Daripada Pake Kartu Kredit, Bayar Pake Cash Malah Dapat 3 Keuntungan Ini Loh
Sumber: LearnVest

Finance / 22 March 2018

Kalangan Sendiri

Daripada Pake Kartu Kredit, Bayar Pake Cash Malah Dapat 3 Keuntungan Ini Loh

Lori Official Writer
2436

Seiring dengan kemudahan teknologi di jaman sekarang ini, ada banyak orang yang akhirnya beralih memakai kartu kredit untuk beragam transaksi. Fenomena inijadi bikin kita mikir, “Apa bayar pake duit cash kelihatan nggak keren ya?”

Padahal kalau kita sadari, bayar pakai kartu kredit itu malah justru lebih boros loh. Emang sih proses bayarnya jauh lebih mudah, tapi iya bikin kamu jauh lebih hemat?

Buat kamu yang betul tahu, ini nih 3 alasan menguntungkan kenapa kamu perlu bayar pakai cash.

1. Bayar pakai uang tunai bikin kamu lebih hemat

Bayar pakai kartu kredit yang sistemnya tinggal digesekin emang gampang banget. Tapi sebuah penelitian dari Dun & Bradstreet menemukan kalau ternyata mereka yang lebih sering memakai kartu kredit jauh lebih boros sebesar 12-18%.

Tentu saja, karena mind set pemilik kartu kredit sudah dicekokin dengan kemudahan untuk berbelanja tanpa memikirkan berapa banyak sisa uang yang ada di dompet. Misalnya, kalau kamu pengen membeli sepatu dengan uang cash, kamu paling hanya menghabiskan uang sebesar 200-300 ribu saja. Sangat berbeda ketika kamu membeli sepatu dengan kartu kredit dimana kamu nggak perlu khawatir dengan harga yang harus kamu habiskan, bisa jadi harganya lebih besar dari 300 ribu.

Baca Juga : Kartu Kredit, Gaya Hidup Atau Kebutuhan?

2. Bayar dengan cash jauh lebih membantumu mengatur keuangan

Membayar barang dengan harga mahal dengan kartu kredit nggak bakal membuatmu merasa begitu cemas. Tapi cobalah saat membayar barang mahal dengan uang tunai atau cash mu. Katakan saja membayarkan seharga 1000.000 untuk sepatu bermerkmu. Tentu saja kamu bakal berpikir dua kali bukan?

Jadi membayar dengan cash sangat membantumu untuk mengatur keuangan. Membuatmu lebih bijak menghabiskan uang untuk sesuatu yang layak dibeli dan lebih prioritas.

3. Dengan uang tunai, kamu tak akan berhadapan dengan hutang yang menumpuk

Waktu menggunakan kartu kredit, kita mudah sekali melakukan pembelian dan meyakinkan dirimu kalau tagihan ini bisa kamu bayarkan di akhir bulan. Tapi banyak orang yang malah terjebak dengan pola piker tersebut dan membuat mereka terjerat pada daftar hutang yang cukup besar.

Cara terbaik untuk menghindari jebakan kartu kredit adalah dengan memakai sistem pembayaran tunai. Karena membelanjakan uang yang masih ada di tanganmu atau anggaran yang sudah kamu sisihkan untuk kebutuhan sebulan sama sekali menolongmu dari jerat pemborosan dan hutang yang menumpuk.

Tentu saja nggak ada yang salah dengan kartu kredit. Tapi masalahnya ada di dalam diri kita sendiri. Kalau memang kamu hanya memakai kartu kredit untuk hal-hal berupa belanja saja, lebih baik jangan memakainya. Tapi kalau memang kamu perlu memakainya untuk kepentingan usaha atau pekerjaan, gunakanlah. Tapi tetaplah bijaksana!

Baca Juga : Kartu Kredit Buat Bangkrut Akibat Belanja?Terapkan Ini

Karena bagaimanapun membayar dengan uang tunai atau cash adalah langkah bijaksana untuk mengajarkanmu tentang cara mengelola keuangan. Apalagi kalau kamu benar-benar mengelola keuanganmu dengan sangat teratur, kamu sedang mempersiapkan jalan kesuksesanmu sendiri.

Jadi, kalau kamu saat ini sedang terjerat tagihan-tagihan yang membludak karena kartu kredit, cobalah untuk berhenti sejenak. Cobalah menerapkan pemakaian tunai selama sebulan penuh  dan rasakan perbedaannya.

Sumber : Crosswalk.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami