Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
774


Sampai hari ini Black Panther masih menjadi obrolan hangat bagi para penggemarnya walaupun filmnya dirilis sudah 1 bulan yang lalu.

Bagaimana tidak, ternyata film ini memiliki beberapa nilai kekristenan yang bisa dilihat. Yap! Black Panther kini benar-benar terjun dalam persaingan sengit box office. Film ini nggak hanya banyak dibicarakan oleh para penggemarnya bahkan telah dipuji oleh kritikus dari semua latar belakang.

Mungkin ada bahasan yang menarik dan perhatian yang membuat penggemar tergila-gila. Entah karena pemainnya adalah favorit atau aktingnya sangat menghipnotis.

Namun sebagai orang Kristen, kita perlu menyadari ternyata ada sejumlah pelajaran penting yang bisa ditemukan dalam film ini. Berikut 3 pelajaran pentingnya:

1. Representasi itu penting banget

Sebelum pelepasannya ke pasaran, Black Panther sudah banyak mendapat pengikut berkat representasi orang Afrika, dan orang kulit berwarna hitam.

 T'Challa nggak hanya seorang superhero, dia juga seorang raja dan duta besar bagi bangsanya. Adiknya, shuri adalah seorang yang sangat berani,  cerdas dan lucu; sementara Dora Milaje adalah seorang pejuang yang melambangkan kekuatan dan dedikasi. Setiap karakter bangga dengan segala warisan mereka dan diri mereka sendiri. Mereka adalah tipe pahlawan yang sangat menginspirasi penonton.

Gereja telah lama mempraktikkan kemurahan hati dan persekutuan (Galatia 3:28), tetapi kurang sekali representasi untuk kelompok kita ini. Dalam beberapa tahun terakhir, sering sekali gereja justru mengkritik dan mengeluh bagaimana bisa memunculkan seorang pemimpin yang baru.

Pertanyaannya, jika ingin memunculkan pemimpin, apakah gereja sudah mendengarkan suara dari para jemaat dan mempertimbangkan apa yang mereka sampaikan terkait hal tersebut?

2. Akui kesalahanmu

Salah satu tema sentral Black Panther adalah setiap apa yang kita lakukan mengandung konsekuensi dan seringkali itu berlangsung lama, bisa sampai turun-temurun. Pas awal film, kamu pasti menyaksikan gimana Panther Hitam yang adalah ayah T'Challa melakukan sesuatu yang mengerikan untuk melindungi negaranya. Dia pikir, dia membuat sebuah keputusan yang tepat, namun kesalahannya pada akhirnya menimbulkan malapetaka pada keluarganya.

Bukan untuk menghakimi, tetapi gereja harus memiliki tanggung jawab atas kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan. Berhenti untuk menyembunyikan kesalahan  karena merasa malu secara pribadi atau takut hal itu akan memengaruhi kehidupan sosial kita. Alkitab jelas menyatakan bahwa kita harus mengaku dosa supaya kita sembuh (Yak 5:16).

Jika orang Kristen berharap untuk menjadi murid Yesus yang sungguh-sungguh, pertama-tama kita harus berani mengakui saat kita salah.

3. Waspada terhadap penyembahan berhala

Di alam semesta Marvel, zat yang disebut vibranium telah memungkinkan manusia mencapai prestasi tingkat super. Vibranium inilah yang bikin Captain Amerika nggak bisa dihancurkan dan WakandaBlack Panther menjadi berkembang dengan teknologi berkat kelimpahan logam yang langka tersebut.

Namun substansinya, zat ini pun menjadi idola bagi masyarakat di daerah. Ini menjadi fondasi seluruh masyarakat dimanapun berada, dan ketakutan terbesar mereka adalah kehilangan kendali atas sumber berharga ini.

Sama hal nya dengan gereja Tuhan. Dalam kehidupan ini, ada banyak hal yang harus kita lalui dan karenanya kita perlu mengambil waktu untuk beristirahat. Kesibukan dan pencapaian mengambil fokus hidup kita. Tetapi jangan jadikan itu menjadi berhala sehingga kamu bergantung kepada uang dan pencapaian dalam dunia. Jangan menjadikan segala aktivitas kehidupan itu menjadi tuan atas hidup kita sehingga kita akhirnya melupakan Tuhan.Beristirahatlah dan temukan kembali imanmu di dalam Tuhan. Bangunlah senantiasa hidupmu di atas batu iman bukan di atas pasir ( Matius 7:24-27).

Nah, itulah 3 hal yang bisa kamu pelajari dari film Black Panther mengenai kehidupan Kristen. Semoga terinspirasi!

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us