Demi Kebaikan, Kate Middleton Terapkan Larangan Ketat Ini ke Anak-anaknya
Sumber: independent.co.uk

Parenting / 16 March 2018

Kalangan Sendiri

Demi Kebaikan, Kate Middleton Terapkan Larangan Ketat Ini ke Anak-anaknya

Lori Official Writer
4276

Di jaman kita, nggak asing lagi kalau akan yang baru berusia bulanan pun sudah dikasih gadget sama orangtua. Alasannya terbilang klise. Supaya anak diam dan nggak rewel.

Tahu nggak sih kalau sebenarnya alasan ini adalah bentuk dari ketidakmampuan orangtua dalam mendidik anak loh. Kenapa? Aku cukup terpukul dengan sebuah video yang dikasih tunjuk sama salah satu rekan kerjaku kemarin. Di video itu Nampak gimana seorang anak balita lagi nonton sesuatu dari ponsel, yang diduga kuat punya orangtuanya. Tahu apa yang ditontonnya? Anak itu rupanya menonton video porno yang begitu sangat vulgar. Sementara orangtuanya yang tepatnya duduk di sebelah kanan dan kirinya nggak memperhatikan sama sekali apa yang anaknya tonton.

Baca Juga : Inilah Alasan Kuat Kenapa Ortu Kudu Batasi Anak Main Gadget

Ini adalah salah satu dampak terburuk dari gadget bagi anak-anak. Ada juga yang justru jadi kecanduan games, anti sosial dan dampak-dampak buruk lainnya.

Di satu sisi aku malah mengaku kagum dengan cara mendidik anak yang diterapkan pasangan Pangeran William dan Kate Middleton. Sebagai keluarga bangsawan, pasangan ini rupanya nggak mau salah memberikan didikan ke anak-anaknya.


Salah satu didikan yang diterapkan adalah melarang anak-anaknya bermain iPad atau sejenis gadget lainnya. Daripada berkutat dengan gadget, mereka lebih sering mengajak anak-anaknya bermain di luar ruangan.

Sebagai pribadi yang tumbuh besar tanpa gadget, William dan Kate cenderung lebih suka bermain di luar ruangan dan sehingga mendorong imajinasi mereka terus aktif.

Hal inilah yang membuat mereka untuk mendorong kedua anaknya, Pangeran George dan Putri Charlotte untuk menghabiskan waktu bermain di luar. Seperti bermain sepeda, ikut olahraga di lapangan atau hanya sekadar meluangkan waktu jalan-jalan di alam.

Baca Juga : 7 Akibat Dari Penggunaan Gadget Yang Mempengaruhi Kehidupan Masyarakat Saat Ini

Menurut para ahli, pola pengasuhan semacam ini baik bagi anak karena permainan kreatif bisa mengembangkan wawasan dan daya imajinasi anak. Sementara anak yang lebih banyak berhadapan dengan layar gadget hanya akan mengurangi aktivitas eksplorasi dan aktivitas fisiknya. Anak juga akan cenderung tidak punya kemampuan untuk menghadapi kehidupan nyata saat berhadapan dengan orang lain karena mereka sudah terbiasa sendiri dan asyik dengan layar gadgetnya.


Untuk itu para ahli menyarankan agar anak-anak di bawah 18 tahun, seperti George dan Charlotte dijauhkan dari gadget. Tapi bukan berarti tidak bisa memakai gadget sama sekali. Gadget masih tetap bisa diperkenalkan tapi hanya sebagai:

1. Alat untuk mengajar anak. Dalam hal ini pakailah gadget, misalnya komputer, sebagai alat untuk mengajar anak tentang ilmu pengetahuan.

2. Jauhkan gadget dari kamar tidur. Peraturan ini akan sangat berguna bagi anak sehingga mereka tak begadang di malam hari hanya karena kecanduan gadget. Buatlah aturan yang ketat, bahwa saat memasuki kamar tidur itu artinya nggak ada aktivitas yang berkaitan dengan gadget.

3. Untuk anak usia 2-5 tahun usahakan hanya mengijinkan mereka memakai gadget hanya 1 jam per hari. Memakai gadget untuk tujuan berkomunikasi dengan keluarga (kakek, nenek atau tante dan paman) masih diijinkan. Atau mereka yang mau menonton video pembelajaran dari gadget. Berikan waktu buat anak selama sejam saja setiap hari.

Beberapa aturan ini penting untuk mengajarkan anak bahwa gadget ibarat pedang bermata dua, di satu sisi mungkin baik dan di sisi lain justru sangat buruk.

Nah, kalau Pangeran William dan Kate Middleton aja mengasuh anak-anak mereka dengan begitu ketat dan peduli akan kebaikan anaknya, masa kamu nggak terinspirasi untuk mengikuti teladan ini? Buat kamu yang peduli betul dengan masa depan anak, jangan biarkan anak kecanduan gadget ya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami