Berlaku Profesional Di Tempat Kerja Itu Penting. Hindari 3 Hal Ini Biar Nggak Ditegur Bos

Finance / 20 March 2018

Kalangan Sendiri

Berlaku Profesional Di Tempat Kerja Itu Penting. Hindari 3 Hal Ini Biar Nggak Ditegur Bos

Naomii Simbolon Official Writer
2310

Menerapkan sikap profesional jelas sangat penting. Nggak hanya akan dapat respect dari rekan kerja, tapi dengan begitu kamu pun pasti dilihat sebagai karyawan yang punya etos kerja yang tinggi. Apalagi dalam dunia kerja, kamu nggak bisa belaku seenaknya, ada sejumlah aturan yang perlu kamu patuhi demi penilaian yang terbai untuk atasanmu.

Tapi sejatinya, nggak cukup hanya memenuhi aturan saja biar kakmu bisa mendapat penilaian baik. Tapi ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan wajib kamu ketahui biar kamu nggak di cap 'nggak profesional' oleh atasan ataupun rekan kerjamu.

1. Mengutarakan pendapat sih sah-sah saja, tapi coba deh hindari  untuk berkomentar masalah fisik apalagi soal penampilan rekan kerja


Setiap orang tentu punya gayanya masing-masing dalam berpakaian.  Kalau misalnya kamu melihat rekan kerjamu nggak cukup 'oke' soal fashion, sebaiknya jangan langsung berikan komentar padanya. Itu nggak bagus!

Selain dinilai subjektif, kamu bisa kehilangan respect dari teman-teman di tempat kerjamu lho, karena kamu dinilai terlalu mengurusi orang lain.

2. Nggak bisa lepas dari ponsel bisa bikin kamu di cap nggak profesional. So, sebaiknya hindari kebiasaan kamu yang terlalu sering buka ponsel


Walapupun ponsel sudah jadi barang wajib yang harus dibawa, bukan berarti kamu harus melulu membukanya kan? Apalagi keperluanmu hanya sebatas buka chat teman, meninjau aktivitas grup, atau mengintip stories temen di Instagram. Selain buang waktumu pas kerja, sering bukan ponsel juga bisa bikin kamu jadi terdiskrasi antara kerja dan aktivitas sosialmu lho. Kalau kebiasaanmu ini ketahuan oleh atasan, nggak menutup kemungkinan kamu akan dapat teguran karena sering main handphone.

Kalau pekerjaanmu nggak mendorongmu untuk buka ponsel sesering mungkin, sebaiknya cobalah atasi untuk nggak sering-sering main HP dengan cara mengaktifkan mode flight pas kerja.

Buat komitmen kalau kamu  hanya perlu buka ponsel satu atau dua jam sekali, atau tahan diri biar nggak buka ponsel sampai jam makan siang.

3. Terlalu frontal di media sosia dengan memposting kekesalan pekerjaan di kantor juga akan membahayakan karirmu lho!


Meskipun kamu nggak berteman dengan bosmu di media sosial, atau sekalipun banyak rekan kerjamu nggak suka dengan si bos, hal ini nggak berarti kamu bisa sesukanya kepadanya. Sangat nggak dianjurkan mempostingf mengenai masalah kantor di media sosial, apalagi mengumbar keburukan bos hanya karena hari itu kamu dapat teguran dari dia.

Sebaiknya, manfaatkan teguran tersebut sebagai momen intropeksi untukmu. Coba ingat lagi, sudah sebaik apa performa kerja kamu selama ini? Kalau kamu merasa sudah memberikan yang terbaik tapi nggak mendapat apresiasi sesuai harapanmu, sebaiknya kamu utarakan langsung dibanding mengumbarnya di media sposial.

Gimana kalau dibaca rekan kerjamu lalu di screen capture dan di sebarkan?

Jika kamu mulai melatih diri untuk menerapkan 3 prinsip tadi,  mungkin saja atasan akan melirikmu sebagai karyawan yang memiliki sikap profesional. Tentu bukan tentang caper pada atasanmu, tapi gimana kamu membentuk dirimu di tempat kerja. Yakinlah, suatu saat kedisiplinan yang kamu tanamkan di lingkungan kerja pasti akan menguntungkan karirmu.

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami