Di Bandung, Ratusan Orang Siap Deklarasi Jaringan Persekutuan Mahasiswa Kristen Indonesia
Sumber: penerimaancalonmahasiswabaru.com

Nasional / 16 March 2018

Kalangan Sendiri

Di Bandung, Ratusan Orang Siap Deklarasi Jaringan Persekutuan Mahasiswa Kristen Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
3369
Sebuah momentum baru akan terjadi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/3/2018). Sekira 300 orang mahasiswa Kristen yang merupakan perwakilan dari sejumlah persekutuan mahasiswa kristen (PMK) se-tanah air bakal ikut serta dalam acara Deklarasi Jaringan Persekutuan Mahasiswa Kristen Indonesia.

Sebagaimana rilis yang diterima Jawaban.Com, 68 kampus baik negeri maupun swasta telah menyatakan kesediaanya untuk datang ke lokasi kegiatan yakni di Assembly Hall ITHB, Lt.5, Jl. Dipatiukur No. 80 – 84 Bandung, Jawa Barat. Beberapa kampus yang dipastikan mengirimkan perwakilan PMK-nya antara lain Institut Teknologi bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Univesitas Pelita Harapan (UPH), UK Duta Wacana, STT Jakarta, ITHB dan UKRIDA. Selain itu, ITN Malang, UK Satya Wacana, UNNES, UPI, Universitas Negeri Yogyakarta, UNLA, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Telkom, dan Universitas Widyatama juga memberikan konfirmasi untuk hadir di dalam acara tersebut.  



Adapun acara Deklarasi Jaringan Persekutuan Mahasiswa Kristen Indonesia diinisiasi oleh Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia (BK-PTKI) dan PMK ITHB. BK-PTKI memandang perlu dibentuk sebuah wadah atau jaringan di antara para mahasiswa Kristen, untuk membangun kesatuan visi di antara para mahasiswa selaku calon pemimpin masa untuk mempertahankan NKRI yang berdasarkan Pancasila, UUD ‘45, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Seperti laporan yang disampaikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2011 bahwa telah terjadi peningkatan paham radikalisme di kampus-kampus besar di Indonesia. Studi Maarif Institute tahun 2013 mengonfirmasi hasil penelitian LIPI tersebut. Kampus menjadi lingkungan yang menjanjikan bagi pengusung paham radikal. Mereka membidik para mahasiswa yang secara psikologis masih dalam proses pencarian jati diri dan polos, dan kebanyakan tidak memiliki latar belakang pemahaman agama yang kuat.

Baca Juga: Di Hadapan Ribuan Mahasiswa, Hanif Dhakiri: Indonesia Bukan Indonesia Kalau Kristen Saja

Oleh karena itu perguruan tinggi harus memiliki visi untuk menjunjung tinggi persatuan Indonesia, dengan memperkuat konsep kebangsaan dan kebhinnekaan di kalangan para mahasiwa. Mahasiswa harus dan bisa menentukan sikap untuk menjaga kebangsaan dan kebhinnekaan dalam NKRI. Terlebih lagi mahasiswa Kristen yang sudah mengenal kasih Tuhan harus mampu bersikap dan menjadi teladan, menjunjung tinggi kebhinnekaan, anti-diskriminasi, dan anti-radikalisme.

Oleh karena itu, BK-PTKI memandang perlu diadakan sebuah pertemuan para pengurus Persekutuan Mahasiswa Kristen dari semua perguruan tinggi di bawah koordinasi BK-PTKI maupun perguruan tinggi lain di luar BK-PTKI, yang nantinya dapat melahirkan jaringan persekutuan mahasiswa Kristen seluruh Indonesia.

Selain acara deklarasi jaringan persekutuan mahasiswa Kristen seluruh Indonesia, kegiatan yang dilangsungkan dari pukul 08:30 – 16:30 WIB akan diisi dengan pemaparan pandangan dari tokoh-tokoh dan kebangsaan seperti Brigjen TNI J.P. Sembiring, Pdt. Dr. Nus Reimas, dan Dr. (H.C.) Jonathan Limbong Parapak, M.Eng.Sc,. dan ibadah bersama dengan semua peserta dari PMK di Indonesia.
Sumber : Rilis Pers ITHB
Halaman :
1

Ikuti Kami