Naomii Simbolon

Official Writer
1095


Mungkin bagi beberapa orangtua, ini adalah hal yang wajar. Tapi saya sedikit kuatir dengan para orangtua yang masih baru memiliki anak.

Saya ingat beberapa waktu lalu ketika seorang tetangga yang baru saja memiliki bayi mengetuk pintu rumah jam 12 malam dengan panik. Ternyata kendalanya adalah anaknya susah tidur dan selalu menangis.

Mungkin kamu salah satu orangtua yang pernah mengalami hal demikian.

Seseorang kesakitan tentu ada penyebabnya, dan segala sesuatu pasti ada penyebabnya, demikian juga dengan bayi yang menangis.

Ini lah beberapa hal yang memicu anak menangis terus dan cara mengatasinya :

1. Bayi kamu lapar

Kalau sudah masuk waktu makan dan bayimu menangis, itu artinya dia sedang beitahu sinyal bahwa dia susah lapar. Kalau kamu menyusui, segeralah memberikan dia ASI, kalau nggak cobalah berikan dia susu botol, atau berikan dot yang sudah di sterilkan. Perlu diketahui biar nggak merusak gigi si kecil, hindarilah mencelupkan dot ke dalam cairan manis. Beberapa bayi memang bisa bisa tenang dengan menyusu meskipun kadang dia nggak sedang lapar, tapi kalaupun dia sudah kenyang dan tetap menangis, redakan lah dengan cara yang lain seperti memberi mainan dan menimang-nimang.

2. Anak kamu lagu pup atau pipis

Coba deh cek popok atau celananya. Kebanyakan orang tua nggak peka dengan ini, tahu nggak sih kalau popok sudah penuh dan anak pup atau pipis, mereka akan merasa risih sendiri? Makanya sebagai orangtua kamu harus sering-sering cek ini, dan segeralah ganti popok lembabnya biar nggak menyebabkan iritasi pada kulit lembabnya.

3. Mengantuk

Kadang bayi menangis karena mereka ngantuk dan butuh istrahat.

Cobalah letakkan di atas kasur dan nyanyikan dia lagu supaya dia tidur.

4. Lelah

Nggak cuma manusia yang sudah dewasa saja bisa lelah. Bayi juga bisa lelah setelah bermain dengan aktivitasnya lho.

Misalnya guling-guling, merangkak, dan lain sebagainya.

Cobalah lepaskan pakaiannya dan ambil minyak oil dan berikan pijatan lembut pada tubuhnya.

5. Nggak nyaman

Hal-hal tertentu bisa bikin bayi nggak nyaman lho. Cobalah ambil si kecil dan gendonglah dia biar dia merasa nyaman. Cobalah bergerak plean dan mainkan tangannya perlahan seperti sedang mengajak menari. Ajak juga dia berbicara dan menyanyi. Coba juga elus punggungnya dan berikan tepukan pelan berirama.

6. Bayi kamu kepanasan atau kedinginan Kalau cuaca sedang panas, coba buka baju

nya dan biarkan dia menggunakan singlet. Atau cobalah untuk kipasi dia secara perlahan. Dan jika suhu dalam keadaan dingin, cobalah untuk memakaikan jaket, sarung tangan dan kaos kaki bair dia hangat.

7. Overstimulasi

Ransangan yang berlebihan seperti suara yang terlalu bising, lampu terlalu terang atau kamar yang terlalu gelap bisa bikin si bayi nggak nyaman lho. Coba cari apa-apa yang sekiranya bikin si kecil nggak nyaman.

Sekuat apapun tangisannya, hindari untuk mengayun atau pun mengguncang bayi. Organ bayi belum sekuat wanita, goncangan kecil saja bisa membahayakan dia lho!

Setiap bayi mungkin punya cara penanganan yang berbeda, namun perlu diingat bahwa bayi sama-sama bisa menangis kapan saja. Jadi menangis adalah hal yang wajar asalkan nggak disertai dengan tanda-tanda yang berbahaya. Segera hubungi dokter kalau misalnya tangisan baru kamu terlihat nggak wajar.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3