Kuatir Ketika Putrimu Mulai Tahu Berpacaran?Orangtua Kristen Wajib Lakukan 3 Hal Ini.
Sumber: patheos.com

Parenting / 15 March 2018

Kalangan Sendiri

Kuatir Ketika Putrimu Mulai Tahu Berpacaran?Orangtua Kristen Wajib Lakukan 3 Hal Ini.

Naomii Simbolon Official Writer
2972

 Apa yang dilakukan oleh orangtua pas anak perempuannya sudah mulai tertarik untuk berkencan?

Sebagai permulaan buanglah pikiran takut dan kuatir kamu ke samping. Ini bukan saatnya menjadi orangtua yang parno dan kaku sehingga membatasi anak dengan sangat keras.

Cobalah untuk percaya diri dan hadapi kenyataan yang ada tanpa melupakan kebenaran.

Mungkin ada banyak buku yang sudah kamu baca mengenai gimana caranya menghadapi anak perempuan yang mulai menyukai lawan jenis. Beberapa buku mungkin menganjurkan supaya mereka diberikan kebebasan untuk berekspresi karena itu adalah hal yang umum terjadi pada anak-anak remaja.

Tapi bukan berarti sebagai orangtua, kamu memberikan kebebasan tanpa memantau dan memperhatikannya ya!  Sebagai orangtua Kristen, kamu harus berurusan penuh dengan perkembangannya yang satu ini.

Nah dibawah ini ada 5 cara jitu gimana kamu mempersiapkan putrimu untuk kencan pertamanya :

1. Jangan memaksakan kehendakmu tetapi mintalah kebijksanaan dari Tuhan


Yakobus 1:5: "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, - yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepada kita."

Yap! Sebaiknya jangan memutuskan dan melakukan sesuatu dengan caramu sendiri. Mintalah hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan supaya dia memberikan kamu hikmat bagaimana harus bicara dan memperlakukan putrimu dengan adil. Kuakui, sebagai orangtua, kita sering merasa takut dan kuatir, tetapi serahkan semua kepada Tuhan.

Bila perlu, berkontribusilah dalam hubungan mereka dengan mendekatkan mereka berdua kepada Tuhan sehingga mereka bisa bertumbuh di dalam Tuhan sama-sama.

2. Berdoa


" Tetaplah berdoa." ( 1 Tesalonika 5:17)

Dari pada panik dan kuatir, kenapa nggak berdoa saja? Berdoalah untuk dirimu sendiri dan juga pasangann kamu, bahwa kalian akan melakukan pendekatan yang bijak dengan hubungan pacaran putri kamu. Berdoalah untuk wawasan dan pengertian untuk dirimu sendiri dan juga orangtua sang pemuda tersebut. Bawalah anak perempuan kamu ke dalam doamu, mintalah biar Tuhan melindunginya dan memberikan kebijaksanaan,keintiman kepadaNya, integritas, dan kemurnian hati. Jangan lupa untuk mendoakan pria itu juga. Bahkan lebih baik lagi jika kamu bertanya kepada Tuhan, bagaimana caranya supaya kamu bisa mendoakan masing-masing mereka ketika bertemu.

3. Komunikasikan dengan memberi mereka harapan namun jangan lupa memberikan batasan yang layak


"Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah  demikian. Lalu Allah menamai yang kering itu darat dan kumpulan air itu dinamaiNya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik." (Kejadian 1:9-10).

Tuhan menetapkan batasan dan aturan. Jika batas-batasnya bagus untuknya, mungkin itu jugalah kebijaksanaan yang harus kita lakukan untuk anak perempuan kita.

ARTIKEL TERKAIT : Agar Anak Makin Cinta Tuhan, Lakukan 3 Hal Ini Biar Mereka Mau Membaca Alkitab.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan saat kamu menetapkan batasan atau harapan pacar putrimu :

- Tingkat usia yang tepat

- Mengenal satu sama lain, baik itu orangtua atau pemuda itu sendiri.

- Batasan mengenai sentuhan fisik

- Pakaian yang sesuai

- Keluar malam dengan teman-teman atau hanya kencan berdua saja

- Tujuan mereka pacaran

Menjaga anak dan melindungi anak dari hubungan yang nggak benar merupakan tugas kita sebagai orangtua, tetapi jangan terlalu memberikan batasan yang membuat mereka menjadi seseorang yang memberontak ya! Tetap doakan anak-anakmu biarlah mereka bertumbuh menjadi generasi yang berdampak untuk kemuliaan Tuhan. 

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami