Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
418


Tumbuhnya jerawat di kulit sekitaran wajah menjadi salah satu hal yang selalu kita wanti-wanti, tak hanya bisa menimbulkan sakit terkadang jerawat juga bisa meninggalkan bekas diwajah. Hingga nanti bisa berpengaruh pada tingkat rasa percaya diri yang kita miliki. Tapi untuk bisa menghilangkannyapun nggak bisa sembarangan lho.

 

Penanganan yang salah untuk mengatasi jerawat kadang malah menimbulkan luka dan masalah baru, karena nggak semua jerawat itu sama. Meski sekilas semuanya terlihat sama namun faktanya jenis-jenisnya itu berbeda, gitu juga dengan cara penanganannya.

Macam-macam jerawat dan cara penanganannya bisa kamu lihat dibawah ini:

1. Jerawat biasa

Jenis jerawat ini pasti pernah dialami oleh semua orang, bentuknya pun sangat mudah untuk dikenali. Ditandai dengan ciri khusus yang kecil berwarna putih kemerahan, jerawat ini biasanya timbul karena tersumbatnya pori-pori pada kulit dan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne.

Bakteri tersebut hidup di daerah tempat diproduksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang letaknya tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous. Meski terlihat sepele tapi kita perlu waspada untuk bakteri ini karena bisa menimbulkan iritasi pada sekitar wajah.

Untuk menyembuhkannya sendiri, kita bisa menggunakan bahan alami seperti tomat maupun buah lemon. Potong buah tersebut dan jadikan masker pada wajah, bisa di blender. Selain menghilangkan jerawat, buah tersebut juga bisa membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat pada wajah kita.

2. Komedo

Biasanya jenis jerawat yang disebut komedo ini biasanya disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan minyak wajah yang berlebih. Jenisnya pun berbeda, ada komedo tertutup dan ada komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan ujungnya menghitam.

Cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengobati jenis jerawat ini adalah dengan menggunakan putih telur. Pisahkan putih telur dari kuning telur lalu celupkan kapas pembersih wajah kedalam putih telur dan kemudian tempelkan ke sekitaran hidung yang terdapat komedonya. Tunggu hingga kering dan kemudian angkat kapasnya,dan kamu akan melihat banyak komedo yang berhasil tercabut. Kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

3. Jerawat Juvenil

Jerawat ini sering timbul dikarenakan masalah hormon dalam tubuh yang belum stabil, sekitar usia 12-20 tahun. Untuk menyembuhkannya maka kamu harus menghindari penggunaan produk kecantikan yang memiliki kadar PH terlalu tinggi.

Kamu bisa menggunakan sabun khusus dengan PH yang memang seimbang atau alternatif aman . Kamu juga bisa memakai sabun bayi yang memang cocok dengan keadaan kulit wajah kamu.

4. Jerawat batu

Kondisi jerawat ini mungkin lumayan berbeda dengan jenis jerawat lainnya, ditandai dengan bentuknya yang keras, besar dan merah, jerawat ini sangat menyakitkan.

 Jerawat ini timbul karena pertumbuhan sel yang nggak normal dan kelenjar minyak pada wajah yang berlebih, yang juga disebut Cystic Acne jerawat batu terbilang cukup sulit untuk diatasi jika tidak dengan perawatan yang tepat.

Sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai, karena untuk proses pemulihannya cukup memakan waktu yang lama.

Ini adalah beberapa jenis jerawat yang sering dialami oleh beberapa perempuan dengan rentan usia anatara 12-30 tahun, selain untuk mengenali dan memahami cara untuk mencengah dan mengobatinya hal lain yang perlu kita perhatikan adalah pola makan dan waktu tidur serta pengaruh pikiran dan situasi hati.

Karena beberapa hal ini memang sangat berpengaruh dengan tingkat timbulnya jerawat pada wajah. Dengan mengenali jenis jerawat ini makan akan memudahkan kita untuk mengatasinya

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us