Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
935


Mendidik dan mengajari anak adalah hal yang emang harus dilakukan oleh orangtua, karena itu sebuah kewajiban banget yang harus dilakukan.

Dan yang menjadi tutor belajar anak adalah orangtua sendiri, itu sebabnya orangtua wajib banget mempersiapkan diri untuk jadi tutor yang baik untuk si kecil.

Nah, dibawah ini ada 5 sikap yang sebaiknya orangtua miliki pas lagi mendidik si kecil :

1. Kreatif dengan memanfaatkan ketertarikan si kecil

Proses belajar dengan si kecil akan menjadi sangat menyenangkan kalau kamu memasukkan unsur ketertarikan anak pada pelajaran yang akan dipelajari. Misalnya, kamu memiliki anak yang sangat menyukai permen, kamu bisa memanfaatkan permen sebagai media hitung untuk pelajaran matematika. Memanfaatkan ketertarikan anak bisa membantu proses berpikirnya lebih cepat.

2. Jangan selalu mengajari

Ketika menjadi tutor buat si kecil, jangan bersikap seperti tutor atau guru seperti di sekolah. Tapi kamu harus jadi seperti murid juga. Katakan pada si kecil "kita belajar bersama ya, nak" dan "kita pasti bisa menyelesaikan soal ini." Dengan cara ini anak akan tahu bahwa dia nggak sendirian. Sebab belajar bersama memang selalu menyenangkan bagi anak.

3. Menjadi pendengar yang baik

Pas si kecil mengalami kesulitan di sekolah, orangtua harus menjadi pendengar yang baik buat si anak. Dengarkan semua cerita dan keluh kesah dia. Jangan sering memotong pembicaraan, apalagi sebelum anak menyelesaikan kata-katanya. Dimisalkan, nilai ujian si kecil jelek padahal menurut dia, dia sudah berusaha semaksimal mungkin. Sebagai orangtua, kamu jangan marah-marah, coba deh bersikap positif untuk menghadapinya, katakan bahwa saat ujian berikutnya, si kecil akan mendapat nilai yang lebih baik dengan belajar lebih giat.

4. Menjadi pengingat yang baik

Ketika si kecil asik bermain, mereka sering melupakan waktu belajarnya. Nah sebagai orangtua, kamu wajib banget jadi pengingatnya, apalagi waktu belajar sudah tiba. Jadikan belajar menjadi suatu kebiasaan dan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh si kecil.

5. Jadilah pemaaf yang sabar

Pas si kecil nggak kunjung mengerti apa yang kamu ajarkan, jangan langsung marah tapi cobalah pahami sikap si kecil. Setiap anak itu berbeda, mereka memiliki daya tangkap yang berbeda. Itu sebabnya, jangan bosan untuk membimbing anak kamu dengan sabar dan telaten.

Yuk, para orangtua, mari aplikasikan 9 sikap tersebut dengan baik saat mendidik anak. Kemudian lihatlah, aksi si kecil akan semakin meningkat dan mereka akan meraih prestasi yang luarbiasa!

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us