidup maupun pilihan ekonomi yang akan diambilnya. Sikap terbuka ini juga bisa menjadi solusi ketika menghadapi masalah keuangan.

Tentu saja, kita tidak bisa menggeneraliasasi kalau semua orang keturunan Tionghoa begitu. Tetapi, enam hal diatas bisa ditiru agar kita bisa menjadi lebih bijak terhadap uang yang kita miliki. Misalnya sikap sederhana dan tidak terbuai oleh gengsi yang selalu mereka terapkan sebagai prinsip.

 

 

Sumber : wisebread/hipwee/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hen Che 24 April 2018 - 15:36:37

Cara pengosongan diri seperti di Alkitab

0 Answer

Arale 24 April 2018 - 14:55:03

Saya menyukai seseorang

0 Answer

Lay Chow 23 April 2018 - 20:19:58

Bolehkah qt cerai

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week 4


7412

Imago