Doa Membuatmu Mengetahui Rahasia Kerajaan Surga. 3 Kunci Ini Akan Menolongmu Berdoa

Kata Alkitab / 22 March 2018

Kalangan Sendiri

Doa Membuatmu Mengetahui Rahasia Kerajaan Surga. 3 Kunci Ini Akan Menolongmu Berdoa

Naomii Simbolon Official Writer
9208

Doa membutuhkan kerja keras. Itu bukan sesuatu yang datang secara alami.

Dalam menjalani hari-hari seperti pekerjaan rumah, pekerjaan dikantor dan lain sebagainya, kita sering sekali lupa untuk berdoa. Bahkan secara sengaja kita membiarkannya dan mengabaikan.

Hati kita cenderung mengembara dalam kemandirian menuju kesenangan sementara daripada berlari kepadaNya dan bergantung kepadanya dalam sukacita dan kepuasan yang abadi yang tak dapat diberikan oleh siapapun.

Nggak ada sebuah hubungan berkembang tanpa sebuah niat, dan ini membutuhkan kerja keras. Mungkin kamu juga sedang merasakan bahwa kamu sangat butuh untuk bersekutu dengan Tuhan dan kamu ingin bertumbuh dan membentuk sebuah kebiasaan doa, tetapi sayang sekali kamu nggak tahu gimana caranya.

Nah, dibawah ini ada beberapa yang membantu kamu sehingga doa menjadi sebuah kebiasaan.

1. Kamu harus memilih untuk melakukan doa

Membentuk kebiasaan apapun tentu dibutuhkan tindakan bukan? Kecuali kamu bisa memilih untuk bangun doa dengan melakukan terapi fisik, nggak mungkin banget.

sama halnya dengan doa, kita nggak akan bisa berdoa kecuali kita memilih untuk berdoa walaupun selalu ada rintangan yang mencoba menghalangimu.

So, Pilihlah untuk berdoa. Lakukan tindakan itu! Pilih tempatmu untuk berdoa, pilih waktu yang paling tepat untuk kamu lakukan. Pilih konteks yang tepat dan bisa kamu gunakan setiap waktu.

Karpet bulu dibawa kasur saya adalah tempat yang paling konsisten dan yang saya pilih, disana saya membaca Alkitab dan berdoa setiap pagi.

Tentu saja, kadang ada kondisi dimana kita harus fleksibel setiap saat dengan Tuhan. Misalnya bayimu baru lahir, kamu sakit, pekerjaan dengan jadwal baru dan lain sebagainya. Keadaan ini bisa saja mengubah konteks kamu untuk berdoam tetapi hal itu jangan sampai mengubah pikiran kita untuk berdoa. Berdoalah dengan waktu yang ada dan dengan kekuatan yang Tuhan sediakan.

2. Mohon bantuan Tuhan


Karena doa nggak datang secara alami, maka kita sangat butuh Tuhan untuk membantu kita berdoa apalagi posisi hari kita sedang berubahm sedih, malas, dll. Hanya Tuhan yang bisa mengubah hati kita.

Tapi ingat, jika doa hanyalah sesuatu yang lakukan hanya karena kita takut neraka, saya nggak yakin kamu bisa berdoa dengan sukacita setiap saat, yang ada kamu akan berdoa dengan sebuah alasan yang salah nggak pernah berubah. Tapi jika Tuhan mengubah hati kita, maka kita akan mendambakan doa karena pertama-tama kita menginginkannya.

Jadi kamu harus memohon bantuan Tuhan. Minta Dia untuk mengubah hatimu yang sering berubah-ubah, mementingkan diri sendiri dan mudah teralihkan.

3. Cobalah untuk membaca Alkitab.


Allah telah banyak berbicara kepada kita melalui Firman-Nya yany berharga, Dia sangat ramah, dan kita bisa membuka Alkitab dan mendengarkan setiap hari. Sungguh luar biasa untuk mendengar Allah berbicara kepada kita melalui firman-Nya, sungguh rendah hati sekali dimana Tuhan yang Mahakuasa berbicara kepada manusia tak layak dan berdosa seperti kita melalui firman-Nya.

So, sebelum berdoa cobalah untuk membaca Kitab Suci. Mintalah bantuannya dan berdo, katakan Tuhan berikan saya keinginan untuk mendengar-Mu melalui Firman-Mu.

Doa juga akan lebih fokus dan jelas ketika doa berakar pada kebenaran Alkitab yang kita tahu dan kita percaya, bahwa Dia adalah Allah itu sendiri. Semakin banyak kita membaca Alkitab, semakin hati kita cenderun berdoa dan mampu menanggapi perintah Tuhan ( Mazmur 119:36).

Itulah 3 kunci yang bisa kamu lakukan sehingga kamu bisa membangun doa menjadi sebuah kebiasaan. Berdoa nggak hanya membuat kita damai sejahtera tetapi membuat kita semakin dekat pada-Nya sehingga Dia akan memberitahukan kabar-kabar yang tak pernah diketahui oleh dunia ini. 

Sumber : crosswalk/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami