Kerja Shift Malam? Ini 10 Cara Supaya Kesehatanmu Tetap Fit (Bagian 1)
Sumber: Dailymail.co.uk

Health / 23 March 2018

Kalangan Sendiri

Kerja Shift Malam? Ini 10 Cara Supaya Kesehatanmu Tetap Fit (Bagian 1)

Lori Official Writer
2807

Sejak dulu, tubuh kita dibentuk dengan alarm yang mengikuti waktu secara umum yaitu tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Tapi karena kebutuhan hidup, masyarakat modern saat ini justru harus menjalani ritme waktu yang berbeda dimana mereka harus bekerja sepanjang malam dan baru akan tidur ketika matahari sedang terbit.

Aktivitas ini disebut dengan bekerja shift malam. Ada banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja seperti ini. Tapi bagaimanapun aktivitas seperti itu pastinya akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Karena itu, kamu yang kerja shift malam penting sekali menerapkan 10 cara hidup sehat ini.

1. Mulailah beradaptasi dengan gaya hidup yang baru

Ala bisa karena biasa. Inilah ungkapan yang kerap kita dengar mengenai kekuatan kebiasaan kita. Seseorang olahragawan pasti akan gemar berolahraga karena dia sudah terbiasa dengan kegiatan olahraga. Dan membiasakan diri dengan waktu kerja yang baru bisa membuat para pekerja shift malam tetap bisa fit selama menjalani pekerjaannya.

2. Perhatikan pola makan

Orang yang bekerja shift malam biasanya akan melewati waktu makan malam mereka. Jangan pernah merugikan kesehatanmu dengan kebiasaan ini! Ingat, terlepas dari pentingnya pekerjaanmu, tubuhmu jauh lebih penting untuk diperhatikan. Karena saat tubuhmu sakit, kamu tentu saja nggak bisa beraktivitas dengan baik.

3. Atur pola tidur yang baik

Walaupun kamu bekerja di malam hari, waktu saat orang lain tidur, bukan berarti kamu nggak tidur sama sekali seapanjang 24 jam. Kamu harus tetap memiliki waktu istirahat setidaknya maksimal 8 jam setiap hari. Mungkin dengan mengganti waktu tidur malam dengan tidur pagi atau siang setelah kamu pulang kerja. Atau dengan mengatur waktu tidur menjadi beberapa bagian yang total waktu istirahatnya tetap 8 jam.

4. Luangkan waktu untuk tetap latihan fisik (olahraga)

Orang yang bekerja shift malam seringkali mengeluh bahwa waktu olahraga mereka sama sekali nggak lagiada. Tentu saja itu cuma alasan belaka. Aturlah waktumu antara tidur dan olahraga. Seengaknya dari 8 jam tidur, usahakan untuk memakai setidaknya 1 jam untuk berolahraga. Ingat olahraga tetap adalah kunci kesehatan yang sangat penting!

5. Hindari mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar

Bekerja di tengah malam memang akan menggoda mata untuk ngantuk. Hal ini wajar karena tubuh kita memang dibentuk mengikuti sistem alam yang sangat natural. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi kafein jadi pilihan terbaik untuk mengusir ngantuk.

Meneguk minuman berkafein memang terasa nikmat. Tapi pastikan untuk mengontrol diri. Jangan sampai kamu benar-benar kecanduan dan tanpa sadar mengkonsumsi kafein yang cukup tinggi dan yang berakibat buruk bagi kesehatanmu dalam jangka panjang.

Bagi kamu yang mungkin baru memulai sistem pekerjaan shift malam, jagalah kesehatanmu dengan baik. Dan jangan lupa untuk memenuhi asupan nutrisi yang cukup supaya tubuhmu tetap kebal, seperti contoh mengkonsumsi suplemen dan juga buah-buahan segar.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami