Tak Ingin Jadi Batu Sandungan. Inilah 3 Tips Membangun Pernikahan Kristen Yang Berdampak.

Marriage / 15 March 2018

Kalangan Sendiri

Tak Ingin Jadi Batu Sandungan. Inilah 3 Tips Membangun Pernikahan Kristen Yang Berdampak.

Naomii Simbolon Official Writer
3020

Membangun pernikahan itu seperti membangun sebuah rumah, butuh kerja keras dan juga kerja tim antara suami, isteri dan bahkan anak-anak. Hal ini bukanlah pekerjaan mudah.”

Tetapi mengapa ada banyak orang memutuskan untuk menikah, karena manusia membutuhkan teman untuk bersama-sama mengerjakan panggilan Tuhan.

Sebagai orang kristen, kita tentu nggak menghendaki jika pernikahan kita berantakan dan kehilangan jalan menuju visi. Sebisa mungkin, kita ingin mempertahankan pernikahan sampai maut memisahkan, dan berusaha membangun supaya tetap menjadi berkat dan berkenan.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips  yang kutip dari Crosswalk, bagaimana supaya pernikahan tetap sehat di dalam Yesus :

1. Kamu harus saling melayani satu sama lain

Sebuah pernikahan harus saling mempraktikkan keterbukaan dan menyerahkan diri alias merendahkan diri satu sama lain.

Efesus 5:21 memerintahkan kita untuk saling merendahkan diri seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

Pernikahan bukan sebuah kesepakatan 50/50 menjadi 100 persen, tetapi pernikahan terjadi karena kamu dan pasangan sama-sama sepakat 100 persen untuk melangkah, artinya masing-masing kamu harus bersedia merendahkan diri satu sama lain.

Gimana kamu bisa melayani mereka setiap hari, memberi yang terbaik tanpa memikirkan diri sendiri jika kamu tidak memiliki kerendahan hati ?

So, layani satu sama lain dengan merendahkan dirimu dalam takut akan Kristus bukan karena takut akan pasangan.

2. Kasihi pasanganmu tanpa syarat

Mengasihi tanpa syarat berarti harus tanpa syarat. No negosiasi!

Banyak sekali pernikahan berantakan karena ingin meminta balasan atas kasih yang diperbuat oleh kita.

"Kamu nggak tau diri, kenapa aku yang selalu masak buatmu sih?"

Dalam hal ini, kamu harus menyadari peranan kamu masing-masing. Jika kamu mencintai pasangan kamu baik itu dalam kekurangan dan kelebihannya, itu artinya kamu akan mencintai dia tanpa syarat.

Melayani tanpa syarat, tanpa membanding-bandingkan dengan orang lain.

Jika kamu ingin pasangan kamu mengalami sebuah perubahan dan kemajuan, cobalah belajar berkomunikasi dan menyampaikannya tanpa merendahkan dirinya!

3. Haruslah kalian saling menghormati satu sama lain

Aturan yang kamu harus ingat bahwa "semua orang ingin dihormati." Sehingga dalam pernikahan kita perlu saling menghormati satu sama lain. Dan saya sangat percaya bahwa rasa hormat juga nggak bersyarat.

Menurut apa yang saya lihat, kadang rasa hormat ini sering sekali dilakukan secara sepihak dalam sebuah pernikahan. Sehingga menjadi konflik.

Padahal sebenarnya rasa hormat sangat penting bagi pasangan. Jangan hanya kamu doang yang ingin dihormati oleh pasangan, tetapi lakukan sebaliknya.

Rasa hormat biasanya dilihat dari tindakan.

Jika kamu mulai berkelahi dengan pasanganmu lalu memukulnya , itu artinya kamu tidak menghormati dia. Jika kamu mulai berkata kotor dan berkata najis kepada pasanganmu, itu pun berarti kamu nggak menghargainya.

Ingat! Kamu adalah manusia dan merupakan bait suci Allah dan pasanganmu pun demikian.

Jika kamu melukai dan tidak menghormati pasanganmu, itu artinya kamu tidak menghormati bait suci Allah.

Nah, itulah 3 tips yang bisa kamu terapkan dan renungkan dalam pernikahan kamu sebagai orang Kristen.

Memang penyesalan datang terlambat, dan mungkin saja kamu merasa menyesal telah mengabaikan, menyakiti pasangan atau kamu disakiti pasanganmu?

Saya percaya Tuhan akan tolong kamu. Namun, jika kamu ingin konseling atau curhat atau bahkan ingin didoakan, kami akan melayani kamu dengan penuh sukacita.

Hubungi kami di SAHABAT24 : Telepon ( 1-500-224; 0811 9914 240) atau SMS (0817 0300 5566).

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami