Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
422


Sistem perekonomian Indonesia dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global. Alasannya karena sektor perdagangan ekspor impor dilakukan dengan negara-negara lain. Demikian juga sektor keuangan dan pasar modal, yang sama-sama dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global.

APBN negara menargetkan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 mencapat sekitar 5,4%. Menurut Gundy Cahyadi selaku seorang ekonom dari DBS Group menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi di tahun ini diperkirakan akan berada pada angka 5,3%. Dimana angka ini meningkat lebih baik jika dibandingkan dengan tahun 2017 dengan angka sebesar 5,07%.

Apabila pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara membaik, maka seluruh komponen juga bisa diperkirakan akan membaik, termasuk kondisi ekonomi masyarakat. Hal ini membuat kita seharusnya memanfaatkan momen ini untuk memperoleh keuntungan.

Berikut adalah cara yang bisa kita gunakan untuk memanfaatkan momentum kenaikan pertumbuhan ekonomi.

1. Ciptakan peluang baru dengan berbisnis


Dengan kemudahan mengakses informasi, kita bisa dengan mudah melihat potensi peluang usaha yang ada di sekitar kita. Memilih sebuah usaha dengan minim modal adalah langkah yang bisa kita coba.

Ketika perekonomian membaik, maka inflasi akan terkendali, sehingga daya beli masyarakat juga membaik, suku bunga akan stabil dan nilai tukar rupiah berpotensi menguat. Berdasarkan faktor tersebut, keuntungan dalam merintis sebuah usaha akan memiliki prospek yang baik.

2.  Jadi bijak dengan investasi


Warren Buffet pernah mengatakan untuk tidak menaruh telur dalam satu wadah. Disini, ia berpesan agar kita bisa memutuskan untuk mengalokasikan pendapatan kita dengan bijak. Kita pasti sudah tahu kalau ada banyak peluang investasi yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari jangka pendek atau panjang, dengan bentuk investasi yang beragam seperti saham, emas, properti atau lainnya.

Baca juga: Jadi Primadona Investasi Di Tahun 2017, Yuk Kenalan Lagi Dengan Investasi Reksadana

3.  Siapkan dana untuk menabung


Alasan mengapa kita perlu berinvestasi adalah agar uang yang dimiliki tidak tergerus oleh inflasi. Namun, seperti yang telah dijelaskan diatas kalau pertumbuhan ekonomi yang baik akan meminimalisir tingkat inflasi. Artinya, uang kita akan aman-aman saja.

Kendati demikian, tidak ada yang tahu mengenai apa yang terjadi di masa yang akan datang. Karena itu, sisihkanlah sedikit uang untuk dana darurat, sementara lainnya untuk diinvestasikan dengan berbagai instrument diatas. Jadi, jika sewaktu-waktu kita membutuhkan uang mendadak, dana ini bisa kita sasar.

Baca juga: Penting Mana Sih, Larikan Uang Ke Dana Darurat Atau Investasi Ya?

4. Siapkan uang untuk berburu diskon


Dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, daya beli masyarakat juga berpotensi meningkat. Sesuai dengan hukum permintaan dimana harga akan semakin murah seiring dengan permintaan atau pembeli yang semakin banyak. Operasional seluruh sektor usaha pun akan menjadi lebih baik lagi. Sehingga perusahaan tidak akan segan untuk memberikan promo-promo terbaik yang dapat menyelamatkan dompet kita.

Dengan keuntungan yang ada di atas, kira-kira berapa nih uang yang bisa kita sisihkan agar beroleh keuntungan? Ayo mulai susun strategi sana sini agar bisa memenuhi kebutuhan sekaligus memperbaiki kondisi kantong di masa yang akan datang.

Sumber : cermati/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7271

advertise with us